Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bertemu Toyota Veloz Cross di Cikarang, Apa Istimewanya?

by Tigor Sihombing
Toyota Veloz Cross

Baru-baru ini kembali beredar foto Toyota Veloz Cross di Indonesia. Foto tersebut berasal dari sumber terpercaya kami yang mengatakan penampakan Toyota Veloz Cross tersebut berada di atas truk gendong di Tol Cikampek, kawasan Cikarang Bekasi, sekitar seminggu lalu pada 7 Oktober 2022.

Terlihat dari gambar, Veloz Cross tersebut berwarna merah dengan tambahan tulisan Cross di bagian belakangnya. Sedangkan bagian lainnya terlihat sama dengan Veloz reguler yang saat ini dipasarkan.

Besar kemungkinan, Toyota Veloz Cross yang tersebut memang buatan Indonesia, tapi versi ekspor alias tidak dijual untuk pasar Tanah Air. Adapun salah satu negara yang meminangnya dan telah menggunakan nama Veloz Cross adalah Vietnam.

Di Vietnam, Toyota Veloz Cross meluncur pada 22 Maret 2022 lalu, serta memiliki varian Veloz Cross dan Veloz Cross Top. Adapun detail perbedaanya adalah sama dengan Veloz versi Indonesia, seperti lampu LED, rem parkir elektrik, wireless charging, dan lainnya. Namun, khusus Veloz Cross Top juga tersedia fitur Toyota Safety Sense (TSS) seperti pre-collision system, lane departure warning, dan sebagainya.

Baca juga  5 Spesifikasi dan Harga Toyota Alphard Hybrid 2023, Mobil Keluarga Orang Kaya!

Mengutip laman Toyotahadong, Vietnam, Veloz Cross menggunakan pelek mobil berukuran 16 dan 17 inci. Khusus untuk pelek ukuran 17, ada pada varian Cross Top yang merupakan varian tertinggi.

Adapun dimensi mobil ini juga sama dengen versi di Indonesia yakni 4.475 mili meter, lebar 1.750 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Untuk jantung pacunya Toyota Veloz Cross menggunakan mesin 1496 cc, seri yang sama dengan Indonesia yakni 2NR-VE, 4-silinder segaris, 16 valves, DOHC dan dual VVT-i, sementara pasokan bahan bakarnya adalah electronic fuel injection.

Penjualan Veloz Cross Kalahkan Xpander

toyota Veloz cross

Laman tersebut menyebut, per September 2022 ini, Toyota Veloz Cross juga sudah mengalahkan penjualan Mitsubishi Xpander di Vietnam. Per September Toyota Veloz Cross terjual 2.572 unit, sedangkan Xpander 2.416 unit.

Di Vietam sendiri menurut laman Danviet dikutip 12 Oktober 2022, Veloz Cross sejak kemunculannya di Vietnam membuat pasar segmen kendaraan multiguna (MPV) 7-seater semakin meriah. Pasalnya, mobil ini langsung bisa bersaing dengan model MPV lainnya seperti Mitsubishi Xpander yang masuk lebih dulu.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Aqua 2021, Hatchback Hybrid Modern!

Laman tersebut menyebut, per September 2022 ini, Toyota Veloz Cross juga sudah mengalahkan penjualan Mitsubishi Xpander di Vietnam. Per September Toyota Veloz Cross terjual 2.572 unit, sedangkan Xpander 2.416 unit. Laman tersebut mengatakan selama 4 tahun baru di bulan ini Toyota Veloz mengungguli penjualan Xpander.

Secara penjualan kumulatif, Veloz Cross sejak diluncurkan pada Maret 2022 sudah terjual sebanyak 9.659 unit. Meski dari angka gabungan ini, Veloz Cross masih kalah penjualan dengan rivalnya Mitsubishi Xpander dengan angka 16.113 sejak awal tahun 2022.

Sedangkan versi bawahnya, Avanza Premio, per September 2022 hanya menduduki peringkat ketiga dengan 485 unit terjual pada September 2022, disusul Suzuki XL7 453 unit dan Innova mencapai 387 unit.

Demikian ulasan Toyota Veloz Cross. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan hadirnya foto tersebut kami coba mengkonfirmasi ke Toyota Astra Motor, namun sampai berita ini ditayangkan belum ada tanggapan resmi dari APM tersebut.

Baca juga  Bocoran Harga Ertiga Hybrid, Lebih Murah Dari Avanza dan Xpander!

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika