5 Mobil Baru Meluncur Virtual di Indonesia, Efek Virus Korona!

Mobil Baru Meluncur Virtual – Wabah virus Corona atau Covid-19 terus menyebar di Indonesia. Masyarakat yang terinfeksi pun mengalami peningkatan setiap harinya. Penyebaran virus Corona mempengaruhi sejumlah agenda event otomotif yang dijadwalkan bakal berlangsung sejak pekan lalu hingga April 2020 mendatang. Alhasil sejumlah event pun harus ditunda, serta mobil baru yang dijadwalkan meluncur momennya harus digelar secara virtual.

Berdasarkan pantauan tim Moladin, setidaknya ada lima mobil baru yang akhirnya diputuskan untuk menggelar peluncuran secara virtual atau via channel Youtube. Hal ini bertujuan untuk mengurangi interaksi dengan masyarakat luas, agar virus Corona dapat tertahan.

Berikut Daftar Mobil Baru yang Meluncur Secara Virtual:

1. BMW Seri 6 Gran Turismo M Sport

BMW seri 6 Gran Turismo Sport
Prosesi peluncuran BMW seri 6 Gran Turismo Sport digelar via streaming di akun Youtube BMW

Sedan sport mewah ini menjadi mobil pertama yang menggelar peluncuran mobil baru secara virtual. BMW Group Indonesia merilis produk teranyarnya itu melalui siaran live streaming pada akun Youtube resminya.

Peluncuran mobil terbaru BMW itu ditayangkan sekitar pukul 19.00 WIB pada Kamis (12/3/2020). Mekanisme peluncuran mobil baru online seperti ini belum begitu diketahui masyarakat dan BMW termasuk golongan yang pertama melakukannya.

“Tujuan dari virtual launch ini untuk memberi segala akses informasi kepada seluruh pelanggan, fans kami, dan juga followers BMW,” ujar Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia, Jodie O’tania.

BMW Seri 6 Gran Turismo M Sport menyasar konsumen yang menginginkan kendaraan dengan desain emosional, namun tetap memenuhi kebutuhan fungsionalitas. Generasi sebelumnya diluncurkan BMW Indonesia pada 2018.

“Tapi mobil ini tetap bisa memenuhi kebutuhan fungsionalitas seperti kabin lapang dan berkendara jarak jauh,” papar Jodie.

BMW Seri 6 Gran Turismo M Sport memiliki tampilan bodi seperti sedan, bedanya mobil ini memiliki lekukan bodi belakang mengadopsi bahasa desain coupe dengan aura sport. Untuk menunjang tampilannya, mobil ini dilengkapi dengna pelek berukuran 20 inci.

Menariknya rear spoiler dapat aktif secara otomatis ketika kecepatan mobil 120 Kpj untuk membantu aerodinamis. Namun, pengemudi bisa mengaktifkan fitur ini secara manual melalui tombol.

Untuk jantung pacunya, BMW Seri 6 Gran Turismo M Sport dilengkapi mesin berkapasitas 2.000 cc 4-silinder menghasilkan 258 hp dan torsi 400 Nm hingga mampu membuat mobil ini melesat dari 0-100 km per jam dengan waktu 6,3 detik.

2. Toyota Agya facelift 2020

Perkiraan harga Toyota Agya facelift model 2020
Toyota Agya dijadwalkan meluncur pada tanggal 19 Maret 2020, namun momen peluncuran akhirnya dilakukan secara virtual

Mobil kedua yang bakal menggelar peluncuran mobil baru secara virtual adalah Toyota Agya model 2020. Mobil yang seharusnya meluncur pada tanggal 19 Maret 2020 itu, akhirnya harus meluncur via virtual melalui siaran live streaming melalui akun Youtube Toyota Indonesia.

Peluncuran mobil terbaru Toyota itu akan berlangsung sejak pukul 10.00 WIB pada Kamis (19/3/2020). Momentum peluncuran mobil murah ramah lingkungan andalan Toyota Astra Motor (TAM) tersebut pertama kali diluncurkan secara virtual.

Pun begitu, yang lebih menarik Toyota Agya facelift model 2020 mengusung ubahan yang cukup menarik perhatian. Terlebih pada sisi eksterior dan juga penyematan fitur baru yang membuatnya semakin menarik.

Menurut informasi yang diterima Moladin, Toyota Agya 2020 memiliki desain eksterior yang lebih segar. Perubahan meliputi gril dan bumper baru yang membuat tampilannya jadi lebih sporty. Lampu belakang juga menggunakan material mika untuk menunjang tampilannya.

Fitur yang cukup menarik adalah hadirnya start/stop engine button yang kini sudah tersedia di Toyota Agya facelift. Kembaran Daihatsu Ayla ini juga dilengkapi dengan head unit baru, pengaturan AC digital, dan sudah disematkan retractable mirror atau spion otomatis.

3. Daihatsu Ayla facelift 2020

Daihatsu Ayla facelift 2020
Daihatsu Ayla facelift 2020 akan meluncur via akun Youtube Daihatsu Sahabatku

Menyusul saudara kembarnya, Daihatsu Ayla facelift model 2020 juga bakal diluncurkan secara virtual. Mobil yang seyogyanya meluncur pada tanggal 19 Maret 2020 di Bekasi, Jawa Barat itu akhirnya diputuskan harus meluncur melalui siaran live streaming via akun Youtube Daihatsu Sahabatku.

Prosesi unveiling bagi Daihatsu Ayla 2020 berlangsung pukul 11.00 WIB pada Kamis (19/3/2020).

Daihatsu Ayla terbaru tampil dengan desain yang lebih segar. Serupa dengan Toyota Agya, mobil ini mendapatkan sentuhan baru mulai dari gril dan fog lamp dengan desain baru. Sekilas mengingatkan kepada sosok konsep Daihatsu Ayla Turbo.

Pada bagian belakang pun serupa dengan Toyota Agya, lampu belakang menggunakan bahan mika untuk menunjang tampilannya semakin sporty.

4. Daihatsu Sirion facelift 2020

Mobil baru Daihatsu ini harus meluncur secara virtual
Menyusul Daihatsu Ayla, Sirion model 2020 juga bakal dirilis bersamaan

Tidak hanya meluncurkan Daihatsu Ayla facelift, bersamaan dengan itu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga turut meluncurkan model terbaru dari city car hatchback andalannya Daihatsu Sirion.

Momentum peluncuran pun dipastikan bersamaan dengan Daihatsu Ayla 2020. Jadi buat Anda yang ingin melihat Daihatsu Sirion baru, bisa menonton secara langsung melalui akun Youtube Daihatsu Sahabatku.

Sedikit mengulas produk, Daihatsu Sirion tercatat mendapatkan sejumlah penyegaran. Berdasarkan informasi yang diterima Moladin, pada bagian eksterior Daihatsu Sirion terbaru bakal tampil lebih menarik, dan juga sporty.

Kemungkinan mobil ini hanya mendapat tambahan aksesori atau beberapa sentuhan di panel eksterior.

5. MG ZS

MG ZS seyogyanya meluncur pada 19 Maret 2020, hingga akhirnya diputuskan melalui virtual

Pada tanggal 19 Maret 2020 ini, sejatinya bakal berlangsung 4 momen peluncuran produk baru di Indonesia, mulai dari Toyota Agya facelift 2020, Daihatsu Ayla facelift 2020, Daihatsu Sirion facelift, dan MG ZS. Produk baru asal Inggris yang telah diakuisisi oleh pabrikan asal Tiongkok, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Dalam keterangan resmi yang diterima Moladin, MG meminta maaf sebesar-besarnya karena peluncuran langsung produk sport utility vehicle (SUV) kompak MG ZS, yang dijadwalkan rilis pada Kamis (19/3/2020) terpaksa dibatalkan. Sebagai gantinya, mobil ini bakal meluncur secara virtual.

MG Motor Indonesia akan menyiarkan peluncuran secara virtual melalui akun resmi media sosial miliknya, yakni Instagram (@mgmotor.id), Facebook (MG Motor Indonesia), dan Youtube (MG Motor Indonesia).

Sebagai informasi tambahan, MG ZS merupakan produk pertama MG yang dipasarkan di Indonesia. Pihak produsen menjanjikan layanan garansi lima tahun tanpa batas capaian kilometer di Tanah Air.

Di negeri asalnya, MG ZS ditawarkan dalam tiga varian, yaitu Explore seharga 12.495 poundsterling atau setara Rp230,9 juta, Excite 14.045 poundsterling atau Rp259,5 juta, dan Exclusive dibanderol 15.795 poundsterling atau sekitar Rp291,8 juta.

Model ini tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.5 DOHC VTI-tech bertransmisi manual 5 percepatan dan mesin 1.0T GDI turbocharged bertransmisi otomatis 6 percepatan.

Kuat dugaan sementara, MG ZS yang dijual di pasar domestik menggunakan mesin 1.5 liter. Penasaran ingin tahu seperti apa MG ZS yang bakal masuk di Indonesia? Kita tunggu bersama momentum peluncurannya.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *