by

5 Kelebihan Yamaha Freego yang Tidak Dipunya Vario 125

Kelebihan Yamaha Freego – Motor matik 125cc, memang jadi incaran konsumen Indonesia. Alasannya, kuda besi di kelas ini punya kompromi terbaik antara konsumsi bahan bakar dengan performa mesin.

Pilihan motor matik 125cc juga cukup beragam, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah Yamaha Freego. Skutik tersebut hadir pertama kali pada Indonesia Motorcycle Show (IMoS 2019) sebagai kompetitor langsung bagi Honda Vario 125.

Keduanya disebut sebagai rival, lantaran punya banyak kemiripan. Lihat saja desain dengan ciri khas bodi gemuk. Fitur modern juga dimiliki Freego dan Vario 125, sebut saja lampu depan LED, panel instrumen digital, dan penghemat konsumsi bahan bakar (ISS/SSS). Kemudian soal harga, sama-sama berkisar Rp20 jutaan.

Memang soal performa mesin, jadi kekurangan Yamaha Freego. Di atas kertas jantung mekanisnya kalah torsi dan tenaga dibanding Vario 125. Walau demikian, bukan berarti Freego tidak punya keunggulan.

Setidaknya ada 5 kelebihan Yamaha Freego yang tidak dipunya Honda Vario 125. Apa saja? Untuk tahu jawabannya, simak tulisan di bawah ini:

1. Power Charger

Power charger freego
Fitur power charger tersedia di seluruh varian Freego, namun belum dipunya Honda Vario 125

Kelebihan Yamaha Freego yang pertama, memiliki power charger. Fitur ini belum dipunya oleh Honda Vario 125. Padahal fungsinya cukup vital di masa sekarang, terlebih ojek online.

Power charger bisa bermanfaat untuk mengisi daya baterai smartphone saat berkendara. Hanya saja memang power charger di Freego perlu menggunakan konverter lebih dulu. Tidak seperti milik Suzuki Nex II yang bentuknya sudah USB Charger, jadi tinggal colok kabel.

Baca juga  Harga Suzuki Saluto Mahal, Mending Vespa LX 125?

Anehnya meski sudah menyediakan power charger, Yamaha tidak memberi kompartemen untuk meletakkan smartphone yang sedang diisi ulang. Jadi mau tidak mau, kamu harus membeli aksesori tambahan berupa bracket atau gurita smartphone.

Inilah salah satu kekurangan Freego, dashboard motor benar-benar tanpa ruang penyimpanan. Di sisi kiri berguna sebagai lubang tangki bensin. Sementara di sisi kanan jadi tempat kunci kontak.

Baca juga:

2. Bagasi Yamaha Freego Luas Seperti Nmax

bagasi freego
Bagasinya Freego luas, tapi untuk meletakkan helm harus dibalik

Yamaha Freego dan Honda Vario 125 memang punya bagasi bawah jok yang luas. Kelebihan Freego adalah kapasitasnya jauh lebih luas.

Pabrika garpu tala mengklaim Kapasitas bagasi Freego mencapai 25 liter, mirip dengan bagasi Nmax. Sementara Vario cuma punya kapasitas 18 liter.

Selain mampu menyimpan helm full face jenis tertentu, bagasi Freego juga masih muat berbagai peralatan berkendara lain. Sebut saja jas hujan, sarung tangan, lap microfiber, dan sebagainya.

Meski lebih luas, kekurangan bagasi Yamaha Freego ada di cara meletakkan helm. Kamu perlu membaliknya, alias punggung helm harus ada di bawah. Tentu ini berpotensi membuat helm lecet, lantaran bersinggungan dengan lantai bagasi.

Spesifikasi Dimensi Yamaha Freego

P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
Baca juga  Mau Beli Honda Scoopy Stylish? Kenali Spesifikasi Lengkapnya!

3. Ban Yamaha Freego Pakai Ukuran Lebar dengan Pelek 12 Inci

ban freego
Penggunaan ban lebar di Freego membuat berkendara lebih stabil saat kecepatan tinggi dan bermanuver

Kelebihan Yamaha Freego selanjutnya ada di penggunaan ban lebar. Ukuran depannya 100/90-12 inci dan belakang 110/90-12 inci.

Ban lebar tersebut memberikan kestabilan berkendara lebih baik saat bermanuver pada kecepatan tinggi. Selain itu, ban lebar dan tebal juga mampu menyajikan kenyamanan saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Kelebihan ban lebar dan pelek ukuran 12 inci pun menjadikan tampilan Yamaha Freego beda dari motor matik lain. Maklum penggunaannya saat ini masih sangat jarang di Indonesia. Cuma Honda Scoopy dan skuter Vespa yang mengaplikasikan kaki-kaki “donut” tersebut.

Walau demikian, ban lebar sebenarnya bukan tanpa kekurangan. Saat bermanuver di kemacetan, tentu rasanya tidak terlalu lincah. Untuk itu, buat yang pertama kali menunggangi Yamaha Freego perlu sedikit penyesuaian.

Spesifikasi Kaki-Kaki Yamaha Freego

Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

4. Fitur Keyless

Keyless freego
Fitur ini diklaim mampu mencegah maling

Selanjutnya kelebihan Yamaha Freego yang tidak dipunya Honda Vario 125 adalah keyless. Meski fitur ini tidak ada di seluruh varian. Setidaknya pabrikan garpu tala sudah selangkah lebih maju dari kompetitor.

Apalagi mengingat fungsi keyless sangat vital untuk pemilik motor. Selain menjadikan kesan canggih, keyless juga lebih aman dari maling. Hal ini disebabkan oleh fitur immobilizer yang terintegrasi di dalamnya. Dengan demikian, cuma pengguna remote asli saja yang bisa mengaktifkan motor.

Baca juga  Skutik Murah, Aprilia SXR 160 Berpotensi Masuk Indonesia!

Cara penggunaan keyless pun lebih praktis dari kunci konvensional. Kamu cukup masukkan remote ke saku, lalu tekan dan putar kenop yang ada di dashboard motor. Terakbir tekan tombol starter, maka mesin motor otomatis aktif.

Sistem keyless di Yamaha Freego dilengkapi pula answer back system. Fitur ini memudahkan pengendaraa saat ingin mencari motor di lokasi parkir. Caranya cukup tekan tombil yang ada di remote, maka Freego bakal mengeluarkan suara dan menyalakan lampu untuk memberitahu keberadaannya.

5. Opsi Anti-lock Braking System

abs jadi kelebihan yamaha freego
Kelebihan Freego sudah memiliki opsi ABS. Inilah pioner keselamatan di kelas motor matik 125cc

Kelebihan Freego yang terakhir sudah membekali diri dengan Anti-lock Braking System (ABS). Setidaknya Yamaha berani menjadi pelopor penggunaan ABS di kelas matik 125cc. Pasalnya sejauh ini belum ada yang memulai.

Guna ABS untuk meminimalkan potensi kecelakaan. Cara kerja ABS dengan mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu diharapkan pengendara bisa mengendalikan laju motor dan menghindar dari potensi kecelakaan.

ABS Freego cuma tersedia di roda depan saja. Kemudian fitur keselamatan yang juga hadir adalah rem cakram di roda depan dan tromol di roda belakang.

Itulah tadi kelebihan Yamaha Freego yang tidak dipunya Honda Vario 125. Motor matik ini dijual dengan harga mulai Rp19.275 juta (OTR Jakarta) untuk varian Standard. Lalu Freego S Version dijual Rp20,815 juta (OTR Jakarta) dan S Version ABS Rp23,19 juta (OTR Jakarta). Tertarik punya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru