Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Prediksi Mobil Terbaru Daihatsu 2023, Ada Ayla Gen-2!

by Firdaus Ali

Ada beberapa prediksi mobil terbaru Daihatsu 2023 untuk pasar Indoensia. Kabar yang kami dapat, produknya bukan cuma facelift tapi juga ada generasi baru, bahkan model baru.

Sebenarnya kehadiran mobil Daihatsu anyar di Tanah Air, tidaklah aneh. Seperti halnya pabrikan otomotif lain yang bercokol di Indonesia, setiap tahunnya, mereka akan merilis beberapa lini produk untuk membuat pasar semakin bergairah.

Bocoran yang kami dapat adalah peluncuran Ayla Gen-2 pada 2023. Ada pula bocoran soal SUV anyar untuk melawan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Beberapa versi facelift, seperti Daihatsu Terios hingga Luxio. Lalu ada kemungkinan pula Rocky Hybrid dijual di Indonesia.

Mau tahu lebih detail soal mobil terbaru Daihatsu 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Ayla Gen-2

mobil daihatsu terbaru 2023 - Ayla Gen 2

Bocoran sosok Daihatsu Ayla 2023

Prediksi mobil terbaru Daihatsu 2023 yang pertama adalah Ayla generasi kedua (D74A). Seperti diketahui, dari sejak kemunculannya di tahun 2013, Daihatsu Ayla hanya mengalami perubahan minor alias facelift. Artinya kalau tidak ada ubahan, maka tahun depan sudah 10 tahun, Ayla tampil dengan model yang itu-itu saja.

Bicara ubahan, Ayla Facelift pertama dilakukan pada tahun 2017. Adapun ubahannya terjadi cuma pada bagian eksterior yang tampil lebih modern. Di mana facia dibuat lebih stylish dan sudah mengusung projector headlamp lengkap dengan LED daytime running light (DRL).

Lalu Ayla Facelift kedua dilakukan pada tahun 2020 yang tampil lebih sporty. Hal itu bisa dilihat dari grille berwarna black piano dengan aksen krom. Selain itu, ubahan juga tersemat pada desain spion, kombinasi lampu belakang baru, velg 14 inci dengan desain seperti Sigra, serta Decal Deluxe pada bawah pilar A dekat kaca spion, dan talang Air.

Jadi, besar kemungkinan di tahun 2023, Daihatsu Ayla generasi kedua akan meluncur. Informasi ini bukan cuma dikabarkan oleh media di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Bocoran ubahannya adalah menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Terkait mesinnya diprediksi menggunakan platform baru, yakni sama dengan yang digunakan Raize dan Rocky: WA-VE 3 silinder 1.2 liter 1.0 liter non turbo. Kalau benar demikian, maka Ayla 2023 bakal punya performa yang istimewa. 

Baca juga  Daihatsu Ayla EV Hadir di GIIAS 2022, Harganya Semurah Wuling Air EV?

Buat kamu yang menanti kehadiran Ayla generasi terbaru, kemungkinan tidak perlu menunggu lama. Kabar yang kami dapat, peluncurannya siap dilakukan pada Maret 2023.

2. Terios Facelift dengan A.S.A

Mobil terbaru Daihatsu 2023

Daihatsu Terios

Mobil terbaru Daihatsu 2023 selanjutnya ada Daihatsu Terios facelift. Ya, hanya facelift lagi lantaran kemungkinan pecah kongsi dengan Toyota Rush. Jadi, kabarnya Rush akan muncul generasi terbarunya. Walau demikian, Terios akan bertahan pakai model yang dijual sekarang atau Gen-2.

Sebagai informasi, Terios Gen-2 pertama kali meluncur 2017. Tampilannya berubah lebih modern dibanding model pertama. Hal itu bisa dilihat dari desain eksterior serta dihilangkannya ban serep yang menempel di pintu belakang. Untuk dimensinya, mobil SUV 7-seater ini juga turut dirombak jadi lebih panjang 50 mm dari model sebelumnya serta ground clearance naik jadi 220 mm. Alhasil, tongkrongan Terios menjadi lebih sedap dipandang.

Bicara mesin, Daihatsu Terios generasi kedua dibekali mesin 2NR-VE 1.500 dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin itu dikenal lebih irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Kemudian untuk penggerak masih roda belakang.

Oh ya pada tahun 2021, Terios generasi kedua mendapat tambahan fitur Eco Idle. Di mana teknologi tersebut bisa menonaktifkan mesin secara otomatis di kemacetan, alhasil konsumsi BBM diklaim dapat ditekan 5-10 persen. Ada pula tambahan beberapa fitur keselamatan untuk semua varian, diantaranya adalah fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar.

Kemungkinan pada 2023, Terios akan mendapat facelift. Apa ubahannya? Bisa jadi kehadiran teknologi keselamatan canggih advance safety system (A.S.A.) Teknologi ASA ini terintegrasi dengan enam fitur keselamatan aktif, sebut saja pre collision warning, pre collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention yang mampu mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Sigra Terbaru 2022, Ubahan Tanggung!

Prediksi kehadiran ASA di Terios 2023, lantaran Perodua Aruz selaku kembarannya di Malaysia sudah memiliki fitur tersebut. Jadi untuk bisa masuk di Indonesia, pastinya tidak sulit.

3. Luxio Facelift

Mobil terbaru Daihatsu 2023

Daihatsu Luxio

Selanjutnya, prediksi mobil terbaru Daihatsu 2023 adalah Luxio. Ya, sejak kemunculan awalnya di tahun 2009, mobil yang menggunakan basis Daihatsu Gran Max ini belum mengalami ubahan signifikan.

Jadi, wajar jika di tahun 2023, kemungkinan hadirnya Daihatsu Luxio facelift akan terwujud. Tentunya diharapkan dengan tampilan yang lebih elegan serta fitur pendukung lebih modern.

Secara posisi, Luxio adalah versi mewah dari Daihatsu Gran Max. Jika Gran Max lebih ditujukan sebagai kendaraan niaga, Luxio lebih dicondongkan sebagai kendaraan penumpang. Menariknya adalah Daihatsu sudah melakukan ubahan untuk Gran Max pada Agustus 2022. Maka harusnya, Luxio juga berubah pada 2023. 

Prediksi ubahan untuk Luxio 2023, bisa lihat dari Gran Max. Sebut saja penggunaan mesin 1.500 cc dengan kode 2NR-VE yang telah mengadopsi teknologi Dual VVT-Di atas kertas bisa melontarkan torsi 134 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 97 hp 6.000 rpm. Jantung mekanis terbaru ini menggantikan mesin lama 1.500 cc 3SZ-VE VVT-i. Sementara untuk ubahan lainnya, belum ada informasi lebih lanjut.

4. Daihatsu Rocky Hybrid

mobil terbaru Daihatsu 2023 - rocky hybrid

Rocky Hybrid saat diperkenalkan di GIIAS 2022

Mobil terbaru Daihatsu 2023 selanjutnya, kemungkinan ada Rocky Hybrid. Sebenarnya ini adalah model yang sudah dinanti cukup lama. Pasalnya di Jepang, SUV hibrida ini sudah hadir sejak November 2021. Kemudian hadir di Malaysia pada September 2022.

Di Indonesia sendiri, Rocky Hybrid sudah diperkenalkan di GIIAS 2022 bersamaan dengan Ayla EV Concept. Hanya saja ketika itu, Rocky bermesin hibrida belum dijual.

Oleh karenanya, bukan tidak mungkin mobil ini meluncur pada 2023. Apalagi dari sisi tampilan eksterior dan interior, serta fitur tidak beda jauh dibanding Rocky bermesin konvensional. Bahkan bisa dikatakan serupa. Jadi, kalau memang Daihatsu niat untuk menjual Rocky Hybrid di Tanah Air, tidak akan sulit.

Baca juga  6 Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2, Ada Varian ADS!

Buat kamu yang belum tahu, cara kerja mesin hybrid di Rocky cukup menarik dengan teknologi e-Smart. Di mana ada mesin bensin berkode WA-VEX dengan kubikasi 1.200 cc yang bertugas sebagai generator untuk mengisi baterai. Kemudian baterai itu memberi tenaga ke motor elektrik sebagai penggerak roda. Bila melihat cara kerjanya, teknologi hybrid di Rocky persis seperti Nissan Kicks e-Power.

Kelebihan teknologi e-Smart di Rocky Hybrid adalah pengemudi bisa merasakan sensasi berkendara layaknya mobil listrik. Baterai di SUV ini juga tidak perlu diisi ulang secara manual, karena otomatis dicas oleh mesin bensin yang berperan sebagai generator.

5. SUV D66B Rival Honda HR-V dan Hyundai Creta

mobil terbaru daihatsu 2023 - SUV D66B

Rendering Perodua Nexis. Foto: Idiyaz

Bocoran mobil terbaru Daihatsu 2023 adalah SUV B Segment. Informasi yang kami dapat, kendaraan ini belum pernah ada sebelumnya. Beberapa media asal Malaysia menyebut mobil baru ini sebagai Perodua Nexis kodenya adalah D66B. 

Apa hubungannya Perodua Malaysia dengan Daihatsu di Indonesia. Perlu diketahui bahwa, banyak mobil yang dijual di sini merupakan kembaran dari Negeri Jiran. Sebut saja Perodua Axia adalah Daihatsu Ayla. Lalu Perodua Arus merupakan Daihatsu Terios, dan banyak lagi.

Maka ketika ada informasi soal Perodua Nexis bakal hadir di Malaysia pada 2023, bukan tidak mungkin Daihatsu Indonesia juga akan kebagian unit. Prediksinya, SUV D66B ini punya dimensi lebih bongsor dari Daihatsu Rocky. Lalu mesin yang dipakai pun lebih besar yaitu 1.500 cc dengan transmisi D-CVT, persis Xenia.

Bila benar SUV Daihatsu berkode D66B tersebut bakal hadir di Indonesia pada 2023, maka siap menghadapi kompetitor seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V. Moladiners, itulah ulasan mengenai prediksi mobil terbaru Daihatsu 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika