Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mitsubishi D:X Concept, MPV Elektrifikasi Jago Off-road!

by Baghendra Lodra
mitsubishi dx concept

Japan Mobility Show 2023 menjadi ajang bagi Mitsubishi Motors Corporation unjuk teknologi melalui mobil konsep terbarunya yaitu D:X Concept, Rabu (25/10/2023). Mobil bergaya MPV tersebut, menjadi perwujudan keseriusan Mitsubishi fokus kepada kendaraan penumpang dengan kemampuan off-road yang mudah dikemudikan oleh orang awam.

Kami sempat melihat langsung wujud Mitsubishi D:X Concept saat konferensi pers yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Tampilannya sekilas memiliki rancang bangun yang serupa dengan Mitsubishi Delica. Ini terlihat dari karakter garis jendela depan samping yang memanjang hingga pilar D, namun dengan dimensi yang lebih besar dan lebih jangkung.

Perlu dicatat, Mitsubishi Delica generasi ke-5 sudah diproduksi massal dan sempat dipasarkan di Indonesia sejak 2014. Hanya saja penjualannya dihentikan pada tahun 2018 dan tidak berlanjut hingga sekarang.

Struktur bodi dan sasisnya mengusung tema Monobox, sehingga dapat memberikan ruang kabin yang luas untuk penumpang. Posisi mengemudi yang commanding, dibantu dengan dek bawah bagian depan tembus pandang, membantu pengemudi menjadi lebih yakin dalam berkendara karena dapat melihat semua rintangan dengan jelas.

Baca juga  7 Tips Beli Toyota Alphard Gen 1, Panduan Lengkap!

Posisi lampu utama berbentuk ‘T’ disematkan teknologi lampu laser proyeksi memberikan penerangan maksimal agar pengemudi dapat menilai dengan akurat kondisi jalan di depan meskipun di jalanan sempit. Mitsubishi D:X Concept juga memiliki ground clearance tinggi serta bagian moncong dan overhang pendek. Berfungsi untuk memudahkan saat harus melewati rute ekstrim yang terjal dan curam, seperti jalur off-road.

Fitur suara interaktif AI Concierge memberikan informasi tentang rute ke tujuan, kondisi cuaca, dan informasi lainnya untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan bebas stres. Tak hanya itu, sebuah sound system generasi terbaru dikembangkan atas kerjasama dengan Yamaha Corporation. Mampu menghasilkan suara tiga dimensi yang bertenaga, dengan peletakan speaker di sandaran kepala dan posisi strategis lainnya. Hal ini memberi efek pengalaman musik yang berkualitas dan imsersif.

Kapan Mitsubishi D:X Concept Diproduksi Massal?

mitsubishi dx concept interior

D:X Concept merupakan MPV jelmaan Delica di masa depan

Bagaimana dengan mesin yang digunakan? Satu yang jelas, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation, Hiroshi Nagaoka menjelaskan bahwa Mitsubishi D:X Concept adalah mobil elektrifikasi.  

Baca juga  Uji Emisi Mobil Mitsubishi Gratis, Dukung Penurunan Polusi di Jakarta

“D:X Concept adalah model studi dari masa depan Delica, dengan asumsinya akan menggunakan mesin PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) hasil kombinasi antara Outlander PHEV dengan mesin baru. Nantinya akan dibekali tiga motor listrik. Dua di bagian belakang, didaulat untuk mengatur dan mempertahankan traksi roda, dan satu di bagian tengah roda depan sebagai tenaga tambahan untuk meningkatkan performa. Rencananya, MPV masa depan ini dapat berputar 360 derajat di tempat,” jelas Hiroshi Nagaoka saat sesi wawancara di Japan Mobility Show 2023.

Dengan desain dan spesifikasi istimewa seperti itu, apakah Mitsubishi D:X Concept akan diproduksi massal? Kemungikan besar iya, tapi memang tidak dalam waktu dekat.

“Sebenarnya ini bukan model produksi yang sesungguhnya, seperti Mitsubishi Xpander atau XForce sebelumnya. Tidak akan dilaunching ke depannya persis seperti ini. Namun, ada beberapa bagian yang akan dipertahankan,” ujar Hiroshi Nagaoka. 

Kabarnya pengembangan dan studi model ini akan rampung sebelum tahun 2030. Bukan tidak mungkin, setelahnya mobil ini dijual di Indonesia. Pasalnya Mitsubishi menjanjikan D:X Concept akan menjadi model global yang dibawa ke seluruh dunia, termasuk pasar ASEAN.

Baca juga  Hyundai Resmi Kenalkan Stargazer, Berapa Harganya?

Itulah tadi bahasan soal Mitsubishi D:X Concept yang hadir di Japan Mobility Show 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika