Friday, February 3, 2023
Banner

6 Tempat Wisata Hits di Purwakarta yang Ramah Mobil

by Firdaus Ali
Tempat Wisata di Purwakarta

Berikut akan kami sampaikan beberapa tempat wisata hits dan kekinian di Purwakarta yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi. Di dalam daftar yang kami hadirkan, isinya bukan cuma sekadar kuliner sate maranggi.

Ada beberapa lokasi liburan lain yang mengandalkan pesona alam seperti Desa Sajuta Batu atau Skylodge Purwakarta, Wanakula Camp, hingga Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan. Hanya saja memang lokasi wisata alam tersebut cukup jauh dari pusat kota Purwakarta. Kalau naik mobil, perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Bila kamu mau wisata yang di pusat kota Purwakarta juga ada, seperti Taman Air Sribaduga hingga Bale Indung Rahayu. Semuanya mudah dijangkau dengan naik mobil. Mau datang ke yang mana? Berikut daftar lengkap lokasi wisata di Purwakarta:

1. Sate Maranggi Haji Yetty

lokasi wisata di purwakarta - sate maranggi hj yetty

Sate maranggi khas purwakarta

Bisa dikatakan saat ini sudah ada beberapa tempat sate Maranggi yang menjadi favorit wisatawan. Walau demikian, yang paling legendaris dan mashur adalah sate Maranggi Haji Yetty. Di tempat ini, daging satenya terkenal empuk dan bumbu bakarnya yang gurih sangat meresap.

Sate Maranggi Haji Yetty berdiri sejak tahun 1990-an. Bila kamu naik mobil pribadi, sangat nyaman karena area parkirnya luas. Terkait lokasinya ada di Jalan Raya Cibungur Puwarkarta, Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Tertarik makan di Sate Maranggi Haji Yetty, harganya mulai dari Rp 5 ribu per tusuk. Tersedia pilihan daging ayam, sapi, hingga kambing untuk disate. Ada pula menu makanan lain seperti sop iga, soto dengkul, dan lain-lain.

2. Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta

Taman air mancur Sro Baduga Foto: Istimewa

Tempat wisata di Purwakarta yang pertama adalah Taman Air Sri Baduga yang lokasinya berada di Jalan K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kabupaten Purwakarta.

Daya tarik dari Taman Air Mancur Sri Baduga ini adalah air mancur dengan ketinggian 6 meter yang bisa bergerak bagaikan penari dengan sorotan lampu warna-warni di sekitarnya. Menariknya, banyak yang beranggapan bahwa Taman Air Mancur Sri Baduga tak kalah indah dibandingkan dengan Time of Wings di Singapura.

Tak hanya wisata Air Mancur yang fantastik, disekitaran Taman Air Mancur Sri Baduga juga terdapat beberapa tempat kuliner dengan berbagai menu. Mulai Ayam Geprek, Sayur Asem, Barbeque hingga Cofee Shop.

3. Desa Sajuta Batu atau Skylodge Purwakarta

Tempat wisata di Purwakarta

Penginapan Skylodge di Desa Sajita Batu. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya adalah Desa Sajuta Batu. Jangan cari di google maps, karena tidak akan salah lokasi. Sebaiknya kamu ketik alamat lengkapnya yaitu di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat atau langsung Skylodge Purwakarta.

Bisa dikatakan, Desa Sajuta Batu adalah wilayah yang sangat luas dengan berbagai tempat wisata kekinian. Nama tersebut diperoleh, karena pemandangan indah berupa tebing-tebing tinggi bisa terlihat dari desa. Salah satu lokasi berlibur paling menyenangkan di sini adalah Skylodge Purwakarta. 

Konsep penginapannya berada di dinding tebing Gunung Parang dengan ketinggian 900 m dari permukaan tanah. Sebagaimana diketahui, bahwa Gunung Parang merupakan gunung yang menjadi favorit bagi mereka yang suka dengan aktivitas panjat tebing.

Untuk menginap di Skylodge Purwakarta, memang harganya cukup mahal. Menurut berbagai sumber, per malam dikenakan biaya Rp 5 juta yang bisa diisi 6 orang termasuk asuransi. Kemudian di kamar itu juga terdapat fasilitas pendingin ruangan (AC), empat kasur, bantal, selimut, lampu, televisi, meja makan, gelas, sendok, handy talkie, air mineral galon, wastafel, microwave (pemanas makanan), pemanas listrik, dan toilet portable.

Tertarik main ke Desa Sajuta Batu dan menginap di Skylodge Purwakarta? Menuju ke sana dengan naik mobil, mudah saja. Masuk melalui jalan Tol Purbaleunyi, dan keluar di pintu gerbang Tol Jatiluhur. Kemudian berkendara ke arah barat sejauh 23,5 km atau 1 jam perjalanan.

Adapun fasilitas yang disediakan di Desa Sajuta Batu cukup lengkap. Mulai dari area parkir, tilet, mushola, rumah makan, serta tempat penginapan. Selain disuguhi dengan berbagai bentuk batu andesit, daya tarik dari Desa Sajuta Batu Purwakarta terletak pada penginapannya yang unik, yang disebut dengan nama Skylodge.

4. Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan

Tempat wisata di Purwakarta

Hutan Pinus Pasir Langlang. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya adalah Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan yang lokasinya ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Letaknya kurang lebih sekitar 28,7 Km dari pusat kota Purwakarta atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Walau demikian, Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan sangat menarik untuk di kunjungi. Pasalnya area wisata di sini sangat luas dengan lahan 43 hektar. Ada pula area berkemah yang nyaman, kemudian Pusakamulya Bike Park yang merupakan trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan, Goa Jepang, dan spot foto. Jadi kalau sampai di sini, kamu bisa pula menikmati berbagai wisata lain untuk menghabiskan liburan.

Hamparan hutan Pinus yang lebat membuat udara di tempat ini terasa sejuk. Sehingga tempat hits ini cocok untuk berlibur untuk menikmati keindahan alam dengan nuansa yang natural. Tiket masuk Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan terbilang murah cuma Rp 10 ribu.

5. Wanakula Camp

Tempat wisata di Purwakarta

Wanakula Camp. Foto: Istimewa

Wanakula Camp merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Ada fasilitas paket camping dengan harga Rp 600 ribu untuk 2 hari 1 malam. Harga tersebut sudah termasuk tenda, kasur, colokan listrk, makanan dan cemilan, serta pemandu untuk menemani aktifitas.

Ada pula paket gowes seharga Rp 850 ribu sudah termasuk camping. Paket gowes dengan sepeda dilakukan pada hari kedua, dengan rute sampai Tangkuban Parahu dan makan siang di kebon teh.

Lokasi Wanacula Camp ada di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Cara menuju Wanakula Camp dengan naik mobil adalah dari Jakarta ialah dengan menuju Tol Cipularang, kemudian keluar di pintu tol Jatiluhur. Kemudian ke arah selatan sekitar 30 Km atau 1 jam perjalanan. Lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan.

Wanakula Camp berada di kaki Gunung Sunda, jadi dapat dipastikan memiliki udara sejuk khas pegunungan serta pemandangan alam yang asri.

6. Bale Indung Rahayu

Tempat wisata di Purwakarta

Bale Indung Rahayu. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Purwakarta berikutnya ada Bale Indung Rahayu. Museum ini lokasinya ada di Jalan RE Martadinata Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Letaknya di pusat kota Purwakarta.

Bale Indung Rahayu mempunyai arti Tempat Kemuliaan Ibu. Museum ini ditata secara estetik dan didukung teknologi digital untuk menceritakan perjalanan hidup manusia dari kandungan sampai meninggal, sekaligus di dalamnya ada peran ibu yang penuh pengorbanan. Tentunya diselipkan pula cerita dan ungkapan dalam bahasa Sunda.

Di Bale Indung Rahayu terdapat beberapa lukisan, foto, hingga beberapa permainan anak-anak Purwakarta tempo dulu seperti congklak. Namun begitu mainan di museum ini tidak dapat dimainkan, melainkan hanya dipajang. Istimewanya lagi, lokasi wisata Bale Indung Rahayu memiliki tarif gratis. Buka setiap Selasa hingga Minggu pukul: 09.00-16.00.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Purwakarta yang masih bisa dijangkau dengan mobil pribadi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika