by

Tips Mudah Isi Angin Ban Motor Matic, Bisa Dimana Aja

Moladin – Memang tidak terlalu viral, sih. Tapi menurut beberapa pemilik motor matic, terutama yang pakai ban ukuran 12 atau 14 inci, konon katanya suka susah waktu mau tambah atau isi angin.

Apalagi di bengkel motor ataupun tempat pengisian angin di SPBU, umumnya menggunakan alat pengisi angin bertangkai panjang. Sehingga pada saat akan mengkondisikan tekanan angin ban, sulitnya minta ampun.

“Betul sekali. Itu karena posisi pentil sangat dekat dengan teromol berisi jari-jari ukuran pendek. Bila posisi tangkai pengisi nggak tepat, lubang klep angin jadi ikut miring. Yang ada bukan tekanan angin ban bertambah kencang, tapi bisa bikin angin di ban dalam keluar abis alias gembes,” ujar Agus Sumar penunggang Yamaha Mio M3 yang tinggal di Sawangan, Depok.

 

[product product=”Yamaha Mio M3″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_M3_2068_66732_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-m3-matic-air-cooled-4-stroke-sohc-125cc” price=”Rp. 400.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Triknya Lewat Persilangan Jari-jari

Namun Agus yang tiap hari aktivitasnya banyak di atas motor tidak gampang menyerah. Lalu dari pengalamannya di jalan, bapak 2 anak itu dapat info dari seorang mekanik soal cara mudah isi anginbuat motor matic. Terutama saat tunggangan alami masalah soal ban kurang angin mendadak di jalan.

Baca juga  Review Pelek Sport Rim RCB SP522, Berbahan Alumunium Bobot Ringan

“Kalau motor matic mendadak kurang angin, saya akan bantu gimana cara dapat kanposisi pasang tangkai pengisi angin model panjang yang tepat. Terutama di ban matic model pelek jari-jari,” imbuhnya.

Dimulai dari pelek jari-jari. Saat isi angin pakai tangkai panjang di pelek 16, 17 atau 18 inci, memang bisa dari samping kanan-kiri lantaran ruangnya lega. Tapi saat lakukan di pelek 12 atau 14 inci, caranya tangkai masukan lebih dulu ke tengah teromol melalui 2 pasang silang jari-jari. Lalu arahkan ujung klep angin ke lubang pentil.

roda matic model jari-jariBuat roda matic model jari-jari, isi angin bisa lewat celah jari-jari pakai alat isi angin model panjang | Foto: Contributor Moladin

“Yang gampang sih kalau dapat tangkai klep angin ukuran pendek. Cuma masalahnya tidak semua bengkel gunakan alat tersebut. Sehingga pemilik matic kudu hafal bengkel mana saja yang menggunakannya,” pesannya.

 

Ganti Pentil Tubeless Model L

Itu tadi trik isi angin di ban matic. Lalu bagaimana buat pemilik matic dengan pelek palang dan ban tubeless, yang katanya justru lebih eces ngatasinnya. Maksudnya, kalau awalnya ban matic tubeless pakai pentil model lurus (biasa), coba ganti aja sama pentil tubeless yang bentuknya ‘L’.

Baca juga  Selain Hadir Warna Baru, Ini Alasan Kenapa Yamaha Mio S Layak Dipilih Kaum Hawa

Pentil variasi tubelessPentil variasi tubeless model L bisa jadi solusi mudah isi angin | Foto: Contributor Moladin

 

[product product=”Yamaha Mio S” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Mio_S_9985_81477_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mio-s-matic-4-stroke-sohc-125cc” price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

“Pentil tubeless model ‘L’ seharga sekitar Rp 20 ribuan. Dengan pentil model ini membuat gampang waktu mau ngisi angin. Untuk carinya bisa di toko onderdil dan aksesori motor atau mobil,” timpal Kundori salah satu sales toko onderdil Mandala di Jalan Warung Buncit Raya (Perempatan Duren Tiga), Mampang, Jakarta Selatan.

Baca juga;

Terbaru