Minggu, April 21, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sejarah Honda Type R dan Bedanya dengan RS

by Baghendra Lodra
Sejarah Honda Type R - Civic Type R FL5

Tahukah kamu, kalau sejarah Honda Type R bukan bermula dari Civic. Ingat ya ini Type R bukan RS, karena keduanya berbeda.

Penggunaan emblem Type R yang kental dengan mobil sport tersebut, mula-mula dipakai oleh NSX Type R untuk pasar Jepang pada tahun 1992. Kemudian Acura Integra menggunakan nama Type R untuk pasar Amerika Serikat pada tahun 1997.

Lalu yang juga menarik adalah Accord ternyata pernah memakain nama Type R untuk mobil yang dijual di Eropa dan Jepang untuk periode tahun 1998-2008. Accord Type R tersebut dijual untuk pasar Eropa dan Jepang.

Nah, Honda Civic Type R (EK9) sendiri baru hadir untuk pasar Jepang pada 1997. Mobil tersebut berbasis Civic gen-6 varian SiR yang merupakan hatchback 3-pintu. Penggunaan nama Type R di Civic bertahan hingga sekarang, terbaru pakai kode bodi FL5.

Mau tahu sejarah Honda Type R lebih detail? Apa bedanya dengan varian RS di lini produk mobil Honda? Berikut bahasannya:

Beda Honda Type R dan RS

kelebihan Honda Brio RS 2023

Honda Brio RS

Di Indonesia, mobil Honda tersedia dalam varian Type R dan RS. Apa perbedaannya? Khusus untuk Type R cuma dimiliki oleh Civic. Sementara varian RS digunakan oleh banyak mobil Honda, seperti Brio, WR-V, City Hatchback, HR-V, hingga Civic.

“Varian Type R dan varian RS merupakan bagian dari Honda Sport Grade Direction yang mengusung desain serta performa yang sporty,” seperti dikutip dari rilis resmi Honda yang kami terima beberapa waktu lalu.

Bedanya, Honda varian Type R mengusung konsep Ultimate Sport dengan performa racing yang teruji di lintasan balap. Varian Type R sendiri merupakan Pinnacle of Honda Sporty Line Up, sehingga Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap.

Dengan kata lain, mobil Honda Civic Type R misalnya, punya performa yang bisa diandalkan untuk melibas sirkuit. Jadi dalam spesifikasinya, semua benar-benar diperhitungkan untuk menjadi mobil sport sejati.

Baca juga  5 Kekurangan Honda City Sedan 2021, Wajib Tahu!

Sementara itu, mobil Honda dengan varian RS dikenal dengan karakter tampilan serta performa yang sporty, didukung DNA dan sejarah yang panjang dalam dunia balap yang juga mempengaruhi pengembangan produk-produk komersialnya. Varian RS menawarkan penambahan aero kit, serta desain eksklusif pada eksterior dan interior. Termasuk di dalamnya ada tambahan berupa teknologi atau fitur terkini.

Ambil contoh Honda Brio RS berbeda dengan Brio Satya. Di mana varian RS punya tampilan lebih modern dengan velg lebih besar, fog lamp, hingga lampu LED. Kemudian soal teknologi ada head unit layar sentuh ukuran 7 inch, tweeter speaker, hingga panel instrumen dengan kombinasi layar LCD yang tidak dipunya oleh Brio Satya.

Secara global, mobil Honda juga punya varian lain seperti Si (Sport Injected) yang dijual khusus untuk konsumen di Amerika. Ada pula varian Type S dengan ciri khas konsep Luxury Sport.

Sejarah Honda Civic Type R

sejarah honda civic type r

Civic Type R FL5 di Sirkuit Mandalika

Bicara sejarah Honda Type R, pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport yang berfokus pada kecepatan dan juga kesenangan dalam berkendara.

Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997 dengan kode bodi EK9. Hingga sekarang sudah enam generasi Civic Type R, di mana yang terakhir mengusung kode bodi FL5.

Mau tahu lebih detail soal sejarah Honda Type R, khususnya untuk mobil Civic? Ini rinciannya:

Civic Type R EK9 (1997-1999)

sejarah honda type r - civic type r ek9

Honda Civic Type R EK9

Sejarah Honda Type R di mobil Civic bermula pada 1997 di Jepang. Ketika itu Honda memperkenalkan Civic Type R yang berbasis Civic Gen-6 varian SiR.

Ciri khas, Civic Type R EK9 dapat dilihat dari tampilannya sebagai hatchback tiga pintu. Mobil tersebut pakai mesin 1.6-liter VTEC 4-silinder yang bisa mengeluarkan tenaga 182 hp.

Baca juga  Mau Inden Honda BR-V Lebih Cepat? Ini Solusinya

Helical limited-slip differential dan transmisi rasio pendek 5-percepatan manual jadi standar. Rangkanya dibuat lebih rigit dan interior memiliki fitur knob transmisi dari titanium, serta jok mera ala Recaro.

Civic Type R EP3 (2001-2005)

sejarah honda type r - civic type r ep3

Honda Civic Type R EP3

Generasi kedua Honda Civic Type R punya kode bodi EP3. Mobil ini dijual dalam dua versi: Jepang dan Eropa.

Khusus versi Eropa, pakai mesin 2.0 liter i-VTEC empat silinder yang bisa mengeluarkan tenaga 198 hp. Sementara untuk versi Jepang punya performa lebih istimewa dengan tenaga tembus 212 hp dengan tambahan limited slip differential dan jok Recaro.

Civic Type R FD2 dan FN2 (2007-2011)

sejarah honda type r - civic type r fn2

Honda Civic Type R FN2 merupakan hatchback 3-door, sementara FD2 adalah sedan 4-pintu

Sejarah Honda Type R di Civic berlanjut dengan kehadiran FD2 dan FN2. Keduanya sama-sama Civic Type R Gen-3, tapi beda pasar. Khusus FD2 untuk pasar Jepang, sementara FN2 pasar Eropa.

Type R FD2 di Jepang, merupakan sedan 4-pintu yang serupa dengan Civic di Amerika Serikat pada saat itu. Dibekali mesin 2.0 liter i-VTEC yang bisa mengeluarkan tenaga 222 hp. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan manual dan helical limited-slip differential. Ada pula sistem pengereman dari Brembo.

Kemudian pada 2007, hadir Civic Mugen RR yang berbasis Civic Type R FD2. Cuma diproduksi 300 unit, bedanya ada di cat Milano Red, bobot berkurang lantaran penggunaan bumper depan carbon fiber dan kap aluminum.

Mesinnya juga lebih bertenaga dengan ubahan di Mugen performance camshafts, knalpot, dan ECU. Alhasil bisa melontarkan tenaga hingga 237 hp. Civic Mugen RR juga pakai jok Recaro dengan velg 18 inci dari Mugen.

Sementara untuk Civic FN2 yang dijual di Eropa pakai basis Civic 3-door. Mesinnya mirip seperti generasi lama yang bisa mengeluarkan tenaga 198 hp.

Baca juga  Honda ZR-V Diperkenalkan, SUV Paling Bertenaga!

Civic Type R di Eropa tersedia pula dalam varian Type R GT yang mendapat dual-zone climate control, rain-sensing windhsield wipers, automatic headlights, power folding outside mirrors, dan cruise control.

Civic Type R FK2 (2015-2017)

sejarah honda type r - civic type r fk2

Honda Civic Type R FK2

Inilah Honda Civic Type R pertama yang pakai mesin turbo, kode bodinya FK2 yang merupakan hatchback 5-pintu. Jantung mekanisnya 2.0 liter turbo, 4-silinder VTEC, bisa melontarkan tenaga hingga 306 hp.

Ada adaptive damper system dan mode berkendara +R. Tidak ketinggalan, hadir pengereman dari Brembo.

Civic Type R FK8 (2017-2021)

Sejarah Honda Type R - Civic Type R FK8

Honda Civic Type R FK8

Sejarah Honda Type R berlanjut di Civic dengan kehadiran FK8. Mobil ini cukup fenomenal lantaran dijual di Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Basisnya adalah hatchback 5-pintu yang pakai mesin 2.0 liter turbo dengan tenaga 305 hp untuk Amerika Serikat. Sementara khusus Jepang dan Eropa, mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga hingga 316 hp.

Civic Type R Gen-5 juga sukses memecahkan rekor mobil berpenggerak roda depan tercepat di Nurburgring pada tahun 2017. Catatan waktunay 7 menit 43,80 detik.

Civic Type R FL5 (2022-Sekarang)

sejarah honda type r - civic type r fl5

Honda Civic Type R FL5

Hingga saat ini Honda Civic Type R masih dijual, kode bodinya pakai FL5. Masih bergaya hatchback 5-pintu, namun desainnya lebih elegan dengan bodi yang tidak terlalu bersudut.

Civic Type R FL5 juga masih pakai mesin yang punya basis serupa daengan FK8. Hanya saja ada beberapa revisi sehingga tenaganya naik jadi 325 hp.

Soal fitur, hadir Honda LogR untuk mengetahui catatan waktu di lintasan. Ada pula mode berkendara Individual dan Honda Sensing.

Kelebihan dari Civic Type R Gen-6 adalah mampu memecahkan rekor di Nurburgring dengan waktu 7 menit 44.881 detik. Di Indonesia, Civic Type R FL5 2023 dijual Rp 1,399 miliar (OTR Jakarta).

Itulah tadi bahasan sejarah Honda Type R dan perbedaanya dengan varian RS. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika