NGK Rilis Busi LKAR6AGP, Untuk ‘Mobil Sejuta Umat’

PT NGK Busi Indonesia baru saja meluncurkan varian busi G-Power terbaru mereka, berkode LKAR6AGP. Komponen ini diperuntukan bagi mesin tipe NR, biasa dipakai oleh mobil sejuta umat.

“Busi LKAR6AGP diciptakan dan disempurnakan khusus untuk mobil Toyota dan Daihatsu yang menggunakan mesin tipe NR,” ujar Jimmy Tjan, Senior Manager Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia dalam keterangan resminya kepada Moladin.

Contoh mobil yang bisa menggunakannya adalah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu Terios, Toyota Rush, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Pihak NGK mengklaim bahwa busi terbarunya itu memiliki banderol yang lebih terjangkau.

Tidak disebutkan secara langsung soal banderolnya. Hanya saja NGK mengklaim busi anyar itu punya harga 50 persen lebih murah dibandingkan busi standar bawaan pabrik (OEM).

Pun begitu, kinerja busi NGK G-Power untuk mesin tipe NR tersebut dikatakan seimbang dengan busi OEM Toyota maupun Daihatsu yang menggunakan mesin NR standar.

Lebih jauh Jimmy pun menegaskan, “Busi G-Power cocok untuk mesin 4 silinder segaris DOHC dengan kapasitas mulai dari 1.200cc hingga 1.500cc, serta dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i yang membuat konsumsi BBM dan emisi gas buang lebih rendah.”

Selain itu, tambah Jimmy, peluncuran busi khusus NR engine, sebagai jawaban dari PT NGK Busi Indonesia atas banyaknya permintaan para pengguna setia busi NGK yang merasa dana yang harus disiapkan untuk penggantian busi bagi mobil-mobil dengan mesin tipe NR terbilang cukup besar.

Mengenal Busi G-Power NGK untuk Mesin NR

Busi NGK LKAR6AGP untuk Mesin NR
Busi NGK LKAR6AGP bisa digunakan pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Menariknya, busi NGK berkode LKAR6AGP dilengkapi dengan bahan platinum yang memiliki tingkat leleh yang tinggi.

“Busi NGK LKAR6AGP dibuat di Jepang dan menggunakan bahan platinum yang memiliki tingkat leleh yang tinggi dan konduktivitas listrik yang baik sebagai bahan dasar central electrode,” jelas Diko Octaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Diko, ketebalan central electrode hanya 0,6 yang memungkinkan lebih banyak campuran bahan bakar dan udara untuk menciptakan percikan dengan hasil ledakan energi yang lebih tinggi.

Tidak sampai di situ saja, busi NGK LKAR6AGP juga dilengkapi dengan ground electrode berbentuk trapesium. Hal ini berdampak kepada titik pengapian yang terfokus dan lebih presisi.

“Dampaknya lebih kepada pembakaran yang lebih cepat terjadi di bagian inti api. Dengan begitu mampu mengurangi efek quenching atau hambatan pertumbuhan inti api yang biasanya terjadi pada busi kendaraan bermotor,” jelas Diko.

Diko juga turut menjelaskan, bahwa spesifikasi busi NGK LKAR6AGP mampu menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, alhasil menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan.

“Busi terbaru G-Power memilikisistem pembersihan busi secara otomatis sehingga tidak akan terjadi carbon fouling,” paparnya.

Cara Merawat Dengan Tepat

Busi untuk Agya-Ayla, Terios-Rush, dan Avanza-Xenia
Busi untuk Agya-Ayla, Terios-Rush, dan Avanza-Xenia

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi menggunakan busi terbaru milik NGK berkode LKAR6AGP  itu. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan juga, meski sejatinya untuk perawatannya tidaklah sulit.

Setidaknya ada empat langkah yang perlu diketahui sebelum menggunakan busi NGK G-Power LKAR6AGP. Lalu apa saja yang perlu diketahui, sebelum memasang busi terbaru NGK tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

“Busi NR Engine (LKAR6AGP) dilengkapi material platinum di elektroda tengahnya, dan berbentuk jarum,” kata Diko.

Adapun sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan busi NR Engine antara lain, tidak boleh disetel gapnya. Biarkan saja apa adanya, sehingga busi dapat bekerja secara maksimal dan optimal.

Selanjutnya, tambah Diko, busi ini sebaiknya hindari benturan fisik bagian elektrodanya. Salah satu hal terpenting yang perlu masyarakat ketahui, busi ini tidak bisa dimodifikasi (amplas atau apapun dengan tujuan membersihkan karbon).

“Kalau sudah renggang, gapnya lebih dari 1 mm, berarti wajib diganti,” pungkas Diko.

Apabila berminat, silakan mencoba busi baru NGK Busi G-Power LKAR6AGP yang diperuntukan bagi Agya-Ayla, Terios-Rush, dan Avanza-Xenia.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *