Friday, February 3, 2023
Banner

Nissan X-Trail T33 dan Serena C28 e-Power Siap Meluncur!

by Baghendra Lodra

Peluncuran Nissan X-Trail T33 dan Serena C28 sepertinya bakal terwujud untuk pasar Tanah Air. Kabar tersebut dibocorkan oleh petinggi Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI).

“Kami berharap di akhir 2023 ini, sudah ada model baru e-power yang bisa masuk ke Indonesia, ada beberapa model yang sudah kami bicarakan, tapi persisnya yang mana duluan mungkin kami akan beritahukan nanti, paling tidak di GIIAS,” Chief Executive Officer NMDI, Tan Kim Piauw saat acara media gathering di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tan menambahkan, mobil dengan teknologi e-power yang dimiliki Nissan secara global cukup banyak. Kalau melihat laman Nissan Jepang, ada segmen MPV seperti Serena C28. Kemudian untuk segmen SUV, tersedia X-Trail T33. Belum lagi di kelas hatchback, ada Note.

Hanya saja dari ketiganya, paling populer di Indonesia adalah Nissan Serena dan X-Trail. Kehadiran kedua mobil tersebut dengan teknologi e-power, tentunya bisa membuat masing-masing produk lebih istimewa.

Buat yang belum tahu, e-power adalah teknologi khas Nissan. Di mana rasa berkendaranya persis mobil listrik, namun sang pemilik tidak perlu cas baterai sama sekali.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

Pasalnya baterai di mobil e-power dicas secara otomatis oleh mesin bensin yang berfungsi sebagai generator. Jadi, konsumen cuma cukup isi bensin seperti biasa untuk membuat mobil bisa terus melaju. Istimewa bukan?

Spesifikasi Nissan X-Trail T33 e-Power

Nissan X-Trail T33 dan Serena C28 e-Power Siap Meluncur!

X-Trail e-Power punya fitur e-4ORCE

Bila melihat tampilannya, X-Trail terbaru dengan teknologi e-Power sangatlah gagah. Pada bagian depan terlihat desain grille V-motion ukuran besar, dengan lampu depan terletak agak ke bawah dan di atasnya ada daytime running light yang terpisah.

Kemudian yang menarik dari X-Trail T33, pakai teknologi e-Power generasi kedua dengan mesin bensin 1.5L VC (Variable Compression) Turbo. Hadir pula sistem penggerak e-4ORCE atau AWD.

Dengan kombinasi tersebut dipastikan X-Trail terbaru bisa menghemat konsumsi BBM hingga 18,4 Km/liter untuk varian dengan penggerak e-4ORCE. Sementara untuk X-Trail e-Power 2WD mampu mengirit bensin sampai 19,7 Km/liter.

Keunggulan varian AWD untuk Nissan X-Trail T33 adalah mampu diajak melaju di berbagai permukaan jalan. Termasuk ketika pemiliki SUV ini melibas medan offroad juga bukan masalah.

Baca juga  Komparasi Nissan Livina Vs Suzuki Ertiga, Mana Lebih Baik?

Di Jepang sendiri, X-Trail T33 e-Power dijual dengan harga mulai 3.198.800 Yen atau setara Rp 371 jutaan untuk varian 2WD. Sementara varian e-4ORCE mulai 3.479.300 Yen atau setara Rp 404 jutaan.

Hanya saja ketika masuk Indonesia, kemungkinan banderolnya bisa berkali-kali lipat. Sebagai informasi, X-Trail T32 atau model lama saja dijual Rp 576 juta (OTR Jakarta) di Indonesia. Maka X-Trail terbaru dengan teknologi e-Power, bukan tidka mungkin tembus Rp 650-700 jutaan.

Serena C28 e-Power

Nissan X-Trail T33 dan Serena C28 e-Power Siap Meluncur!

Serena C28 pakai mesin e-Power

Bicara Nissan Serena C28, tampilannya benar-benar berubah dari model sebelumnya. Kini eksteriornya lebih futuristik dengan grille V-motion menyatu dengan lampu depan LED.

Lalu untuk teknologi e-Power yang tersemat, dikombinasikan dengan mesin 1.4 liter dengan konfigruasi tiga silinder. Alhasil untuk konsumsi BBM, Nissan C28 e-Power ini bisa menghemat bensin hingga 19,3 km/liter.

Bicara keyamanan, mobil keluarga ini juga tidak perlu diragunkan. Nissan Serena C28 punya kabin lebih luas yang bisa diatur menampung tujuh hingga delapan orang.

Baca juga  Nissan Serena Terbaru Semakin Dekat Indonesia, Pakai Mild Hybrid!

Kepraktisan tinggi ini ini dimungkinkan, lewat kehadiran jok tengah di bangku baris kedua yang bisa digeser maju mundur. Saat mundur berarti fungsinya sebagai tempat duduk. Sementara ketika dimajukan hingga bangku baris pertama, fungsinya berubah jadi hand rest depan.

Jadi untuk memuat 8-orang, konfigurasi duduknya adalah 2+3+3. Di jok paling belakang juga diklaim cukup luas untuk bisa menampung tiga orang, hanya saja memang tidak senyaman di bangku baris kedua.

Harga Nissan Serena C28 e-Power di Jepang mulai 3.198.800 Yen atau setara Rp 371 jutaan. Walau demikian, ketika masuk Indoensia tentu banderolnya bisa berkali-kali lipat. Sebagai gambaran Serena C27 saja dijual saat ini Rp 539,3 juta (OTR Jakarta). Maka Serena terbaru dengan e-Power bisa tembus Rp 650-700 jutaan.

Itulah tadi bahasan soal Nissan X-Trail T33 dan Serena C28 e-Power yang siap meluncur di pasar otomotif Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika