Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2, Mending Mana?

by Firdaus Ali
Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Mengulas rivalitas Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2 tentu saja menarik. Sebab, keduanya sama-sama tampil dengan gaya SUV dan dimensi ringkas.

Kehadiran Citroen memang menjadi buah bibir dikalangan industri otomotif di Indonesia. Terlebih setelah pabrikan mobil asal Perancis ini membawa C3 sebagai salah satu mobil entry levelnya. Harganya juga sangat terjangkau. 

Pertanyaannya, apakah kehadiran Citroen C3 bisa menarik minat konsumen Indonesia? Bagaimana dengan spesifikasinya, apakah layak dibeli? Apalagi ketika dibandingkan dengan sang petahana yaitu Toyota Raize 1.2

Nah, biar tidak penasaran mengenai persaingan Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2, mari simak komparasi keduanya berikut ini:

Desain Eksterior Citroen C3 Lebih Eye Catching

Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Citroen C3 memiliki desain yang futuristik

Perseteruan Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2 yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. yup, jika dilihat dari kedua mobil SUV ringkas itu, tampilan Citroen C3 lebih eye catching.

Desain grillnya memang sederhana dengan gaya honey comb. Namun di atasnya disematkan logo Citroen yang beraksen krom dengan dipadukan desain headlamp yang selaras menjadi sedap dipandang. Kemudian lekukan bumpernya juga terlihat cukup agresif dengan warna hitam dipadukan rumah headlamp berwarna kontras.

Istimewanya lagi, Citroen C3 memiliki eksterior warna-warni dengan 4 pilihan warna bodi dan 2 pilihan warna atap. Dengan demikian, totalnya konsumen bisa memilih 10 kombinasi warna yang berbeda untuk eksterior SUV Perancis tersebut. 

Baca juga  Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur, Makin Canggih!

Sementara Raize 1.2 cuma tersedia dalam warna bodi one tone dengan tujuh pilihan: putih, merah, hitam, kuning, silver, abu-abu gelap, dan biru. Jika mau warna two tone, baru bisa kamu pilih di Raize 1.0 Turbo.

Berbicara dimensi, Toyota Raize 1.2 mempunyai panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. kemudian untuk ground clearancenya di angka 200 mm serta wheelbasenya 2.525 mm. Lalu untuk ban 205/65 R16 Alloy with Machining

Sementara itu untuk dimensi dari Citroen C3 sedikit lebih ringkas. Di atas kertas, panjangnya 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Selanjutnya untuk ground clearance juga lebih rendah di angka 180 mm. Hanya saja wheelbasenya sedikit lebih panjang 2.540 mm.

Kemudian yang juga jadi kekurangan Citroen C3 adalah penggunaan ban kecil. Ukurannya 196/65 dengan velg 15 Inch. Walau demikian, desainnya sudah two tone.

Performa Mesin Raize 1.2 Lebih Unggul

Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Mesin Raize 1.2

Rivalitas Citroen C3 vs Toyota Raize berlanjut ke performa mesin. Wajar keduanya dibandingkan, karena memiliki mesin dengan kubikasi serupa yaitu 1.200 cc.

Toyota Raize 1.2 menggendong mesin 3-silinder DOHC with Dual VVT-i. Hasilnya, di atas kertas mesin itu mampu mengeluarkan tenaga maksimum 88 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak 140 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Untuk transmisinya ada otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Vios Terbaru 2022, Harga Tembus Rp 368,4 Juta!

Sedangkan Citroen C3 mengadopsi mesin 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder. Mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm. Dengan kata lain, performa SUV Perancis ini lebih jelek dibanding Raize. Kemudian kekurangan lain, transmisinya hanya tersedia manual 5-percepatan, tidak ada otomatis sama sekali.

Interior & Fitur Raize 1.2 Vs Citroen C3

Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Interior Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Berbicara desain interior, kedua mobil ini menyuguhkan masing-masing kelebihan. Raize 1.2 hadir dengan material yang terlihat lebih elegan, sementara Citroen C3 hadir dengan gaya futuristiknya.

Raize 1.2 menyematkan headunit touchscreen berukuran 8 inchi yang bisa mengakomodasi sistem audio. Kemudian dibagian setirnya juga sudah terdapat steering switch untuk memudahkan mengoperasikan audio. Untuk AC sudah digital, material pembungkus joknya juga dari kulit sintetis sehingga terlihat lebih elegan.

Berbeda dengan Citroen C3, desain interiornya memang lebih berani untuk berbeda dari Raize 1.2. Dalam artian ada kombinasi warna-warna berani seperti oranye, bila konsumen menginginkan. Kemudian di dashboardnya terdapat headunit touchscreen berukuran 10 inchi yang bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android. Menariknya lagi, desain lubang ventilasi AC terlihat lebih estetik.

Baca juga  Bocoran Fitur Toyota Avanza Terbaru, Pakai Teknologi Hybrid?

Namun begitu, untuk pengoperasian AC masih menggunakan model tombol putar. Ditambah untuk mengatur posisi kaca spion masih menggunakan tuas seperti Suzuki S-Presso. Inilah yang jadi kekurangan dari Citroen C3.

Selanjutnya, untuk fitur Citroen C3 sudah menyematkan fitur instrumen digital, alarm, immobilizer, dual airbags, sensor parkir, dan kamera mundur. Sementara untuk Raize 1.2 sudah dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Harga Citroen C3 Lebih Murah

Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2

Harga Citroen C3 lebih kompetitif

Membahas rivalitas Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2 tentu kurang lengkap jika tidak mengulas harga dari kedua mobil tersebut. Dalam hal ini, Citroen C3 lebih murah, yaitu Rp 225 juta. Sementara untuk Toyota Raize 1.2 dibanderol Rp 232,4 juta. Kedua harga tersebut berlaku untuk OTR DKI Jakarta.

Jadi menurut kamu, siapa yang mau dibeli? Apakah mobil SUV asal Perancis atau Jepang? Bila mau tampil beda, tentu Citroen C3 bisa jadi pilihan yang menarik. Hanya saja kalau menginginkan mobil yang sudah pasti, tentu bisa pinang Raize dengan nama besar Toyota.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika