Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ternyata Ini Alasan Mengapa Harga Suzuki Jimny 3 Pintu Gelap

by Ivan
Suzuki Jimny

Tidak ada yang menyangsikan nama besar Suzuki Jimny 3 pintu yang sejak kemunculannya tahun 2019 mampu menyedot perhatian para pencinta otomotif di Tanah Air.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahu betul jika Jimny adalah ikon yang menjadi simbol bagi penggemar off-road dan juga fleksibel untuk digunakan untuk mobilitas di tengah kota.

Meski rumor akan kehadiran saudaranya yakni Jimny 5 pintu kian kencang, posisi Suzuki Jimny 3 pintu tetap penting bagi penjualan Suzuki meski skema pemesanan mini SUV 4×4 ini tetap inden.

mobil 2 pintu suv, suzuki jimny

Jimny merupakan mobil 2 pintu bergaya SUV

“Jimny 3 pintu masih dijual, untuk indennya sampai saat ini di beberapa warna (tertentu) mungkin 1 sampai 1,5 bulan. Tergantung pengurusan BBNKP di wilayah setempat. Tapi di beberapa warna seperti Kinetic Yellow atau Jungle Green, memang level permintaannya masih tinggi sehingga estimasi (inden) bisa 3 sampai 4 bulan,” kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS, Kamis (1/2).

Harga Suzuki Jimny yang dijual di Indonesia sendiri terbagi 4 berdasarkan varian. Pertama ada Suzuki Jimny MT (Single Tone) berbanderol Rp 443,9 juta, kemudian ada Suzuki Jimny AT (Single Tone) dengan banderol Rp 457,5 juta.

Baca juga  4 Tips Beli Suzuki GSX-S150 Bekas Agar Dapat Barang Berkualitas

Dua varian lain ialah model dua warna terdiri dari harga Suzuki Jimny MT (Two Tone) dijual seharga Rp 446,9 juta dan Suzuki Jimny AT (Two Tone) dengan banderol Rp 460,5 juta. Meski PT SIS yang mematok resmi harga tersebut, faktanya kini harga Jimny 3 pintu tergolong gelap.

“Harga jimny 3 pintu gelap itulah yang terjadi dalam mekanisme pasar. Pasar yang menentukan (harga) karena tidak terjadi balancing antara supply and demand. Jadi demandnya sangat tinggi tapi supplainya sangat rendah sehingga mengakibatkan mekanisme pasar upping (price),” kilah Harold.

Ambil contoh harga Suzuki Jimny AT (Single Tone) tahun 2023 di salah satu marketplace khusus jual beli mobil harganya bisa mencapai Rp 515 juta. Ini berarti lebih mahal 57,5 juta dibanding harga yang dirilis PT SIS, hanya demi dalih tanpa inden.

Contoh lain ada juga sebuah Suzuki Jimny AT 2021 km 3000 warna Chiffon Ivory Metallic dengan spek modif yang dijual Rp 510 Juta. Meski konsumen yang berminat dengan mobil ini bisa mendapatkan nuansa berbeda tambahan variasi velg Enkei RPT 1, BFGodrich 215/70/R16, HKS Legamax Premium, Cusco Front Strut Bar, Parking Cam dan beberapa kelengkapan lain.

Baca juga  IMOS 2018 Siap Digelar Hari Ini, Usung Tema yang Berbeda!

“Sebenarnya sejak dengung Jimny 5 pintu sudah semakin besar di akhir tahun 2023, kurang lebih di bulan September sampai Oktober sebagian konsumen dari yang inden di 3 pintu ini sudah wait and see karena mendengar Indonesia akan segera meluncurkan jimny 5 pintu. Jadi banyak konsumen-konsumen yang originally pengin beli Jimny 3 pintu itu nunggu kehadiran 5 pintu dulu. Itulah penyebab kenapa level inden dari suzuki 3 pintu itu terlihatnya berkurang, berkurang bukan karena mereka tidak jadi beli tapi menunda memilih 3 atau 5 pintu,” urai Harold lagi.

Lebih jauh Harold memberikan informasi tambahan jika saat ini kuota (impor) Jimny 3 pintu mencapai 50-an unit setiap bulannya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika