Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Mobil Jadul di Bawah Rp 70 Juta Yang Nyaman untuk Harian

by Firdaus Ali
Mobil jadul

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang masih nyaman dipakai harian. Oleh karenanya, kami rekomendasikan mobil tua dengan sparepart yang masih mudah ditemukan. Dengan demikian, bila ada kerusakan mudah diperbaiki.

Definisi mobil jadul yang kami maksud adalah usianya sudah di atas 20 tahun. Walau lawas, tapi ternyata hingga sekarang masih banyak yang menjadikannya sebagai pilihan untuk alat transportasi. Penyebabnya adalah harga yang sudah sangat terjangkau. Di samping itu, mobil era 80 dan 90-an ini bisa juga memberi kenangan tersendiri terhadap pemiliknya.

Hanya saja ketika membeli mobil tua, janganlah cuma fokus ke harga. Di samping murah, kamu juga perlu memikirkan, sparepart, pajak, hingga tampilannya.

Pasalnya kalau dapat yang harganya murah tapi onderdilnya banyak rusak, tentu biaya perbaikan mobil tua tidak akan sedikit. Bila kerusakan mini, tapi sparepart susah didapat juga bisa jadi maslaah tersendiri. Begitu juga ketika mobil yang kamu beli, pajaknya mati, ini berefek ke pengurusan pajak yang juga pastinya makan bujet. Apalagi ketika mobil jadul tersebut diperuntukkan buat harian.

Jadi saat beli mobil dengan usia 20 tahun ke atas, pastilah harus benar-benar dipikirkan semuanya. Jangan asal.

Sebelum mengulas lebih jauh beberapa pilihan mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tips membeli mobil jadul. Tujuannya jelas, supaya Kamu tidak kecewa saat memilikinya.

Tips Membeli Mobil Jadul

Mobil jadul

Cek bagian-bagian penting sebelum beli mobil bekas jadul

Namanya juga mobil bekas yang telah berusia lebih dari 20 tahun, tentu akan ada perbaikan saat memilikinya. Oleh karena itu, agar biaya perbaikan tidak bikin kantong bolong maka sebelum membeli ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Ada komponen yang perlu perhatian khusus karena faktor umur dan usia pakai.

Beberapa part masih bisa digunakan jika kondisinya masih baik, namun ada juga yang perlu diganti dengan part baru atau bekas dengan kondisi yang masih layak pakai. Nah, biar tidak boncos, berikut tipsnya:

Cek Bagian Seal Mesin

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum membeli mobil bekas jadul adalah mengecek kodisi mesin, mulai dari seal dan packingnya. Pastikan kondisinya tidak ada rembes atau kebocoran. Penyebab kebocoran atau rembes pada bagian mesin karena seal sudah pecah atau retak karena usia pakai.

Kemudian pastikan juga volume oli dan kualitasnya. Jika volumenya tidak sesuai dan warna oli juga berubah, bisa diindikasikan pemilik mobil bekas sebelumnya kurang telaten merawat mobilnya. Hal ini harus diwaspadai karena memungkinkan kondisi mesin perlu banyak perbaikan.

Cek Bagian Kelistrikan

Selain bagian mesin, hal yang perlu dicek adalah bagian kelistrikan. Sebab jika jalur atau sistem kelistrikan bermasalah efeknya bisa berbahaya yaitu terjadi konsleting. Untuk mengetahui kelistrikan bisa lihat apakah di ruang mesin banyak kabel tambahan dan tidak rapi atau tidak. Jika banyak kabel tambahan dan penataanya tidak pada tempatnya (berantakan) maka bisa diindikasikan kelistrikan mobil tersebut bermasalah.

Kemudian, cek juga komponen kelistrikan. Seperti lampu-lampu, AC, power window, sistem audio, dan bagian lain. Kemudian tes mobil dengan kondisi semua komponen listrik menyala (AC, audio, lampu-lampu dan komponen lain). Jika ada perubahan terang lampu yang signifikan, maka terindikasi kelistrikan mobil bekas itu bermasalah.

Cek Bagian Interior

Bagian interior juga harus dicek, seperti dashboard, jok, plafon dan sudut-sudut mobil serta lantai mobil. Pastkan semuanya dalam keadaan normal, tidak ada yang retak, pecah atau keropos. Untuk bagian plafon, pastikan kondisinya masih kencang alias tidak turun. Oh ya, tes juga dengan cara mobil diguyur dengan air menggunakan selang untuk mengetahui apakah atap mobil mengalami kebocoran atau tidak.

Cek Bagian Kaki-kaki

Bagian kaki-kaki juga hal yang tak boleh luput dari pengecekan. Pastikan semua bagian tidak ada kebocoran oli dan kondisinya masih normal. Untuk mengujinaya bisa dilakukan dengan tes drive dengan meleati jalan halus, speed trap dan jalan yang tidak rata. Jika terlalu empuk atau keras saat melewati jalan tidak rata atau polisi tidur serta muncul bunyi-bunyi yang asing maka dipastikan ada yang bermasalah disalah satu komponen kaki-kaki.

Cek Body & Keabsahan Surat-surat

Bagian body tentu hal yang mudah untuk dicek, pastikan tidak ada retak dan bocor. Kemudian cek juga kondisi cat mobil, pastikan tidak ada yang belang warnanya. Tak lupa cek juga keabsahan dokumen atau surat-suratnya seperti BPKB dan STNK.

Nah, setelah mengetahui tips sebelum beli mobil bekas, kita kembali ke ulasan mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian. Berikut ulasannya:

1. Toyota Starlet Kotak & Kapsul (Rp 35 Juta – Rp 50 Juta)

Mobil jadul

Toyota Starlet kotak & kapsul

Mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian yang pertama adalah Toyota Starlet Kotak dan Kapsul. Yup, kedua mobil ini memang sampai saat ini masih banyak digandrungi oleh anak muda. Selain desain yang klasik, durability mesin dan sparepart yang murah menjadi alasan kedua mobil ini banyak disukai. Soal harga, Starlet kotak dibanderol kisaran Rp 35 juta hingga Rp 40 juta. Sementara untuk Starlet kapsul harga bekasnya diangka Rp 42 juta hingga Rp 50 juta.

Toyota Starlet kota diproduksi mulai 1987 dan berhenti produksi pada 1990. Dijuluki Starlet kotak karena desainnya didominasi dengan bentuk kotak. Untuk jantung mekanisnya, Starlet XL dipersenjatai mesin berkubikasi 1.000 cc 4 silinder. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 54 dk dengan torsi maksimum 75 Nm pada torsi 3.800 rpm.

Fitur elektrik sangat minim di mobil ini. Sebut saja belum power steering. Kemudian mulai dari masih menggunakan engkol untuk membuka kaca jendela. Untuk pengapian pun mengandalkan platina.

Kemudian untuk Starlet kapsul adalah penerus dari Starlet kotak yang diproduksi mulai tahun 1990 hingga 1997. Starlet menawarkan dua pilihan mesin, 1000 cc dan 1.300 cc dengan kode EP80 dan EP81. Performanya tidak beda dengan kepunyaan Strarlet kotak. Lalu pada tahun 1996, Toyota Starlet kembali meluncurkan varian anyarnya, yaitu Starlet SEG dengan mengusung kapasitas mesin 1.500 cc, sudah power window dan sudah power steering.

2. Honda Civic Ferio

Mobil jadul

Honda Civic Ferio

Mobil jadul di bawah Rp 70 juta berikutnya adalah Honda Civic Ferio yang harga bekasnya dibanderol direntang harga Rp 55 juta hingga Rp 70 jutaan. Honda Civic Ferio juga merupakan model Civic pertama yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic (VTEC).

Mobil sedan ini menggunakan mesin D16Y5 1.6L 4-silinder segaris 16 katup SOHC dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic) yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Hasilnya, di atas kertas Civic Ferio mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 125 daya kuda pada 6.400 rpm serta torsi puncak di angka 148 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Berbicara fitur, mobil ini memang masih minim, ABS dan Airbag belum diaplikasikan pada Civic Ferio. Meski begitu, untuk memaksimalkan sistem pengereman, mobil ini sudah menyematkan cakram pada keempat rodanya.

3. Toyota Kijang Grand Extra

Mobil jadul

Toyota Kijang Grand Extra 1.8

Selanjutnya, mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian ada Toyota Kijang Grand Extra lansiran 1992 hingga 1997. Untuk harga bekas dari mobil MPV ini yaitu Rp 48 juta hingga Rp 70 juta. Kijang Grand Extra menggunakan dua pilihan mesin, yaitu 5K 1.500 cc dan 7K 1.800 cc.

Kijang Grand Extra hadir dengan teknologi Toyota Original Body yang menjadikannya sebagai minibus pertama dengan kualitas bodi bebas dempul setara sedan. Bagian eksterior juga semakin modern dan dinamis, ditunjang dengan perubahan interior seperti desain dashboard baru dan hadirnya AC double blower. Selain itu, terdapat pula penyempurnaan pada karburator.

4. Mitsubishi Kuda

Mobil jadul

Mitsubishi Kuda

Selanjutnya, ada Mitsubishi Kuda untuk pilihan mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai untuk harian.  Saat ini mobil bekas Mitsubishi Kuda dibanderol mulai Rp 45 juta hingga Rp 68 juta. 

Mitsubishi Kuda menyuguhkan 3 pilihan mesin selama beredar di Indonesia, yaitu 1.6L bensin dengan pasokan karburator (4G18 S3), mesin diesel 2.5L (4D56) mesin bensin 2.0L  injeksi (MPI) (mesin 4G63 S4). Mobil MPV ini dipasarkan oleh MMKSI untuk bersaing dengan Toyota Kijang dan Isuzu Panther.

Soal fitur, Mitsubishi Kuda memang masih sederhana. Hanya dilengkapi dengan power steering, power window, dan AC double blower.

5. Daihatsu Charade Classy

Mobil jadul

Daihatsu Charade Classy

Mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian berikutnya adalah Daihatsu Charade Classy lansiran 1990 sampai 1997 dengan kode G102. Classy dikembangkan dengan basis Charade Hatchback, sehingga kedua Mobil tersebut mempunyai desain yang tidak jauh berbeda. Pada bagian depan terdapat headlamp dengan penggunaan kaca buram yang membentuk trapezium dengan ujungnya sedikit agak membulat.

Pada bagian kabin memang terlihat biasa saja, akan tetapi bila melihat pada table harga maka akan berbalik dengan fitur yang ditawarkan. Charade cukup unggul di kelasnya. Fitur-fitur elektrik yang tersaji di dalamnya antara lain power window, electric mirror, power steering serta power steering.

Daihatsu Charade Classy menggunakan mesin berkode HC-C karburator dengan kapasitas 1300cc. mesin tersebut sama dengan yang digunakan Daihatsu winner dan zebra. Dengan menggunakan mesin tersebut  dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 89 Hp/ 6.500 Rpm dan torsi puncak yang dihasilkan mencapai 105 Nm/ 4.000 rpm.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa mobil jadul di bawah Rp 70 juta yang nyaman dipakai harian dan tips saat membelinya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika