by

5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

Pemilik kendaraan kerap bertanya-tanya mengenai cara menghilangkan karat pada chrome. Mengingat kendaraan terbaru, khususnya mobil ini dibekali dengan aksen krom untuk menunjang kesan mewah semakin terasa.

Karat yang timbul di bagian chrome, tentunya mampu menurunkan nilai estetika sebuah kendaraan terlebih pada mobil mewah. Ketika karat mulai timbul, tentunya membuat pemilik mobil kerap jengkel, terlebih saat memasuki musim penghujan.

Seperti diketahui, air hujan sangat berpotensi menyebabkan timbulnya karat pada kendaraan. Apalagi jika setelah terkena hujan mobil atau motor tak langsung dibilas, hal ini sangat berpotensi menimbulkan karat.

Nah, buat kalian yang penasaran cara menghilangkan karat pada chrome. Dari hasil penelusuran Moladin, setidaknya ada lima langkah yang bisa kalian terapkan untuk menghilangkan karat.

Penasaran ingin tahu cara menghilangkan karat pada chrome? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Bersihkan Permukaan yang Berkarat Pakai Air Sabun

menghilangkan goresan di mobil
Mencuci mobil secara tepat, agar karat dapat terlihat jelas

Lebih jauh mengupas cara menghilangkan karat pada chrome. Sebaiknya kalian lebih dulu membersihkan kotoran dan debu dari permukaan krom menggunakan air sabun atau sabun cuci mobil.

Dengan begitu, kalian bisa membersihkan karat dari komponen mobil secara tepat. Mengingat jika tidak dibersihkan dengan tepat, biasanya karat-karat akan tertutup oleh kotoran dan debu.

Baca juga  Kunci Motor Hilang? Simak 6 Hal yang Harus Dilakukan

Ketika dirasa sudah bersih, bagian karat akan lebih mudah dibersihkan. Menangani permukaan yang sangat kotor atau berkarat tebal, bisa menggunakan cuka atau asam lemah. Selanjutnya bisa dibasuh dengan aluminium foil.

2. Siapkan Aluminium Foil

Cara menghilangkan karat pada chrome menggunakan alumunium foil
Cara menghilangkan karat pada chrome menggunakan alumunium foil

Membahas cara menghilangkan karat pada chrome selanjutnya, kamu bisa siapkan aluminium foil. Setelah ditelusuri, ternyata peralatan ini cukup ampuh menghilangkan karat yang membandel.

Alumunium foil bereaksi secara kimiawi untuk menanggalkan karat. Selain itu, Alumunium juga menghasilkan material yang mudah diseka atau digosok hingga lepas.

Kerja alumunium sejatinya lebih lembut dari logam lain, jadi tidak akan menimbulkan baret pada permukaan kromium atau logam di bawahnya.

3. Masukan Aluminium Foil ke Dalam Air, Gosokkan ke Area Berkarat

Alumunium foil pastikan selalu dalam kondisi basah
Alumunium foil pastikan selalu dalam kondisi tidak kering

Langkah selanjutnya yang ampuh sebagai cara menghilangkan karat pada chrome. Kalian bisa menggunakan segala jenis air, namun air garam adalah yang terbaik. Alasannya, elektrolit dan garam akan mempercepat proses kimia.

Selanjutnya kalian bisa robek aluminium foil secukupnya untuk menggosok ke area yang berkarat. Cara menggosok alumunium foil dengan cara maju mundur pada area yang berkarat.

Baca juga  7 Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Kamu tidak harus menggunakan tekanan berlebih, hanya area yang memiliki karat tebal yang membutuhkan tekanan lebih dan waktu penggosokan yang lebih lama.

4. Pastikan Alumunium Foil Dalam Keadaan Selalu Basah

Karat yang membandel mengganggu tampilan kendaraan
Karat yang membandel mengganggu tampilan kendaraan

Tak kalah penting membahas cara menghilangkan karat pada chrome adalah pastikan alumunium foil dalam kondisi selalu basah. Tujuannya tentu agar lebih mempermudah proses menghilangkan karat.

Untuk area lekukan yang dalam, sebaiknya kalian gumpal potongan alumunium foil. Bagian ujung dari gumpalan ini akan membantu memperhalus permukaan logam.

Lakukan proses ini secara perlahan, jangan digosok terlalu cepat dan sebaiknya sering-seringlah berhenti. Agar residu karat dapat terangkat secara sempurna.

5. Bersihkan Residu Aluminium Foil Secara Berkala

cara menghilangkan karat pada chrome
Pelek jari-jari di motor yang terkena karat, bisa kamu coba bersihkan dengan alumunium foil

Ketika residu aluminium foil yang dipakai untuk membersihkan lapisan chrome, kalian rasa terlalu tebal. Maka berhentilah dan segera seka permukaannya dengan tisu atau lap. Dengan begitu, kalian bisa melihat sisa karat dan meneruskan menggosok dengan alumunium foil.

Jika kalian rasa seluruh karat telah terangkat, seka permukaan kromium dengan lap untuk kembali menampilkan kilapnya. Lalu pakai tisu atau keringkan dengan pengering rambut.

Baca juga  [InfoGrafik] Fakta Tentang Cara Kredit Motor Saat Ini

Jadi itulah lima cara menghilangkan karat pada chrome yang ampuh yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Pesan kami, sebaiknya lakukan pencegahan karat sebelum timbul di area krom kendaraan kalian.

Paling mudah yang bisa kalian lakukan adalah segera basuh dan keringkan kendaraan setelah menghadapi hujan. Karena air hujan  sangat berpotensi menimbulkan karat yang membandel di mobil kalian.

Cara mencegah selain itu yang mungkin kalian bisa terapkan ialah memarkirkan kendaraan ditempat yang teduh. Dalam hal ini kendaraan sebaiknya diparkirkan di tempat yang tertutup, namun dengan sirkulasi udara yang cukup.

Pasalnya ketika mobil maupun sepeda motor terkena panas matahari langsung, lalu diguyur hujan secara bergantian dapat menimbulkan karat. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan karat pada chrome dapat bermanfaat untuk kalian. (Denfer)

Baca juga:

Terbaru