Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

BMW Safe Space di RPTRA Rorotan Indah Diresmikan, Bentuk Peduli Anak

by Tigor Sihombing

BMW Group Indonesia (BGI) resmikan BMW Safe Space di RPTRA Rorotan Indah. Selain itu BGI juga mendonasikan dana senilai Rp 350 juta kepada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rorotan Indah yang disalurkan melalui Save the Children Indonesia.

Bantuan difokuskan untuk revitalisasi bangunan RPTRA sebagai wadah pengembangan kapasitas perempuan dan anak. Bangunan direvitalisasi mulai dari penggantian atap aula, perbaikan area bermain anak , serta pembangunan tanggul untuk menahan air hujan – lokasi RPTRA berada persis di sebelah Kali Rorotan dan sering terendam banjir jika hujan besar melanda.

Tujuan kegiatan Social Sustainability ini adalah untuk memberikan wadah dan lingkungan yang layak dan aman untuk tumbuh dan berkembang bagi anak-anak dan keluarga di sekitar lokasi RPTRA Rorotan Indah. Bantuan diserahkan secara simbolis di RPTRA Rorotan Indah oleh Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia kepada Pritawati, Finance Director Save the Children Indonesia dan perwakilan RPTRA Rorotan Indah, Ahmad Fitroh, Lurah Rorotan untuk selanjutnya dipergunakan untuk revitalisasi RPTRA.

Pembangunan akan dilakukan mulai November 2022 sampai dengan Februari 2023. Pada hari penyerahan donasi, karyawan BMW Group Indonesia juga hadir untuk menyambut BMW Social Week, pekan berbagi yang diinisiasi oleh BMW Group Global dan dilakukan serentak di seluruh negara di mana BMW beroperasi.

Baca juga  BMW Astra Driving Experience 2022, Mobil Jadul Boleh Ikut!

Karyawan BMW Group Indonesia telah mengumpulkan keperluan anak-anak berupa pakaian, buku, dan mainan untuk diserahkan ke RPTRA Rorotan Indah dan berpartisipasi secara aktif dengan melakukan sesi diskusi dengan warga sekitar RPTRA mengenai “Healthy Lifestyle” dan membagikan Health and Sanitation Kit.

“BMW Group Indonesia menjadikan Sustainability sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Sustainability sendiri memiliki 3 pilar: Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola). Hari ini, kami berfokus pada Social Sustainability – komponen yang sangat penting untuk kesejahteraan sebuah komunitas. Untuk memberikan anak-anak, termasuk penyandang disabilitas, akses ke ruang komunitas yang aman dan nyaman hingga akhirnya meningkatkan kualitas hidup.”

“Kami menyebut program ini BMW SAFE SPACE, sebuah kolaborasi strategis antara BMW Group Indonesia dan Save the Children Indonesia. Kami bertujuan untuk merevitalisasi fasilitas dasar dan mengembangkan sistem perlindungan anak berbasis masyarakat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak disingkat RPTRA di Indonesia, untuk meningkatkan kualitas hidup anak di bidang pendidikan dan kesehatan,” ungkap Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam peresmian di hari ini 16 November 2022.

Baca juga  BMW XM PHEV, Model M Pertama dengan Setrum!

Kerjasama BMW Group Indonesia dan Save the Children Indonesia telah berlangsung cukup lama untuk mendukung pemenuhan hak anak. “Kerja sama BMW Group Indonesia dengan Save the Children Indonesia telah berjalan sejak 2018 dalam membantu korban bencana alam serta pemberian donasi untuk pandemi COVID-19 dengan membagikan paket sanitasi. Hari ini, donasi senilai Rp. 350.000.000,- akan kembali kami salurkan melalui Save the Children Indonesia untuk memberikan ruang bermain yang aman dan mendukung aktivitas keluarga di sekitar RPTRA Rorotan Indah”, tambah Ramesh.

Pritawati, Finance Director Save the Children Indonesia menyambut baik inisiatif BMW, “Save the Children sangat mengapresiasi inisiatif BMW Safe Space. BMW telah menjadi mitra strategis Save the Children Indonesia sejak 2018, melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan perubahan positif untuk anak-anak dan masyarakat sekitar RPTRA Rorotan Indah. Kami berupaya menyediakan ruang yang aman dan nyaman untuk anak-anak.”

Solusi untuk Masalah Lokasi yang Membahayakan Anak

BMW SAFE SPACE

Donasi Rp 350 juta

RPTRA Rorotan Indah menghadapi berbagai masalah yang dapat membahayakan anak-anak dan masyarakat sekitar. Misalnya, yang pertama, RPTRA dikelilingi oleh rawa dan saluran banjir tanpa dinding beton. Kedua, area bermain yang sudah rusak akibat banjir dan tidak layak digunakan.

Baca juga  Fitur BMW 218i Gran Coupe Sport Rakitan Lokal, Istimewa!

Ketiga, fasilitas umum seperti aula yang harus mendapat perbaikan, terutama atapnya yang terbuat dari asbes dapat berisiko bagi masyarakat yang menggunakan aula. Keempat, absennya program berkelanjutan yang dilakukan di RPTRA. Padahal, program berkelanjutan sangat penting, tak hanya sebagai peningkatan layanan RPTRA, tetapi untuk kegiatan positif anak dan orang muda sekitar. Misalnya, menciptakan sistem perlindungan terpadu berbasis masyarakat (PATBM), mengampanyekan STOP Kekerasan di lingkungan RPTRA, dan lain sebagainya.

“Ini adalah empat dukungan penting yang kami prioritaskan. Dengan donasi yang disalurkan oleh BMW Group Indonesia, kami dapat melakukan intervensi perbaikan RPTRA dan bekerja bersama masyarakat agar tercipta lingkungan yang sehat dan aman untuk anak-anak di sekitar RPTRA Rorotan Indah. Kami percaya, setiap anak berhak mendapat kesempatan yang setara untuk tumbuh dan berkembang. Pemenuhan hak anak, terutama perlindungan anak, adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh semua orang dewasa,” tegas Pritawati.

Demikian ulasan BMW Safe Space yang baru diresmikan BGI. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika