Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Interior Toyota Agya Terbaru, Jok Belakang Nyaman?

by Tigor Sihombing
sensasi jadi penumpang Toyota Agya GR Sport

Kali ini saya akan memberberkan soal kenyamanan interior Toyota Agya terbaru. Hal tersebut terungkap ketika melakukan test drive yang diadakan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bali pada 4 – 6 April 2023.

Sejak sampai bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, saya langsung menjajal Toyota Agya terbaru yang disediakan TAM. Unit test drive-nya adalah GR Sport atau varian tertinggi. Model ini memiliki fitur paling komplit dibanding varian di bawahnya yaitu Agya G dan E.

Tujuan pertama rute perjalanannya adalah Museum Puri Lukisan di Ubud. Sengaja saya langsung mencoba jadi penumpang dengan duduk di baris kedua. Sebagai informasi, mobil yang saya uji coba ini diisi oleh 4 jurnalis, dengan bobot keselurahan 380 kg kurang lebih, sudah termasuk barang bawaan.

Kenyamanan Interior Toyota Agya Gen-2

interior toyota agya terbaru - jok belakang

Leg room Agya terbaru masih sangat luas di posisi penumpang belakang, bahkan untuk pemilik tinggi 172 cm

Masuk ke kabin Agya terbaru, pintu pun saya tutup. Kesan mobil murah LCGC hilang dari bantingan pintu yang terasa mantap dan lebih berat dibanding Agya Gen-1. Interiornya juga terasa lumayan kedap dari suara-suara berisik di luar.

Hanya saja bicara secara keseluruhan soal kenyamanan interior Toyota Agya 2023 ini, ternyata tidak terlalu istimewa apalagi kalau duduk di jok belakang. Joknya masih dibalut dengan material kain biasa. Lalu busa jok juga terasa agak keras. Posisi duduk di baris kedua Agya juga tegak. Menurut kami, desain kursinya kurang mengikuti lekuk tubuh penumpang.

Baca juga  Komparasi Kia Carens vs Toyota Innova Zenix Bensin 2023

Ditambah lagi untuk varian Agya GR Sport, suspensinya cukup kaku. Penggunaan ban sport juga membuat jalan keriting lebih terasa. Jadi sebagai penumpang, tentu ini mengurangi kenyamanan ketika duduk di belakang.

Sebagai informasi khususnya di jok belakang, ternyata tidak ada beda antara varian GR Sport dan G. Fitur-fitur kenyamanan untuk penumpang sangat sedikit. Toyota tidak menyediakan kisi-kisi AC untuk orang yang duduk di bangku baris kedua Agya terbaru (AC tetap terasa dingin di belakang). USB port untuk isi ulang baterai smartphone pun tidak tersedia. Material di pintu bagian dalam juga masih full plastik.

Lalu apa kelebihan interior Toyota Agya terbaru? Saya kagum akan keluasan kabinnya. Leg roomnya terasa lega, saya yang memiliki tinggi badan sekitar 172 cm, masih menyisahkan ruang sekitar 5-6 jari saat duduk di belakang sopir. Ini cukup luas, apalagi selama bereperan sebagai penumpang, saya duduk di belakang supir dengan posisi jok depan normal.

Kemudian kelebihan lain dari interior Agya Gen-2 adalah sudah memiliki tiga headrest untuk penumpang belakang. Jadi baik duduk di sisi pintu atau tengah, kepala bisa tertopang sempurna. Headrest tersebut juga bisa diatur ketinggiannya atau adjustable.

Baca juga  Harga Avanza FWD 2021, Masih Terjangkau!

Begitu pun bagasi, juga jadi salah satu kelebihan interior Toyota Agya terbaru. Menurut kami, kapasitas tampung barangnya cukup besar, bisa memuat barang bawaan untuk 4-orang dengan mudah. Hal tersebut dimungkinkan, lantaran panjang bagasinya meningkat dibanding model lama, jadi 610 mm.

Berkendara dengan Agya GR Sport Lebih Nyaman Sebagai Pengemudi

interior Toyota Agya terbaru

Interiro Agya GR Sport

Selanjutnya kenyamanan interior Toyota Agya terbaru, saya coba dari sisi pengemudi. Duduk di kabin kemudi rasanya jauh lebih nyaman. Hal ini lantaran joknya berbeda untuk varian GR Sport. Di bangku depan pakai material suede yang lembut. Badan juga tidak terasa panas ketika duduk berlama-lama, sekaligus melanjutkan perjalanan ke daerah Kuta, Bali.

Bicara rasa berkendara juga istimewa, apalagi Agya GR Sport punya banyak keunggulan soal tunning yang berbeda dibanding Agya G. Selain suspensi dan ban yang istimewa, setir juga diubah semakin presisi. Jadi ketika melaju cepat dan bermanuver bersama mobil ini rasanya mantap. Mobil begitu stabil saat saya mengajaknya selap-selip melewati jalanan di Pulau Dewata.

Baca juga  Cara Klaim Airbag Merek Takata yang Bermasalah di Mobil Honda dan Toyota!

Apalagi Toyota pun melakukan banyak ubahan di Agya terbaru. Sebut saja di bagian konsol tengah dan tuas transmisi jadi lebih tinggi, ini mampu menjaga ergonomi pengemudi jadi semakin baik ketika berkendara.

Terkait fitur, banyak keistimewaan ketika duduk di jok depan Toyota Agya Gen-2. Varian GR Sport punya panel instrumen TFT 7 inch mirip milik Toyota Raize dan Toyota Veloz. Lalu ada head unit 8 inch with mirrorlink & kamera parkir, hingga wireless charger.

Mobil yang harga OTR di Bali mencapai Rp 265 jutaan ini bukan cuma interior bagian depannya yang patut diacungi jempol. Eksteriornya juga terbaik. Paling mencolok adalah hadirnya GR Aerokit, GR Front Bumper Spoiler, dan penggunaan velg ukuran 15 inch dengan ban bawaan Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15.

Demikian ulasan saya terkait kenyamanan interior Toyota Agya terbaru, khususnya varian GR Sport saat jadi pengemudi dan penumpang. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika