Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mitsubishi Triton Juara Tiga AXCR 2023, Ini Alasan Kalah dari Fortuner!

by Baghendra Lodra
mitsubishi triton juara tiga axcr 2023 - ralliart

Tim Mitsubishi Ralliart dengan All New Triton berhasil meraih juara tiga di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Catatan ini tidak sebaik tahun lalu yang sukses menjadikan pabrikan tiga berlian sebagai juara pertama.

“Sayangnya kami tidak bisa memenangkan kejuaraan dua tahun berturut-turut, tapi kami sukses membuat ketiga Triton ikut berlomba sampai finis tanpa kehilangan salah satunya,” kata Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka.

Dari tiga Triton Gen-6 yang diturunkan ke AXCR 2023, juara ketiga diraih oleh mobil dengan pegendara Chayapon Yotha (Thailand). Kemudian Katsuhiko Taguchi (Jepang) berada di posisi delapan dan Rifat Sungkar (Indonesia) peringkat 32.

Hiroshi Masuoka menambahkan, salah satu alasan Mitsubishi Triton terbaru tidak bisa meraih juara satu adalah persiapan yang mepet. Wajar, peluncuran All New Triton berlangsung pada akhir Juli 2023. Sementara AXCR tahun ini terlaksana pada 13-19 Agustus 2023.

“Walaupun kami membangun mobil reli dalam waktu singkat karena ini merupakan model terbaru yang baru saja meluncur, tapi kami berhasil mendemonstrasikan performanya dalam berbagai aspek dan sukses meraih peringkat tiga… Ini meyakinkan kami bahwa arah dari produksi mobil sudah sesuai,” kata Hiroshi Masuoka.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Mitsubishi Xpander Facelift Semakin Mahal!

Sebagai informasi, Triton terbaru sangatlah jauh berbeda dibanding model lamanya. Ubahan menyeluruh hadir mulai dari dimensi lebih bongsor, hingga penggunaan mesin berkode 4N16 MIVEC Turbo diesel dengan kapasitas 2.442 cc. Di atas kertas untuk versi produksi massal, bisa mengeluarkan torsi puncak 470 Nm dan tenaga 204 PS.

Rifat Sungkar Peringkat 32

mitsubishi triton juara tiga axcr 2023

Rifat Sungkar sukses finis AXCR 2023 bersama Triton Gen-6

Sukses finis di AXCR 2023, namun Rifat Sungkar mengalami hasil yang kurang memuaskan pada tahun ini. Pembalap asal Indonesia itu harus puas berada di peringkat 32, sementara pada tahun lalu mampu berada di posisi kelima.

“Tahun lalu kami adalah juaranya. Kami tahu sebagai pemenang, akan ada resiko yang dihadapi. Reli penuh kejutan,” beber Rifat Sungkar.

Dia juga menjelaskan kalau pada awal balapan Triton bisa berada di posisi depan. Hanya saja, justru itulah yang membuat mobil Mitsubishi terkedala sepanjang balapan.

“Jadi nomer satu di depan, mobil kami yang ngebabat rumput. Di hari pertama karena kita yang buka jalan, ranting pohon dan daun-daun tersangkut di depan. Itu yang membuat mobil kami tidak maksimal,” jelas pembalap sekaligus Brand Ambassador Mitsubsihi Indonesia tersebut.

Baca juga  Bocoran 4 Fitur Baru di Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Meski begitu, Rifat Sungkar merasa bisa bersyukur bisa finis hingga AXCR 2023 usai. Pasalnya banyak juga mobil-mobil lain yang tidak bisa menyelesaikan balapan hingga akhir. Hal ini dikarenakan, banyak sekali rintangan di reli tersebut.

Buat yang belum tahu, AXCR merupakan reli tingkat Asia yang melewati tiga negara: Thailand, Kamboja, dan Laos. Jarak tempuhnya hingga lebih dari 2.000 Km. Medannya juga sangat sulit, oleh karenanya sering disebut sebagai Reli Dakar versi Asia.

Klasemen Akhir AXCR 2023

mitsubishi triton gen-6 axcr 2023

Triton Gen-6 atau All New Triton dipakai untuk balapan AXCR 2023

Dengan Mitsubishi Triton juara tiga AXCR 2023, siapa yang berada di peringkat pertama? Ternyata posisi satu diperoleh Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang menggunakan Fortuner diesel dengan pembalap Takuma Aoki (Jepang). Kemudian peringkat kedua juga diperoleh TGRI dengan pembalap Tubagus Moerinsyahdi (Indonesia).

“Datang sebagai pembalap lokal pertama TGRI pada ajang AXCR tentu menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk terus pushing the limits menghadirkan hasil yang terbaik bagi tim. Bersyukur chemistry antar driver, engineer, dan seluruh tim menumbuhkan support system yang kuat dan mampu mengantarkan TGRI meraih juara satu dan dua di kelas Mobil secara overall. Kemenangan ini tentu kita persembahkan untuk Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-78,” jelas pembalap TGRI, Tubagus Moersinsyahdi atau lebih dikenal sebagai TB Adhi.

  1. Takuma Aoki (Toyota Fortuner) 11:46:22
  2. Tubagus Moerinsyahdi (Toyota Fortuner) 11:50:50
  3. Chayapon Yotha (Mitsubishi Triton) 12:00:40
  4. Raz Yehoshua Heymann (Segal Segal) 13:10:40
  5. Pittiphon Promchotikul (Toyota Hilux REVO) 13:30:59
Baca juga  Promo Mitsubishi Juni 2022, Beli Triton Gratis Ban MT

Itulah tadi bahasan soal Mitsubsihi Triton juara tiga AXCR 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika