by

7 Tips Beli Mobil Mercedes-Benz Bekas, Perhatikan!

Tips beli mobil Mercedes-Benz bekas, ada beberapa yang harus diperhatikan. Jika beli mobil asal Jerman tersebut asal-asalan, maka bisa jadi kamu harus melakukan perbaikan di sana-sini sehingga bikin kantong bolong.

Mobil Mercedes-Benz (Mercy) memang terkenal dengan kenyamanan, kemewahan serta kekuatan materialnya. Karenanya itulah, masih diburu walau sudah dalam kondisi bekasnya. Bahkan meski umurnya sudah lebih dari 20 tahun.

Yup, mobil bekas Mercy sampai saat ini masih banyak peminatnya, terlihat pada diler-diler mobil bekas dan situs jual beli online mobil berlambang tiga bintang ini masih dijual dengan harga yang variatif. Tergantung dari tahun pembuatan, kondisi mobil mulai dari bodi, interior, kelistrikan, serta warna dan kelengkapan aksesoris mobilnya.

Mobil Mercy identik dengan harga suku cadang yang mahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab hal tersebut hanya berlaku untuk beberapa komponen saja, seperti ECU. Untuk komponen yang terbilang fast moving seperti kampas rem, busi dan komponen kaki-kaki harganya masih terjangkau dan ketersediaanya masih banyak di toko-toko spare part mobil.

“Membeli mobil Mercy bekas baiknya harus mengetahui atau memahami karakter mobil Mercy tersebut. Selain mesin, dan bodi, komponen yang bersifat aksesoris seperti lis mobil itu malah harganya bisa mahal karena barangnya jarang ada,” ujar Ryan, salah satu pemilik Mercy Tiger lansiran 1988 dan Mercy E300 lansiran 2017 pada Jumat (8/10/2021).

Baca juga  5 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat dan Solusinya

Kalau kamu tertarik meminangnya, berikut adalah tips beli mobil Mercedes-Benz bekas dari Moladin:

Perhatikan Ini Saat Beli Mobil Mercedes-Benz Bekas

1. Cek kondisi bodi dan cat mobil

tips beli mobil Mercedes-Benz bekas

Tips beli mobil Mercedes-Benz bekas seperti membeli mobil bekas pada umumnya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi bodi dan cat mobil. Pastikan kondisi bodi mobil tidak ada yang penyok atau warnanya yang belang atau keropos di bagian-bagian bawah bodi alias kolong.

Jika ada kerusakan di eksterior, tentu kamu bisa meminta harga jadi lebih murah. Pasalnya setelah jadi milik kamu, bakal ada ongkos yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Apalagi soal keropos bodi, bukan tidak mungkin uang yang dibutuhkan cukup banyak.

2. Pantau kelengkapan dan kondisi interior

tips beli mobil Mercedes-Benz bekas

Selain bodi luar mobil, tips beli mobil Mercedes-Benz juga harus memperhatikan kondisi dan kelengkapan bagian interiornya. Seperti kondisi plafon, doortrim, kursi dan dashboard.

“Kalau bodi luar tidak susah untuk memperbaiki. Namun untuk kondisi interior itu lebih susah jika ada yang rusak, misalnya jok robek, maka untuk membeli cover jok aslinya lumayan mahal, bisa sampai Rp 2 jutaan,” tambah Ryan.

3. Perhatikan karet-karet mobil 

Terlihat sepele namun fungsinya penting. Yup, jika ingin meminang mobil Mercy yang umurnya lebih dari 10 tahun ada baiknya juga memperhatikan kondisi karet-karetnya.

Sebab, untuk karet-karet mobil Mercy untuk beberapa tipe dan tahun susah didapatkan. Seperti misalnya untuk jenis Mercy Tiger yang saat ini kembali diburu konsumen.

Baca juga  Syarat, Lokasi, dan Jam Buka Samsat Drive Thru

“Karet-karet pintu dan lis Mercy Tiger tidak mudah didapatkan. Umumnya bisa mendapatkan dari barang copotan, jikapun ada yang baru (NOS) harganya lumayan mahal, untuk satu set 4 pintu bisa mencapai Rp 3 jutaan,” imbuh Ryan.

4. Cek bagian kelistrikan

Mobil Mercy terkenal juga dengan sistemkelistrikan yan rumit, utamanya lansiran tahun 2000 ke atas. Nah, jika berniat ingin membeli Mercy bekas lansiran tahun 2000 ke atas baiknya juga memastikan kondisi kelistrikan dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah.

Sebab untuk Mobil Mercy yang sudah banyak menggunakan sistem elektrikal dan computerise jika bermasalah perbaikannya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

5. Ketahui kondisi mesin

tips beli mobil Mercedes-Benz bekas

Tips beli mobil Mercedes-Benz bekas selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi mesin. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan sehat, ajak rekan yang peham mengenai mesin Mercy untu meminimalisir perbaikan yang membutuhkan biaya besar.

Ciri mesin yang sehat antara lain mudah distarter, langsam stabil (tidak naik turun), tidak ada asap keluar dari knalpot, serta tidak ada rembesan atau bocoran oli baik di mesin maupun di kolong.

Baiknya mencoba mobil dalam keadaan jalan untuk merasakan apakah transmisi masih halus (tidak menyentak), apakah ada getaran berlebih, bunyi-bunyi yang aneh atau overheat.

6. Bagian kaki-kaki perlu dipantau

Untuk bisa mengetahui kondisi kaki-kaki adalah dengan cara melakukan test drive. Pastikan kondisi suspensi atau kaki-kaki terasa empuk dan senyap, karena itu merupakan ciri khas dan kelebihan dari mobil Mercy.

Baca juga  Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan Isofix di Mobil

Lakukan test drive dan coba rasakan dengan seksama, apakah kondisi suspensi dan bagian kaki-kaki lainnya ada bunyi atau terasa keras. Jika begitu bisa dipastikan bagian kaki-kaki ada yang bermasalah dan harus diperbaiki atau bahkan diganti.

7. Periksa keabsahan surat mobil

Tips beli mobil Mercedes-Benz bekas berikutnya dengan memeriksa keabsahan dokumen surat mobil seperti STNK dan BPKB. Jangan sampai beli mobil tanpa surat, karena ilegal.

Lihat juga dengan baik nomor rangka dan nomor mesin. Cocokan dengan yang tercantum di surat-surat mobil, pastikan sama. Selain itu juga cek besaran pajak tahunannya.

Jangan sampai tergiur dengan harga murah tidak tahunya pajak mobil menunggak cukup lama. Pasalnya nanti kamu juga yang akan membayar tunggakan pajak tersebut.

“Sejatinya jika ingin membeli mobil Mercy bekas lebih baik mengajak mekanik khusus bengkel Mercy agar kondisi mobil keseluruhan bisa diketahui. Misalnya tetap ada yang harus diperbaiki, itu juga bisa diestimasi, “ tutup Ryan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips beli mobil Mercedes-Benz bekas. Untuk informasi otomotif lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru