Jok Motor Robek? Ini Cara Memperbaiki yang Benar

Cara Perbaiki Jok Motor Robek – Motor merupakan alat transportasi yang digunakan setiap hari oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Karena itu kenyamanan motor wajib diperhatikan dengan baik. Setiap komponen harus dalam keadaan baik agar berkendara juga jadi menyenangkan bukannya malah melelahkan.

Nah, salah satu yang jarang diperhatikan adalah jok motor. Padahal jok motor juga memegang peranan penting. Jika jok motor robek atau rusak, tentu berkendara akan terasa kurang nyaman apalagi jika harus menempuh jarak yang cukup jauh. Terlebih lagi saat musim hijan seperti sekarang ini.

Bila jok motor robek atau sobek, maka air akan merembes pada busa jok dan menyebabkan celana kamu basah. Tidak mau hal ini sampai terjadi kan?

Di samping itu, fungsi jok juga sangat penting untuk estetika motor. Saat jok motor robek, pasti bikin tampilan motor kurang keren!

Penyebab Jok Motor Robek

jok motor robek
Robek seperti ini biasa disebabkan oleh cakaran kucing

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab jok motor robek atau sobek. Ada yang terkena barang tajam, tersangkut benda, dan rapuh karena usia pemakaian. Tidak menutup kemungkina, jok motor robek, lantaran dicakar oleh hewan peliharaan seperti kucing.

Penyebabnya tentu bisa berbagai macam. Kamu hanya harus waspada dan mencegah hal tersebut terjadi. Kalau memang sudah kejadian, maka opsinya tinggal ganti atau perbaiki jok motor yang rusak tersebut.

Mengganti atau Memperbaiki?

Kalau mau ganti jok, sebaiknya pakai kulit berkualitas supaya tahan lama

Saat jok motor robek sebaiknya diganti atau diperbaiki? Ini bisa dilihat dari kondisi jok tersebut. Jika memang sobeknya sudah benar-benar parah, sebaiknya memang diganti sarungnya dengan yang baru. Namun, jika masih bisa diselamatkan tak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya.

Kenapa harus diganti? Jika robeknya parah, takutnya berpengaruh juga terhadap busa. Jika busanya ikut rusak, maka penggantian harus dua kali lipat. Terlebih harga kulit jok tidak bisa dikatakan murah, terlebih untuk kualitas yang baik bisa lebih Rp100 ribuan.

Bila belum punya bujet, bisa juga mengakali jok yang robek dengan menambal menggunakan lakban hitam. Cara ini memang bisa dilakukan untuk keadaan darurat atau apabila masih belum sempat untuk mengganti jok motor. Meski demikian, saat hujan deras, air tetap saja bisa merembes ke dalam busa dan membuatnya basah.

Cara ini juga dianggap salah satu yang paling praktis dan mudah. Tinggal potong saja lakban sepanjang jok yang robek, setelah itu rekatkan. Jangan lupa untuk menekan agar lakban menempel dengan kuat. Cara ini memang efektif, tapi hanya untuk sementara.

Kamu wajib mengganti lakban dengan rutin karena pasti akan terkelupas. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, air bisa merembes dan membuat busa dalam jok basah.

Baca juga:

Tips Rawat Jok Motor Agar Tidak Mudah Robek

jok motor robek
Rawat jok motor secara rutin, supaya usia pakainya bisa panjang

Jika tak ingin jok motor kesayanganmu robek, berikut ini coba Moladin hadirkan cara merawatnya agar tidak mudah robek.

  • Yang pertama adalah jika jok tersebut adalah bawaan pabrik, jangan lupa untuk rutin membersihkannya dengan lap.
  • Semprot jok dengan cairan pembersih khusus yang memang sudah banyak dijual di pasaran. Setelah itu lap dengan bersih dengan menggunakan kain yang lembut yang sudah diberi sedikit air. Bersihkan permukaan jok dengan merata.
  • Segera keringkan jok dengan kain yang bersih dan kering. Pastikan tidak ada cairan yang masih menempel pada jok motor.
  • Satu hal penting yang wajib diperhatikan pengendara, saat memarkir motor usahakan untuk memilih tempat yang teduh. Jok motor sangat sensitif dengan cuaca. Karena itulah pilih tempat yang tidak terkena panas dan hujan.

Memang lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Namun, jika memang jok motor sudah robek dan bikin berkendara terganggu, alangkah jauh lebih baik untuk segera mengganti saja. Kalau ditambal dan tambalan tidak sempurna, tetap ada celah untuk air masuk ke dalam jok dan merusak busa.

Jika memang akan mengganti kulit jok, disarankan untuk memilih bahan yang nyaman. Jenis kulit yang dipakai ikut mempengaruhi kenyamanan jok. Lalu, kulit seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk jok motormu?

Disarankan untuk memilih bahan dasar pelapis yang lentur, sehingga saat duduk pelapis mengikuti lekuk tubuh yang menempel pada jok. Hindari memilih bahan yang teksturnya keras dan kaku. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *