Thursday, October 6, 2022

4 Mobil Listrik Termahal di PEVS 2022, Mustang hingga Genesis!

by Firdaus Ali
Mobil listrik termahal di PEVS 2022

Ada beberapa mobil listrik termahal di PEVS 2022. Tentunya mobil listrik tersebut dari brand premium dengan teknologi modern, antara lain Genesis G80, Tesla Model X, Tesla Model 3, hingga Mustang Mach-E.

Buat yang belum tahu PEVS, kepanjangannya adalah Periklindo Electronic Vehicle Show. Pameran ini untuk pertama kalinya hadir di Indonesia. Ajang pameran kendaraan listrik tersebut diikuti berbagai pabrikan otomotif, importir umum (IU), dan perusahaan after market yang menunjang kendaraan berbasis baterai.

Seperti diketahui, saat ini perkembangan mobil listrik di Indonesia sudah mulai tumbuh. Beberapa pabrikan otomotif seperti Hyundai, Wuling dan DFSK sudah mulai gencar memasarkan produk mobil listrik andalannya. Sejumlah importir umum (IU) dan komunitas modifikasi juga mendatangkan sejumlah mobil listrik dengan kelas premium. Sebagai contoh adalah Prestige Motor dengan produk mobil listrik Tesla dan Indonesia Auto Modified (IAM) dengan Mustang Mach-E.

Dalam sambutannya, Moeldoko selaku Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mengungkapkan bahwa kita tidak hanya penonton tapi pemain utama dalam perkembangan kendaraan listrik dunia. Tak hanya itu, dalam Opening Ceremony PEVS kemarin, Moeldoko juga meninjau sejumlah booth pameran yang menghadirkan kendaraan listrik.

“Apa yang terjadi hari ini, menjadi pemicu bagi teman-teman kita yang ingin berubah. Pameran ini jadi pemacu bagi industri teman-teman kita semuanya. Lewat PEVS ini semua industri listrik bisa memamerkan produk-produknya” ucap Moeldoko (22/7/2022).

Sebagai informasi, event Periklindo Electric Vehicle Show 2022 akan digelar mulai 22 sampai 31 Juli 2022. Adapun harga tiket masuknya Rp 30 ribu untuk weekdays, Rp 50 ribu untuk weekend dan Rp 100 ribu untuk tiket VIP saat hari pertama event PEVS berlangsung.

Nah, balik lagi ke bahasan mobil listrik termahal di PEVS 2022. Di pameran tersebut setidaknya ada empat produk yang banderolnya di atas Rp 1 miliar. Apa saja?

Baca juga  5 Mobil Listrik di IIMS 2022, Innova EV Hinga Chery EQ1

1. Tesla Model 3 (Rp 1,5 Miliar – Rp 3 Miliar)

Mobil listrik termahal di PEVS 2022

Tesla Model 3

Mobil listrik termahal di PEVS 2022 yang pertama adalah Tesla model 3. Mobil listrik ini diciptakan oleh Elon Musk untuk segmen pasar kelas menengah.

Soal fitur keselamatan, Tesla Model 3 sudah ada fitur Electronic Stability & Traction Control, Four-wheel Antilock Disc Brakes dengan Electronic Parking Brake, serta terdapat 8 kamera, radar depan, serta 12 ultrasonic sensor yang menunjang Active Safety Technology milik tesla, dimana beberapa fitur di antaranya adalah Collision Avoidance dan Automatic Emergency Braking.

Selain itu, terdapat pula fitur Enhaned Autopilot. Dimana fitur ini menggabungkan beberapa fitur seperti Autosteer, Lane Change, Side Collision Warning, Automatic Parking, dan Emergency Braking.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Tesla Model 3 juga sudah mengusung fitur Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, layar sentuh futuristik 15 Inci, sistem audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV dan infrared.

Soal performa mesin, Tesla Model 3 diklaim mampu meraih tenaga maksimum hingga 472 hp dengan torsi puncaknya 350 Newton Meter serta top speed 210 km perjam. Sementara untuk akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 3,1 detik.

Tesla Model 3 mengusung baterai sebesar 50 kWh dengan jarak tempuh maksimal diklaim mencapai 350 km. Soal dimensi, Tesla Model 3 mempunyai panjang 4.800 mm, lebar 2.236 mm dan tinggi 1.420 mm serta bobot 1.611 kilogram.

Soal harga, mobil listrik ini tersedia dalam 3 varian dan tentunya juga harga yang berbeda. Untuk Tesla Model 3 varian Standar Range di harga Rp 1,5 miliar.

Baca juga  3 Kekurangan Nissan Leaf Dibanding Kompetitor

Kemudian untuk Tesla Model 3 varian Long Range Rp 1,8 miliar dan varian Performance di harga Rp 2 miliar.

2. Tesla Model X (Rp 3,5 Miliar – Rp 4 Miliar)

Mobil listrik termahal di PEVS 2022

Tesla Model X

Mobil listrik termahal di PEVS selanjutnya adalah Tesla Model X. Mobil listrik ini mengusung kapasitas baterai 75 kWh. Baterai yang digunakan Tesla Model X tersebut diklaim mampu menempuh jarak hingga 400 kilometer dalam penggunaan normal.

Menariknya, top speed yang mampu dicapai dari Tesla Model X diklaim mencapai 250 km/jam. Kemudian untuk meraih akselerasi 0 sampai 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,8 detik.

Tesla Model X memiliki dimensi dengan panjang 5.036 mm, lebar 1.999 mm, dan tinggi 1.684 mm. Mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.964 mm.

Soal fitur, mobil ini sudah dilengkapi 9 speaker stereo system dengan FM/HD radio, MP3, AAC, dan MP4 music formats, sistem navigasi, browser, dan lain-lain. Selain itu, Tesla X juga menawarkan bebagai fitur keselamatan canggih. Seperti Side Collision Avoidance.

Di mana fitur Side Collision Avoidance ini memiliki fungsi jika terjadi benturan dari samping, mobil otomatis akan berbelok ke arah berlawanan, sehingga efek benturan berkurang drastis.

Tesla Model X tersedia dalam 2 varian. Untuk varian Long Range di harga Rp 3,5 miliar dan varian Plaid Rp 4 miliar

3. Hyundai Genesis G80 (Rp 2 Miliar)

Mobil listrik termahal di PEVS 2022

Hyundai Genesis G80

Mobil listrik termahal di PEVS 2022 berikutnya adalah Hyundai Genesis G80. Mobil sedan premium ini sejatinya nanti akan digunakan untuk para tamu undangan VIP saat event Internasional KTT G20 yang akan berlangsung di pulai Bali.

Hyundai Genesis G80 merupakan sedan premium untuk para eksekutif, posisinya diantara Hyundai Genesis G70 dan Hyundai Genesis G90.

Mobil ini awalnya diperkenalkan sebagai generasi kedua model Hyundai Genesis. Namun pada 2016 dinamakan G80, setelah Hyundai menjadikan Genesis sebagai perusahaan sendiri bernama Genesis Motor pada 4 November 2015.

Baca juga  Bocoran Hyundai Ioniq 6, Daya Jelajahnya Melebihi Ioniq 5?

Hyundai Genesis G80 adalah versi listrik G80, dimensi mobil ini mempunyai panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, tinggi 1,47 meter, dan wheelbase 3 meter. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh  dan diklaim mempunyai tenaga 272 kW dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e-AWD.

Soal akselerasi, Hyundai Genesis G80 diklaim mampu meraih angka 4,9 detik untuk jarak 0 sampai 100 km/jam. Kemudian, untuk jarak tempuhnya juga diklaim bisa mencapai 427 kilometer.

Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu waktu 22 menit saja. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Hyundai Genesis G80 memang belum dijual secara resmi di Indonesia. Namun begitu, menurut informasi dari salesnya harga mobil listrik premium ini di angka Rp 2 miliar.

4. Ford Mustang Mach-E (Rp 2,5 miliar)

Mobil listrik termahal di PEVS 2022

Mustang Mach-E

Mobil listrik termahal selanjutnya adalah Ford Mustang Mach-E. Mobil listrik premium ini dipajang di booth IAM dan dijual oleh Ivans Motor. Soal harga, diperkirakan sekitar Rp 2 miliar.

Mustang Mach-E mengandalkan tenaga yang berasal dari baterai Lithium ion. Kapasitasnya sendiri mulai dari 75,7 kWh hingga 98,8 kWh. Dengan kapasitas tersebut, jarak tempuhnya pun beragam, diklaim mulai dari 375 km hingga 483 km, untuk sekali pengisian.

Meskipun bodinya cukup bongsor, tapi Mustang Mach-E punya kemampuan akselerasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk menempuh 0-100 km/jam, mobil ini hanya butuh sekitar 3 detik.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik termahal di PEVS 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika