Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta Bekas, Harga Miring!

by Firdaus Ali
Ford Fiesta bekas

Berikut akan kami ulas mengenai kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta bekas, beserta spesifikasi serta daftar harganya. Kalau kamu sedang mencari mobil hathcback terjangkau, simak tuntas ya.

Ford Fiesta merupakan hatchback yang terkenal punya performa mumpuni. Hal itu terbukti dengan keikutsertaanya dalam beberapa ajang Rally tingkat dunia. Namun begitu, populasi Ford Fiesta di Indonesia memang tidak begitu banyak karena kalah ‘pamor’ dengan Honda Jazz dan beberapa pesaing lain serta jaringan diler yang tidak sebanyak merek mobil Jepang.

Dengan kata lain, pemilik Ford Fiesta terbilang lebih spesifik bagi beberapa kalangan yang memang menyukai dan memahami mobil asal Amerika ini. Di Indonesia, Ford Fiesta pertama kali masuk tahun 2009 yang merupakan generasi ketujuh yang didatangkan oleh PT Ford Motor Indonesia (FMI).

Fiesta datang dalam pilihan varian 1.4 Style, 1.4 Trend, dan 1.6 Sport. Mengingat peminatnya semakin banyak. Beberapa tahun berikutnya (2014), Ford menambah varian Fiesta yang menggunakan mesin 1.0-liter 3 silinder turbo. Varian ini dinamakan Ford Fiesta Ecoboost. Dieranya, mungkin hanya Fista yang memakai mesin 3 silinder 1.000 cc turbo.

Soal harga Ford Fiesta bekas, dari beberapa diler mobkas terpantau kisaran mulai dari Rp 80 jutaan untuk varian non turbo dan Rp 145 jutaan untuk varian EcoBoost (turbo) lansiran 2015 untuk wilayah Jabodetabek. Harga tersebut tentunya juga bukan menjadi acuan utama, karena dimungkinkan juga untuk beda wilayah lain berbeda harga. Pun begitu juga tergantung kelengkapan surat-surat dan kondisi mobil secara keseluruhan.

Biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Ford Fiesta bekas berikut ini.

Performa Ford Fiesta Ecoboost Paling Gahar Dibanding Varian Lain

Ford Fiesta bekas

Performa Ford Fiesta bekas varian ecoBoost paling gahar

Salah satu daya tarik Ford Fiesta bekas varian EcoBoost adalah performa mesinnya. Seperti diungkapkan sebelumnya, bahwa Ford Fiesta menawarkan 3 pilihan mesin, 1.400 cc, 1.600 ccm dan 1.000 cc turbo (EcoBoost). Dari ketiganya, performa mesin Fiesta EcoBoost yang paling galak.

Di atas kertas, Fiesta EcoBoost pakai mesin 1.000 cc turbo 3 silinder yang dilengkapi teknologi split-cooling yang mana pendinginan mesin menggunakan dua jalur sehingga memungkinkan mesin mengelola suhu lebih baik. Hasilnya, tenaga yang keluar diklaim mencapai 124 hp dengan torsi puncak 170 Nm dari 1.400 rpm sampai 4500 rpm melalui pilihan transmisi manual dan otomatis dual clutch.

Baca juga  Daftar Mobil Paling Sering Dicuri, Waspada!

Kelebihan lain dari Fiesta EcoBoost adalah konsumsi BBM irit. Hal ini dikarenakan kapasitas mesinnya cuma 1.000 cc. Dari hasil pengalaman berbagai pengguna, konsumsi BBM Ford Fiesta dengan mesin 1.000 cc turbo ini bisa menghemat 12,9 Km/liter di jalur dalam kota dan 21 km/liter di luar kota.

Sementara itu, untuk Fiesta dengan mesin 1.400 cc tenaganya diklaim sebesar 112 hp dengan torsi maksimum 128 Nm. Lalu untuk mesin 1.6 bertenaga 120 hp dengan torsi maksimum 152 Nm.

Dilengkapi Fitur Voice Command

Ford Fiesta bekas

Ford Fiesta EcoBoost sudah dilengkapi dengan fitur Voice Command

Berbicara fitur, Fiesta EcoBoost terbilang cukup modern di eranya. Salah satu fitur unggulan yang dulu dianggap canggih yakni adanya voice command atau perintah suara. Pengemudi bisa melakukan perintah suara untuk mengatur sistem audio seperti mengganti channel radio, mengganti track lagu, hingga menelepon dengan menggunakan bluetooth yang bisa tersambung dengan ponsel.

Sementara itu, untuk fitur keselamatan sudah ada hill launch assist, dual airbags, rear parking sensor, rem ABS dan EBD, smart keyless entry, pyrotechnic seatbelt pretensioners dan child safety lock, rain sensing wipers, dan juga rem cakram pada semua roda.

Desain Kabin Interior Futuristik

Ford Fiesta bekas

Desain interior futuristik

Kabin interior Ford Fiesta desainnya menarik, berbeda dengan beberapa rivalnya seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Bagian tengah dashboardnya dirancang dengan tampilan yang apik dan futuristik.

Hanya saja kekurangan layout dashboard Fiesta ini agak susah untuk dimodifikasi. Misalnya kamu mau ganti head unit, tentu harus ikut mengubah frame dari dashboard-nya terlebih dulu.

Lalu bagian jok dilapisi bahan fabric. Suspensinya dilengkapi dengan per keong untuk menambah kenyamanan berkendara. Pada bagian depan didesain dengan semi bucket. Sementara itu, jok belakangnya masih nyaman dan cukup lega untuk orang dewasa. Bagian belakang jok bisa dilipat dengan konfigurasi 50:50.

Baca juga  Deretan Masalah Nissan X-Trail T31 Bekas

Kelebihan Ford Fiesta

Ford Fiesta bekas

Performa mesin dan handling Ford Fiesta mantap

Ford Fiesta punya beberapa kelebihan yang menarik untuk disimak. Ini yang menjadikan mobil hatchback asal Amerika ini masih diminati oleh beberapa kalangan. Ini informasinya.

Punya Pilihan 3 Mesin

Salah satu kelebihan Ford Fiesta adalah punya pilihan 3 mesin, yaitu 1.4L, 1.6L dan 1.0 Turbo. Hal ini tentu menjadikan Fiesta lebih menarik di mata konsumen jika dibandingkan dengan para rivalnya seperti Jazz dan Yaris yang hanya ada pilihan 1 mesin.

Handling Mantap

Kelebihan selanjutnya adalah handling yang mantap. Dari beberapa chanel youtube yang membahas mengenai Ford Fiesta, mereka bilang handling dari mobil ini memuaskan.

Hal ini tentunya didukung oleh racikan kaki-kakinya yang proporsional. Di bagian depan, Ford memberikan suspensi independent. Sementara di bagian belakang menggunakan torsion beam guna menopang bobot penumpang dan barang.

Fitur Lengkap

Seperti diungkapkan sebelumnya jika Fiesta punya fitur yang modern dan lengkap. Ada Voice Command, Hill Launch Assist, Dual Airbags, Rear Parking Sensor, rem ABS dan EBD, Smart Keyless Entry, Pyrotechnic Seatbelt Pretensioners dan Child Safety Lock, Rain Sensing Wipers, dan juga rem cakram pada semua roda.

Kekurangan atau Masalah Ford Fiesta Bekas

Ford Fiesta bekas

TCM Ford Fiesta sering bermasalah

Ada kelebihan tentu saja ada kekurangan, apalagi mobil bekas. Begitu juga dengan Ford Fiesta bekas, notabe umurnya sudah ada lebih dari 10 tahun. Jadi wajar kalau terjadi masalah atau kerusakan. Hanya saja yang perlu kamu ketahui, hatchback ini merupakan merek Amerika, jadi soal sparepart dan bengkelnya tidak sebanyak merek Jepang.

Sebelum beli, kami menyarankan kamu ketahui dulu lokasi bengkel spesialis Ford yang memang banyak direkomendasikan. Hal ini penting, agar bila terjadi masalah dengan mobil Fiesta kamu ke depannya, ada tempat perbaikan yang terpercaya.

Berikut merupakan bahasan beberapa masalah atau kekurangan yang sering ada di Ford Fiesta Bekas. Jadi siapkan pula uang lebih untuk perbaikan dan penggantian komponen tersebut.

Transmisi Rentan Bermasalah

Kekurangan Ford Fiesta yang pertama adalah pada bagian transmisi, dimana bagian ini kerap mengalami masalah utamanya yang matik.

Baca juga  Apa Itu Odometer? Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

Umumnya kerusakan terjadi pada TCM atau transmission control module. Penyebab umumnya bisa karena usia pakai atau karakteristik pemilik sebelumnya. Sebab transmisi model dual clutch beda karakter dibanding transmisi otomatis biasa maupun CVT.

Kebiasaan tetap memposisikan tuas transmisi pada “D” saat macet, ditenggarai jadi penyebab modul transmisi ini cepat rusak.

Modul ABS Ford Fiesta Sering Bermasalah

Masalah yang sering ditemui sebagai kekurangan Ford Fiesta adalah bagian kelistrikan. Selain TCM, modul ABS juga kerap rusak. Buat yang belum tahu, fitur ABS merupakan sistem pengereman yang dapat mencegah roda mengunci saat melakukan pengereman mendadak. Jadi kalau ABS rusak, pengereman tentu akan tidak optimal.

Oleh karena itulah, sebelum meminang Ford Fiesta bekas ada baiknya kamu lakukan general check-up mobil terlebih dulu, Hal ini untuk mengetahui kerusakaan elektrikal apa saja yang ada di hatchback Amerika tersebut.

Harga Bekas Anjlok

Performa mesin oke, desain eksterior dan interior bagus, fitur cukup modern dan handling juga mantap. Namun begitu, harga bekas dari Ford Fiesta ini anjlok.

Penyebabnya adalah karena harga sparepart dari mobil hatchback ini mahal. Contoh seperti kerusakan pada TCM atau transmission control module. Harga satu set komponen ini ada di kisaran Rp 11 jutaan.

Jadi wajar, jika masih banyak masyarakat yang enggan pakai Fiesta karena ketersediaan suku cadang yang jarang dan harganya yang mahal.

Daftar Harga Ford Fiesta Bekas

kelebihan dan kekurangan ford fiesta bekas

Harga Ford Fiesta Ecoboost masih mahal di pasar mobil bekas

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta bekas, siapkan uang untuk meminangnya. Tidak perlu banyak-banyak, karena banderolnya kian terjangkau untuk tahun tua. Sebagai gambaran, harga Ford Fiesta bekas mulai dari Rp 60 juta untuk varian 1.4 Style MT tahun 2010, sementara varian 1.6 Sport AT tahun 2010 mencapai Rp 80 juta.

Kemudian Ford Fiesta facelift 1.500 cc tahun 2013-2015, pasarannya sekitar Rp 80-135 juta tergantung tipe dan tahun. Paling mahal adalah varian Ecoboost 1.0 Turbo tahun 2014-2015 yang masih tembus Rp 135 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Ford Fiesta bekas. Sudah siap meminangnya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika