Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Mazda CX-90 dan Harganya, Fortuner Lewat!

by Tigor Sihombing
spesifikasi mazda cx-90 - test drive

Spesifikasi Mazda CX-90 akhirnya terungkap, bertepatan dengan momen perkenalannya di Amerika Serikat pada 31 Februari 2023. Bodinya bongsor, hadir dengan konfigurasi 3-baris bangku, serta pakai mesin 3.3L terbuas yang pernah SUV Mazda pakai. 

Mazda juga sudah membuka pemesanan untuk SUV ini, hanya saja banderolnya masih belum diumumkan secara resmi. Beberapa media di Amerika memprediksi kisaran harga Mazda CX-90 mulai 42.000 dolar atau setara sekitar Rp 625 jutaan. 

Kehadirannya sekaligus menjadi pengganti CX-9 di masa depan. Maka wajar, kalau dari sisi spesifikasi agak mirip. Bedanya Mazda CX-90 merupakan mobil yang lebih segala-galanya dibanding CX-9.

“CX-90 menawarkan performa bertenaga dan responsif, desain menawan, dan teknologi intuitif. Kami sangat bangga dengan kerja tim kami pada CX-90, yang kami tahu ini merupakan kendaraan terobosan di segmennya,” kata President and CEO of Mazda North American Operations, Jeff Guyton dalam rilis resminya.

Walau saat ini untuk pasar Amerika Serikat, bukan tidak mungkin ke depannya Indonesia kebagian unit. Hanya saja bila masuk Tanah Air, kemungkinan banderolnya naik berkali-kali lipat. Sebagai informasi, Mazda CX-9 saja kini dijual mulai Rp 887 jutaan. Maka harga CX-90 di Tanah Air bisa mulai dari Rp 900 jutaan hingga Rp 1 miliar!

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Mazda CX-90? Berikut bahasan lengkapnya:

SUV Mazda dengan Ekterior Paling Bongsor

spesifikasi mazda cx-90 - eskterior

Dimensi CX-90 diprediksi lebih dari 5 meter

Untuk desain eksteriornya, spesifikasi Mazda CX-90 dirancang untuk menonjolkan lekukan mewah dengan garis-garis bodi yang mengalir. Maklum, bahasa desainnya masih mengadopsi KODO atau Soul of Motion. Dimensinya belum diumumkan, tapi kemungkinan punya panjang lebih dari 5 meter.

Baca juga  Mazda 2 Facelift 2023 Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Walau bongsor, CX-90 juga menampilkan kesederhanaan. Ini tampak dari sedikitnya ornamen yang hadir, karena memang Mazda punya keyakinan “less is more”. Di parasnya, cuma ada lampu dan grille besar yang seperti terintegrasi. Kemudian bagian belakang, lampunya juga dibuat pipih dan dirancang menyatu dengan keseluruhan desain dan lekuk tubuhnya.

Bagian kaki-kaki mobil ini mengusung pelek ukuran 21 inci dengan lapisan hitam metalik untuk melengkapi kegagahan sebuah SUV. Ada pula roof rail di atapnya.

Eksterior CX-90 semakin elegan dengan konsep pewarnaan khas Mazda, sehingga tampilan mobil tampak berubah-ubah siluetnya, tergantung pada sudut pencahayaan. Adapun warna yang jadi andalan adalah merah gelap, Artisan Red.

Interior Lega dengan 3-Baris Bangku

spesifikasi mazda cx-90 - interior

Captain seat hadir di jok tengah Mazda CX-90

Bicara spesifikasi Mazda CX-90 untuk interior, terlihat kalau punya tiga baris bangku. Dari gambar di website Mazda Amerika Serikat, jok tengah pakai konfigurasi captain seat, jadi sangat nyaman untuk penumapang. Hanya saja kalau demikian, maka kapasitas penumpang cuma bisa memuat 6-orang atau maksimal 7-orang (2+2+3).

Walau demikian, menurut rilis resminya dikatakan CX-90 mampu menampung hingga 8-orang. Dengan kata lain, bisa jadi jok baris keduanya punya beberapa opsi. Alhasil konfigurasi kabinnya jadi lebih fleksibel. 

Baca juga  Dealer dan Bengkel Mazda BSD Resmi Dibuka, Ini Lokasinya!

“Dengan tempat duduk hingga delapan penumpang, CX-90 dapat menampung keluarga dan teman di ketiga barisnya. Ruang kabin, kapasitas angkut barang, fitur keselamatan, dan banyak hal dioptimalkan untuk kebutuhan mereka,” beber rilis resmi Mazda Amerika Serikat.

Konsep interior menurut Mazda, haruslah menawarkan kenyamanan, fungsionalitas, dan keselamatan yang lebih baik. Ini diterjemahkan pada penggunaan material berkualitas seperti kulit, kayu, dan kain yang dikombinasikan secara harmonis.

Interiornya juga diisi dengan head unit besar berukuran 12.3 inci, beberapa port USB-C yang ditawarkan untuk semua penumpang termasuk di baris ketiga, serta center console yang lebih besar dari CX-9. Pastinya bukan cuma pengemudi, seluruh penumpang pun bisa merasa nyaman ketika berkendara bersama CX-90.

Mesin Mazda CX-90, Punya Performa Buas!

spesifikasi mazda cx-90 - tampak belakang

Mesin 3.3 Liter Mild Hybrid dan 2.5 Liter PHEV jadi pilihan untuk CX-90

Terkait mesin, spesifikasi Mazda CX-90 mengusung konfiguras 6 silinder segaris turbocharged berkapasitas 3.3L dengan teknologi hybrid ringan, yang bisa memuntahkan tenaga puncak 340 hp dan torsi 500 Nm. Ini adalah mesin terbuas yang pernah hadir untuk SUV Mazda.

Meskipun hanya berteknologi hybrid ringan, sebuah motor listrik terpasang di antara mesin dan transmisi otomatis 8-percepatannya, Ini memungkinan untuk menggerakan mobil saat kecepatan rendah.

Tidak hanya itu, Mazda juga punya pilihan mesin lain, yakni PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Khusus CX-90 PHEV, pakai mesin 2.5L empat silinder segaris yang dikombinasikan dengan motor listrik yang ditenagai baterai berkapasitas 17,8 kWh. Adapun tenaga maksimumnya 323 hp dengan torsi 500 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan, yang kabarnya didesain khusus untuk kendaraan elektrifikasi dengan platform yang besar.

Baca juga  Kolaborasi Mazda Dengan Dua Fashion Designer, Meriahkan JFW 2023

Sayang untuk jarak tempuhnya dalam mode full elektrik, lama pengecasan baterai, dan serta detail lainnya Mazda belum merilisnya secara rinci. Maklum saja mobil ini akan mulai dipasarkan untuk tahun produksi 2024 mendatang.

Mesin mana pun yang dipilih konsumen, Mazda mengatakan bahwa CX-90 telah dirancang untuk kesenangan berkendara. Hadir pula Kinematic Posture Control agar manuver dengan SUV ini semakin istimewa, teknologi ini pertama kali dikembangkan untuk Mazda MX-5 Miata.

Selain itu, Mazda juga mengatakan kalau SUV ini sudah dioptimalkan dari berbagai sisi. Mulai dari platform, sampai penyempurnaan jok dan suspensi demi mendapatkan keseimbangan dan kontrol yang baik. Sebagai sebuah SUV, CX-90 juga akan mendapatkan sistem penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD).

Dari sisi dimensi, saingan Mazda CX-90 bila masuk Indonesia sesungguhnya tidak ada. Eksteriornya lebih bongsor dari Toyota Fortuner, sebenarnya sebesar Hyundai Palisade. Hanya saja bicara mesin, CX-90 pakai kubikasi lebih besar dan performanya jauh lebih buas.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Mazda CX-90 dan bocoran harganya di Amerika Serikat. Simak terus Moladin.com untuk udpadate berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika