by

4 Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Tertutup Rapat

Penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat ada beberapa faktor, umumnya karena faktor usia pakai atau kebiasaan buruk pemilik mobil yang suka membanting pintu mobil saat menutupnya.

Dalam beberapa kasus, pemilik mobil susah menutup pintu mobilnya atau sulit tertutup rapat. Umumnya kerap terjadi pada mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Alhasil pemilik mobil menjadi kesal dan perjalanan kurang nyaman. Bahkan bisa mengancam keselamatan penumpang dan pengemudi mobil.

Jika kamu mengalami hal tersebut, baiknya segera diperbaiki. Hal ini agar kerusakan pintu tidak semakin parah dan merembet ke bagian lainnya.

“Penyebab pintu mobil tidak bisa ditutup umumnya karena faktor usia mobil atau kebiasaan pemilik mobil yang suka membanting keras saat menutup pintu mobilnya. Hal tersebut tentunya bisa membuat beberapa komponen pada bagian pintu mengalami kerusakan,” terang Pak Bandot, salah satu mekanik bengkel spesialis bodi mobil (4/10/2021).

Untuk informasi terkait penyebab pintu mobil tidak bisa ditutup atau tidak bisa tertutup rapat, simak bahasan berikut:

Ini yang Menyebabkan Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup

1. Engsel pintu turun

penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat
Ilustrasi engsel pintu

Penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat atau bahkan tidak bisa ditutup umumnya adalah karena engsel pintu yang turun.

Baca juga  Jangan Beli Toyota Agya Bekas, Sebelum Baca Ini

Hal tersebut memang kerap dialami mobil yang usianya lebih dari 15 tahun. Meski demikian, engsel pintu yang turun bisa juga terjadi pada mobil baru.

Untuk mobil baru, umumnya terjadi apabila pemilik mobil sering membuka pintu terlalu lama, akibatnya daun pintu menggantung terlalu lama juga.

Bobot daun pintu yang terlalu lama menggantung tentunya akan membuat engsel pintu menjadi berat. Nah, hal tersebut bisa mengakibatkan engsel pintu menjadi turun dan membuat pintu mobil tidak bisa tertutup rapat atau susah untuk ditutup.

2. Karet pintu bermasalah

Penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat selanjutnya adalah disebabkan karena komponen karet pintu mobil bermasalah.

Umumnya mobil yang sudah berumur lebih dari 15 tahun, karet-karetnya akan menglami aus atau getas, begitu juga dengan karet pintu mobil.

“Pintu mobil tidak bisa rapat atau susah ditutup bisa karena karet pintu mobil sudah aus atau getas karena faktor usia mobil. Namun bisa juga karena ketebalan karet mobil tidak sesuai. Ada beberapa pemilik mobil yang mengganti karet pintu mobil namun ketebalannya tidak sesuai, ya akhirnya pintu tidak bisa tertutup sempurna, bahkan susah ditutup,” imbuh Pak Bandot.

Baca juga  3 Gejala Engine Mounting Rusak, Jangan Abai!

3. Doorlock aus

penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat
Ilustrasi doorlock

Selanjutnya, penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat disebabkan oleh komponen doorlock sudah aus.

Penyebab doorlock aus selain karena faktor usia mobil juga karena kebiasaan buruk pemilik mobil yang suka membanting atau menutup pintu dengan keras.

Penyebab lainnya adalah adanya air yang masuk ke bagian pengait atau doorlock. Hal tersebut terjadi saat mobil dicuci dengan tekanan air yang tinggi dari steam dan pintu tidak tertutup rapat, tentu bisa saja menyebabkan air masuk ke peranti tersebut. Akibatnya, pengait atau doorlock akan mengering sehingga menjadi seret saat pintu ditutup.

4. Bodi penyok

Penyebab pintu mobil tidak bisa ditutup rapat atau bahkan tidak bias tertutup selanjutnya adalah karena ada bagian bodi mobil atau badan pintu mobil yang penyok.

“Penyok pada bagian pinggir pintu atau bagian bodi yang berdekatan dengan sisi pintu bisa mengakibatkan pintu mobil susah ditutup atau pintu tidak rapat saat ditutup. Sebab penyok pada bagian yang mendukung kinerja pintu mobil tersebut karen posisi pintu bisa geser,” tambah Pak Bandot.

Cara merawat pintu mobil

  • Menutup pintu mobil dengan benar

penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat

Sebagian pemilik mobil masih saja melakukan aktivitas menutup pintu dengan membanting. Hal tersebut harus dihindari agar tidak merusak komponen engsel dan doorlock pintu mobil.

  • Bersihkan karet pintu

Bersihkan bagian karet-karet pintu, hal tersebut berguna untuk memperpanjang usia karet pintu. Kotoran dan debu yang menempel dan dibiarkan terlalu lama pada bagian karet pintu akan mempercepat karet tersebut menjadi aus atau getas.

  • Parkir mobil di tempat yang benar

Usahakan parkir mobil di tempat yang teduh, tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Sebab selain membuat cat mobil cepat kusam, juga bisa mempercepat karet-karet pintu mobil menjadi aus.

Baca juga  10 Cara Reset Alarm Mobil, Pemilik Wajib Tahu!

“Karet itu kalau sering terkena sinar matahari secara langsung dan lama itu akan mempercepat karet menjadi getas. Kalau sudah getas ya mudah robek.” Jelas Pak Bandot.

Selain di tempat yang teduh, parkir mobil hendaknya jangan terlalu mepet dengan mobil yang lain. Sebab untuk menghindari benturan bagian pinggir pintu mobil dengan mobil lain.

“Jika bagian pinggir pintu mobil sering berbenturan dengan obek lain itu bisa bikin penyok pada bagian tersebut. Nah, jika sudah penyok maka pintu akan tidak rapat saat ditutup,” tutup Pak Bandot.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru