Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Toyota Akan Produksi Lokal Voxy, Harga Lebih Murah?

by Baghendra Lodra
toyota akan produksi lokal voxy

Toyota akan produksi lokal Voxy, salah satu alasannya mobil ini cukup laris di Indonesia. Setidaknya di kelas MPV pintu geser, Voxy merupakan yang terlaris dengan angka penjualan 1.375 unit pada awal tahun (Januari-Juli 2023).

Kabar Toyota Voxy diproduksi lokal, kami dapat dari media otomotif asal Thailand Headlightmag.com. Menurut mereka, Voxy rakitan Indonesia juga akan dijual untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia Tenggara (ASEAN).

“Headlightmag mendapat informasi bahwa Toyota Motor Corporation berencana mengekspor komponen Voxy dari Jepang untuk dirakit di sana (Indonesia). Pabrik di Indonesia menyediakan produk untuk pasar Asia Tenggara (ASEAN), termasuk Thailand,” beber laman Headlightmag.com pada Senin (12/9/2023).

Produksi lokal Toyota Voxy bukan hal baru di Indonesia. Sebelumnya, pabrikan berlogo T pernah merakit lokal MPV bernama Nav1 (bakal Voxy) di pabrik milik anak perusahaan Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) yaitu PT Sugity Creatives (Toyota Auto Body/TAB) yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Perakitan lokal Nav1 ini dilakukan pada tahun 2012-2017.

Buat yang belum tahu, Nav1 merupakan pendahulu dari Voxy. Baik Nav1, Noah, dan Voxy adalah produk serupa. Bedanya untuk Voxy baru hadir di generasi ketiga, sekaligus menggantikan Nav1. Sementara Noah masih dijual di Jepang.

Baca juga  Daftar Harga Daihatsu Sigra Bekas, Murah dan Bisa Kredit

Nah Toyota akan Produksi Lokal Voxy di Indonesia untuk yang generasi keempat. Dengan kata lain, Voxy yang dijual saat ini di Tanah Air.

Produksi Lokal Toyota Voxy Masuk Akal Karena Innova Zenix

toyota akan produksi lokal voxy

Voxy menggunakan platform TNGA-C yang sama dengan Innova Zenix

Sesungguhnya kabar Toyota akan produksi lokal Voxy, masih berasal informasi dari pihak ketiga. Pabrikan berlogo T sendiri belum mengonfirmasinya.

Walau demikian, hal tersebut sangatlah logis. Apalagi melihat Toyota Innova Zenix dengan platform TNGA-C sudah diproduksi di Indonesia. Artinya Innova Zenix dan Voxy Gen-4 punya platform yang serupa.

Mesin bensin kedua MPV ini pun serupa yaitu berkode M20A-FKS dengan kubikasi 2.000 cc. Jadi, harusnya produksi lokal Toyota Voxy sangat masuk akal dari sisi bujet.

Hanya saja, mungkinkah Voxy Hybrid juga diproduksi di Indonesia? Kalau yang ini terjadi, sepertinya akan ada perbedaan mesin. Pasalnya di Jepang, Voxy HEV pakai mesin 1.800 cc hybrid (2ZR-FXE). Sementara Innova Zenix HEV menggunakan jantung mekanis 2.000 cc hybrid (M20A-FXS).

Baca juga  Uji Tabrak, All New Veloz Raih Bintang 5 dari ASEAN NCAP

Opsi lain, bisa jadi Voxy Hybrid produksi Indonesia akan pakai mesin serupa Zenix Hybrid. Ya ini memang masih prediksi.

Kisaran Harga Toyota Voxy Produksi Indonesia

toyota akan produksi lokal voxy

Voxy produksi Indonesia kemungkinan hadir pada akhir 2023 atau awal 2024

Kalau benar Toyota akan produksi lokal Voxy, ini tentu menjadi kabar baik untuk pasar otomotif Tanah Air. Pasalnya bila Voxy dirakit di Indonesia, ada kemungkinan harganya jadi lebih murah. Ini dikarenakan, tidak adanya pajak impor dan biaya pengiriman dari Jepang.

Sebagai gambaran, harga Toyota Voxy 2.0 CVT Premium yang diimpor dari Jepang Rp 602 juta (OTR Jakarta). Maka, bukan tidak mungkin ketika nanti sudah produksi lokal banderolnya jadi cuma Rp 550 jutaan.

Tentu saja harga Toyota Voxy rakitan lokal yang terjangkau akan semakin menarik minat konsumen Indonesia untuk beli. Tertarik punya? Sabar ya dan tunggu informasi selanjutnya. Bila ini terjadi, prediksi kami produksi Voxy secara lokal di Indonesia akan berlangsung akhir tahun 2023 atau awal 2024

Baca juga  Uji Konsumsi BBM Mobilio, Benarkah Efisien?

Itulah bahasan soal Toyota akan produksi lokal Voxy di Indonesia. Kabar terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika