oleh

Review Honda Accord Gen 7, Masih Layak Dibeli?

Review Honda Accord Gen 7 di bawah ini berguna untuk kamu yang sedang berburu unit bekasnya. Sebagai informasi, mobil ini hadir dalam rentang tahun 2003 – 2007. Di mana usianya sudah lebih dari 10 tahun, sehingga harganya juga sudah sangat terjangkau.

Kisaran banderol untuk Accord bekas model tersebut, mulai dari Rp 100 jutaan. Walau demikian, bila unitnya masih istimewa dan tahun muda bisa tembus Rp 150 jutaan.

Pada periode ini Honda Accord juga hadir dalam versi mesin yang lebih besar, yakni dengan mengusung jatung pacu VTEC 3.000 cc empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 240 hp. Hanya saja Accord versi ini hadir untuk pasar Eropa dan Amerika saja.

Sedangkan di Indonesia Honda Accord hanya hadir dalam versi mesin bensin 2.400 cc 4-silinder DOHC 16 katup i-VTEC. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 160 hp dan torsi sebesar 220 Nm. Dapur pacu Accord akhirnya dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan dengan teknologi Grade Logic Control.

Salah satu yang paling mencolok dari Honda Accord generasi ini adalah eksterior yang mewah dan elegan. Tampilan depannya mengusung desain grill yang sudah dilapisi dengan warna chrome di tambah desain headlamp berdesain mewah.

Pada bagian bumper mobil ini juga sudah di lengkapi dengan foglamp. Beralih pada bagian belakang, tampilan Honda Accord ini tidak kalah mewah, dengan penggunaan desain stop lamp yang elegant.

Baca juga  Honda Umumkan Harga Civic RS 2021, Jadi Murah?

Berali pada bagian interior Honda Accord Gen 7 sendiri memiliki tampilan interior yang cukup nyaman dan mewah di tambah kapasitas kabin yang cukup luas. Untuk kursinya sendiri mobil sedan ini memiliki 2 baris kursi yang dapat menampung maksimal penumpang 5 orang.

Untuk material jok nya sendiri kami rasa sudah cukup baik dan nyaman dengan material kulit. Pun dengan bagian bagasi mobil ini yang tampak luas, khas mobil mewah yang bisa mengangkut satu perangkat stick golf.

Ada Dua Varian VTi dan VTi-L 

Review Honda Accord Gen 7
Interior Honda Accord Gen 7

Bahasan selanjutnya untuk review Honda Accord gen 7, punya dua varian di Indonesia yakni VTi dan VTi-L. Perbedaannya terletak pada fitur-fitur bawaannya. Misal varian VTi tidak dilengkapi dengan airbag samping, AC climate control, cruise control, dan dua sensor parkir.

Selain itu di bagian interiornya juga tidak mengusung motif panel kayu, CD changer yang bisa memuat 6 keping CD, serta jok kulit elektrik dengan 6 pengaturan berbeda.

Sedangkan varian VTi-L dibanderol lebih mahal. Fitur-fitur yang tidak ada di VTi tersebut, sudah dipunya oleh varian VTi-L.

Meski begitu, kedua unit varian Accord ini sudah mengusung pelek berukuran 16 inci dengan 5 buah baut. Keduanya juga tidak memiliki foglamp atau lampu kabut.

Baca juga  Ini Tampang Honda Odyssey 2023, Versi Sport!

Untuk harga bekasnya sedikit ada perbedaan. Misal pada Honda Accord VTi tahun 2008 dibanderol pada kisaran harga Rp 117 jutaan. Sedangkan Honda Accord VTi-L di tahun yang sama dibandrol pada harga Rp 128 jutaan.

Honda Accord Gen 7 Mengalami Facelift di Tahun 2005

Review Honda Accord Gen 7
Honda Accord facelift 2005 mengalami ubahan minim pada eksterior.

Perjalanan Honda Accord Gen 7 tidak berhenti sampai disitu. Di tahun 2005, PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis varian facelift, dengan membawa segenap ubahan pada eksterior dan penyempurnaan fitur-fiturnyanya.

Pada varian VTi-L sudah memakai lampu HID, penambahan foglamp, sein di spion, dan sensor parkir ditambah menjadi empat sensor.

Sementara pada interior, AC sudah memiliki fitur climate control dengan dual-zone. Pertengahan tahun 2006, Accord disegarkan lagi lewat ubahan mencolok pada bagian buritan.

Desain lampu belakangnya kini jadi terpisah, sementara lampu rem dan sein menyatu. Sedangkan lampu mundur dipisah dan diletakkan di samping pelat nomor.

Selain itu lampu rem juga sudah gunakan lampu LED, sedangkan lampu rem yang sebelumnya berada di kaca belakang kini berada di atas bagasi. Sementara bagian depan, Accord hanya mendapat efek hitam pada reflektor depan.

Soal performa, rupanya tenaga Accord mendapat tambahan sebesar 10 hp dan total menjadi 170 hp. Di samping itu ada juga fitur keselamatan baru, yaitu VSA (Vehicle Stability Assist) dan TCS (Traction Control System). 

Baca juga  Mau Inden Honda BR-V Lebih Cepat? Ini Solusinya

Kelebihan Honda Accord Gen 7

Review Honda Accord Gen 7
Pada unit ini juga peredaman kabinnya juga sangat baik, selain itu tenaga mesin juga masih baik, tinggal bagaimana calon pengguna pntar-pintar memilih unit bekasnya.

Jika kamu masih ragu dengan Honda Accord Gen 7 ini, coba ketahui dahulu kelebihannya. Menurut Ahmad Sodikin, pedagang mobil bekas di bilangan Klender Jakarta Timur, mengatakan salah satu yang bisa dibanggakan dari model ini adalah ruang kabin yang terbilang luas.

Maklum saja, pada generasi ini Honda Accord memang tampil dengan body yang kebih besar khas sedan salon. “Pada unit ini juga peredaman kabinnya juga sangat baik, selain itu tenaga mesin juga masih baik, tinggal bagaimana calon pengguna pintar-pintar memilih unit bekasnya,” kata Sodikin.

Nah untuk kamu penggemari modifikasi juga tidak perlu khawatir. Banyak penggemar yang menggunakan mobil ini sebagai bahan tampilan modifikasi baik ubahan simple atau ekstrim.

“Lainnya adalah sparpart yang mudah ditemukan, meski ini terbilang sedan mewah, harga sparepart juga tidak begitu mahal,” tutup Sodikin.

Demikian ulasan terkait review Honda Accord gen 7. Kiranya apa yang sudah kami sampaikan bisa menjadi revrensi untuk kamu dalam menemukan Honda Accord terbaik.

Jangan lupa untuk selalu mengecek mobil idaman kamu ke bengkel terpercaya untuk memastikan kondisi mesin. Selain itu juga pastikan keabsahan surat-surat mobil sedan Honda Accord tersebut.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru