by

Menebak Ubahan Suzuki Karimun Wagon R Edisi Terbatas

PT Suzuki Indomobi Sales (SIS) akan meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas. Mengacu pada gambar yang beredar saat ini, tak banyak ubahannya. Walau begitu, tetap menarik untuk disimak!

Prosesi peluncuran bakal berlangsung bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober mendatang. Pihak Suzuki Indonesia sudah memastikan bahwa produk terbarunya tersebut merupakan Suzuki Karimun Wagon R edisi 50 tahun.

Seperti dijelaskan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, “Pada tanggal 10 Oktober 2020, kami akan meluncurkan produk limited edition sehubungan ulang tahun Suzuki ke-50”.

Momentum peluncuran Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas ini, sekaligus sebagai peluncuran penutup di tahun 2020 ini. Lalu kira-kira apa saja ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas, jika dibandingkan dengan model lainnya?

Namun sebelum itu, kalian perlu tahu bahwa Suzuki Karimun sudah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1999 hingga kini. Menariknya Karimun menjadi salah satu city car yang cukup digandrungi masyarakat di Tanah Air.

Menyoal ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas. Tampaknya secara spesifikasi tak banyak mengalami ubahan.

Ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas tampaknya hanya sebatas ubahan pada sisi tampilan saja. Hal ini pun dipertegas melalui keterangan salah seorang petinggi Suzuki di Indonesia.

Baca juga  Penjualan Mobil Suzuki 2020 Ditopang Ambulans

“Karimun Wagon R edisi 50 Tahun Suzuki ini mendapatkan paket upgrade kit yang diproduksi secara terbatas,” jelas Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS saat dikonfirmasi Moladin.

Lebih lanjut Harold pun menegaskan bahwa produk unggulan Suzuki tersebut telah di desain khusus dan secara terbatas. Hanya sebanyak 50 unit saja untuk pasar Indonesia.

Daftar Ubahan Suzuki Karimun Wagon R Edisi Terbatas

Daftar ubahan Suzuki Karimun Wagon R
Daftar ubahan Suzuki Karimun Wagon R

Bila mengacu pada video teaser yang diunggah di laman sosial media resmi Suzuki Indonesia. Ubahan Suzuki Wagon R edisi terbatas memang jelas terlihat dari sisi tampilannya.

Suzuki Karimun Wagon R Edisi 50 Tahun dibangun dari basis Suzuki Karimun Wagon R GS, yang merupakan varian teratas dari Wagon R yang dipasarkan di Indonesia. Hal ini terungkap dari penggunaan lampu utama dan foglamp yang khas.

Layaknya sebuah mobil edisi spesial, ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas terletak pada penambahan upgrade eksterior. Contohnya pada edisi 50 tahun ini pakai bodykit di bumper depan, side skirt dan bumper belakang juga mendapatkan sentuhan baru.

Baca juga  Penjualan Naik, Suzuki Bawa Produk Baru di 2020

Kemungkinan Suzuki Karimun Wagon R edisi 50 Suzuki bakal mengandalkan pelek berukuran 14 inci yang kemungkinan punya kelir baru, Gun Metal atau abu-abu.

Khusus edisi terbatas ini, Karimun Wagon R tersedia dalam kelir warna putih. Sebagai penanda, tentunya bakal ada tambahan emblem Limited Edition yang tertempel di buritan.

Namun sangat disayangkan, menurut seorang sumber kepada Moladin. Tidak banyak sentuhan baru pada sisi interiornya.

Jok masih mengandalkan material berbahan fabric. Meter cluster masih menggunakan jarum analog dikombinasikan MID digital.

Menyoal fitur hiburan, tak ada ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas. Kemungkinan masih mengandalkan head unit 2-Din tanpa layar. Namun tak menutup kemungkinan sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh seperti yang tersedia Suzuki Ignis.

Sistem hiburan tersebut sudah terintegrasi dengan Bluetooth, pemutar music seperti radio AM/FM, MP3, DVD, USB. Diluar itu tampaknya tak ada ubahan yang berarti.

Secara dimensi Suzuki Karimun Wagon R memiliki panjang 3.600mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1670 mm dengan wheelbase 2.400 mm. Dimensi tersebut sudah cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan 5-penumpang, serta bagasinya pun cukup besar.

Di atas kertas tentunya tak mungkin ada ubahan Suzuki Karimun Wagon R pada jantung mekanisnya. Masih mengandalkan mesin K10B 3 silinder berkapasitas 998 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 68 PS dengan torsi sebesar 90 Nm.

Baca juga  Harga Suzuki XL7 Rp200 Jutaan, SUV 7-Penumpang Termurah?

Mesin itu cenderung efisien untuk mengakomodir kebutuhan di jalan perkotaan. Tenaga yang dihasilkan mengalir melalui girboks manual 5-percepatan, dan juga transmisi semi otomatis AMT (Automated Manual Transmission).

Dalam menunjang kenyamanan ketika berkendara, Karimun Wagon R dibekali dengan suspensi McPherson Strut dengan coil spring di depan. Lalu suspensi 3 links rigid dengan per sama sebagai penyokong roda belakang.

Untuk urusan yang satu ini tampaknya tidak mendapatkan sentuhan penyegaran. Selain itu, sistem pengereman hanya memiliki rem cakram di bagian depan. Rem belakang mengandalkan tipe drum atau tromol.

Bicara fitur sepertinya tak nampak adanya ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas. Fitur keselamatannya mengandalkan airbags, anti-lock braking system (ABS) dan juga electronic brake force distribution (EBD).

Well.. itulah proyeksi sejumlah ubahan Suzuki Karimun Wagon R edisi terbatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru