by

Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun, Mudah dan Murah!

Apabila mesin motor kamu sudah kusam akibat sisa oli atau karat, kamu bisa ambil cara membersihkan blok mesin dengan sitrun.

Membersihkan mesin pakai sitrun, merupakan cara membersihkan blok mesin murah meriah. Pasalnya kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000 untuk membeli bahan tersebut.

Sitrun atau citric acid (asam sitrat) merupakan asam organik lemah yang bisa didapatkan dari daun dan buah tumbuhan genus citrus (sejenis buah jeruk).

Zat ini dipercaya mampu merontokan kotoran seperti sisa minyak, oli, lemak bahkan juga karat. Sehingga banyak yang menggunakan sitrun sebagai cara mujarab dalam membersihkan blok mesin motor yang kotor.

Seperti disampaikan oleh Haris Setiawan mekanik dari HRS Motor, bahwa penggunaan sitrun untuk membersihkan blok mesin motor jadi alternatif bagi kamu yang ingin membersihkan mesin motor dengan cara cepat dan mudah.

“Ya kalau jaman dulu sih masih ada yang pakai sitrun buat bersihin blok mesin. Itu bisa jadi alternatif buat bersihin mesin dengan cepat dan mudah. Tapi kalau sekarang sudah agak jarang kayanya. Banyak yang sudah pakai cairan pembersih pabrikan,” ujar Haris yang biasa dipanggil Viray.

Campurkan Sitrun dengan Detergen untuk Bersihkan Blok Mesin Motor

cara membersihkan blok mesin dengan sitrun
citric acid atau sitrun bisa dibeli secara bebas di toko online

Meski sudah tidak populer lagi cara membersihkan blok mesin dengan sitrun, Viray mengatakan hal ini tetap bisa dilakukan. Hanya saja perlu diketahui cara untuk membersihkan mesin dengan sitrun tidak bisa sembrangan.

Baca juga  Mau Bikin SIM C1 dan SIM C2? Simak Syarat Serta Biayanya

Ada beberapa teknik yang perlu dilakukan supaya mesin motor bakal kinlong dengan penggunaan sitrun. Menariknya lagi  kegiatan ini tidak sulit, serta bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, sebelum mengetahui cara membersihkan mesin motor yang berkarat atau kotor dengan menggunakan sitrun, ada baiknya kamu persiapkan dulu segala peralatannya.

Alat-alat yang diperlukan adalah:

  • Kuas cat
  • Wadah
  • Sikat gigi bekas
  • Deterjen bubuk
  • Sitrun

Setelah alat-alat ini dipersiapkan, tuangkan deterjen bubuk dan sitrun dalam wadah yang telah disiapkan. Selanjutnya aduklah hingga merata sampai ada buih busa yang mengembang.

Langkah selanjutnya, balurkan adonan deterjen dan sitrun ini ke seluruh bagian mesin motor. Sikat dengan sedikit ditekan pada bagian yang berkarat atau kotor.

Sikat seluruh bagian blok mesin hingga terlihat bersih dan kinclong seperti baru lagi. Proses ini tidak bisa cepat, kamu harus sabar dan lakukan secara perlahan dan berulang. Maksudnya agar hasil bisa maksimal, mesin yang kusam bisa jadi mengkilap lagi.

“Untuk membersihkan bagian blok mesin yang ada kisi-kisi memang tidak mudah juga. Perlu proses dan alat khusus untuk menjangkau bagian terkecil itu,” papar Viray.

Baca juga  Cara Mudah Membersihkan Busi Motor dan Busi Mobil

Terakhir tinggal bilas dengan air, hingga bersih. Kalau dirasa belum bisa kinclong semua, ulangi lagi kegiatan tersebut esok hari dari awal.

Cara Merawat Blok Mesin Supaya Tetap Kinclong

Cara Membersihkan Blok Mesin Dengan Sitrun
Rajin mencuci motor bisa bikin kondisi mesin tetap bersih

Pun demikian, Viray juga membagikan tips supaya blok mesin kamu tetap dalam kondisi bersih. Setidaknya, agar kamu lebih percaya diri saat mengendarai kuda besi kamu.

“Biar lebih enak dilihat harusnya motor kelihatan bersih. Dipakainya juga jadi percaya diri,” tegas Viray.

Kotoran pada blok mesin, biasanya disebabkan oleh rembesan oli yang menempel pada bagian blok mesin. Ketika mesin telah panas oli yang menempel pada bagian mesin akan bercampur dengan partikel kotoran lalu mengering dan menjadi kerak yang sulit untuk dibersihkan.

Perlu alat dan obat khusus untuk membersihkan kerak tersebut. Salah satunya adalah dengan cara membersihkannya dengan menggunakan sitrun itu tadi.

Supaya tidak terjadi penumpukan kerak kotoran pada bagian blok mesin motor, ada baiknya jika ada rembesan oli segera cari sumber rembesannya.

Tutup segera celah yang rembes agar oli tidak lagi keluar. Setelah itu segeralah membersihkan bagian-bagian mesin yang terkena oli tadi dengan air bersih, supaya tidak ada penumpukan kotoran.

Sementara, ketika parkir motor usahakan parkir di tempat yang ada atapnya. Hal ini untuk menghindari motor terguyur hujan yang tentunya bisa menyebabkan karat.

Baca juga  Kenali Ciri-Ciri CDI Rusak dan Cara Mengatasinya!

Setelah kena hujan ataunterkena banjir, segeralah cuci motor dengan bersih lalu keringkan dengan benar. Jangan biarkan ada sisa air yang menempel di bagian motor, yang bisa saja jadi penyebab karat pada motor.

Ketika membersihkan bagian mesin, jangan menggunakan sikat kawat untuk menghilangkan noda kotor, kerak atau karat.

Sikat kawat bisa menyebabkan bagian mesin tergores, yang malah membuat mesin motor jadi kurang sedap dipandang karena ada banyak bekas guratan.

Gunakanlah sikat dengan bulu yang agak kaku untuk membersihkan noda tersebut dengan dicampur dengan obat khusus yang bisa merontokkan noda kotor, kerak atau karat tersebut.

Hindari juga menggunakan obat pembersih yang masuk bahan kimia keras atau berbahaya. Selain, akan malah menyebabkan kerusakan pada bagian luar mesin, hal itu juga tentunya berbahaya buat kesehatan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membersihkan seluruh bagian motor kamu di tempat detailing motor atau salon motor untuk hasil terbaik.

Tempat itu, tentunya memiliki tenaga yang terampil dan alat serta obat khusus yang bisa membuat motor kamu kembali kinclong.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru