by

Vespa Sei Giorni II Tampil Beda, Mesin Paling Bertenaga!

Kehadiran Vespa Sei Giorni II ke pasar otomotif Indonesia dipastikan tidak lama lagi. Pabrikan asal Italia itu sudah menyebar undangan ke awak media, peluncuran siap berlangsung Rabu, 4 November 2020.

Walau belum meluncur resmi, skuter ini tidaklah asing untuk masyarakat Tanah Air. Vespa pernah memasarkan model sebelumnya pada 2018. Sementara yang bakal meluncur sekarang adalah versi pembaruannya.

Vespa Sei Giorni II istimewa lantaran berbasis Vespa GTS 300 terbaru. Dengan demikian jantung mekanisnya pakai kubikasi 278,3cc HPE (high performance engine), satu silinder, empat katup, serta memiliki pendingin cairan. Inilah mesin Vespa paling bertenaga.

Di atas kertas, torsi puncaknya 26 Nm pada 5.250 rpm atau meningkat 19 persen dari model lama. Kemudian tenaga maksimal mencapai 23,8 hp pada 8.250 rpm alias naik 12 persen. Dengan demikian rasa berkendara bakal lebih menyenangkan dan minim getaran.

Selain punya mesin mantap, motor matic edisi spesial tersebut juga berpenampilan istimewa. Desainnya berbeda dari motor Vespa kebanyakan. Hal ini lantaran inspirasinya berasal dari skuter balap legendaris era 1951.

Baca juga  Spesifikasi Honda Air Blade Terbaru, Skutik Penantang Yamaha Aerox!

Ingin tahu detail spesifikasi Vespa Sei Giorni II? Simak bahasan berikut:

Sejarah Vespa Sei Giorni

vespa sei giorni ii
Lampu depan yang diletakkan di atas sepatbor depan jadi ciri khas Vespa Sei Giorni

Mesin berperforma hebat memang jadi kelebihan Vespa Sei Giorni II. Hanya saja, sejarah yang menyertai juga tidak kalah membuatnya semakin istimewa.

Ini merupakan reinkarnasi skuter balap legendaris yang berlaga di 26th Sei Giorni Internazionale Enduro Race, Italia pada 1951. Balapan tersebut sungguh menarik, lantaran berlangsung enam hari beruturut-turut. Sei giorni merupakan bahasa Italia yang artinya six days atau enam hari. Motor Vespa pun ikut serta dan berhasil memenangkan gelar juara.

Dalam rangka mengenang kejayaan pada masa lampau, maka hadirlah Vespa Sei Giorni.

Tampilan Unik Vespa Sei Giorni II

vespa sei giorni ii
Panel instrumennya dibuat analog, tidak seperti basisnya yaitu Vespa GTS 300 Super Tech yang menggunakan layar TFT.

Kelebihan Vespa Sei Giorni II dibanding produk lain adalah berpenampilan unik. Lampu depan tidak diletakkan di batok, tapi di atas sepatbor depan. Kemudian setangnya pakai gaya telanjang.

Jok juga dirancang layaknya motor balap, menggunakan single seater. Ciri khasnya di bagian belakang jok motor bentuknya agak menggunung.

Lalu di sektor bodi ada tulisan angka enam yang menempel di tameng depan dan bodi samping. Angka tersebut melambangkan Sei Giorni. Kemudian pada bodi samping juga terdapat emblem bertuliskan Sei Giorni.

Baca juga  Ini Takaran Oli Samping Vespa yang Tepat

Vespa Sei Giorni II juga memiliki windshield kecil di depan untuk meningkatkan aura balapnya. Bodi motor secara keseluruhan dicat hitam. Kombinasi semuanya sungguh menjadikan skuter edisi spesial ini berbeda dengan produk Vespa lain.

Tertarik memilikinya? Mari kita tunggu sama-sama kehadiran motor ini pada 4 November 2020. Soal harga sudah pasti tidak murah. Pasalnya Vespa GTS 300 yang menjadi basisnya saja dibanderol Rp 153 juta (OTR Jakarta). Maka versi edisi spesialnya kemungkinan lebih dari itu!

Terbaru