Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Pantau Arus Lalin Libur Tahun Baru 2023, Polri Optimalkan Command Center

by Firdaus Ali
Arus lalin Nataru

Korlantas Polri optimalkan Command Center untuk pantau arus lalu libur lintas tahun baru 2023. Hal itu bertujuan agar jangkauan pengawasan lebih luas dan terorganisir.

Yup, untuk mengoptimalkan pengawasan dan pengaturan arus Lalin libur natal dan tahun baru, Korlantas Polri melakukan pelaksanaan Operasi Lilin 2022, juga membangun posko Command Center yang memiliki teknologi canggih serta sudah terintegrasi dengan instansi terkait. Alhasil Korlantas Polri dapat memberikan instruksi sesuai dengan data yang terpantau di Command Center.

“Tentu teknologi informasi ini sangat mendukung dinamika operasi, dari sini kita bisa melihat indikator-indikator kapan kita melakukan rekayasa lalu lintas. Sehingga Kaposko disini bisa mengendalikan,” terang Brigjen Pol Aan Suhanan selaku Dirgakkum Korlantas Polri, seperti dikutip dari laman ntmcpolri.

Brigjen Pol Aan menambahkan, melalui Command Center yang sudah terintegrasi dari instansi terkait, nantinya rekayasa lalu lintas bisa diterapkan. Contohnya kapasitas jalan terbatas, ada beberapa toleransi contoh KM 47 sampai KM 61 itu ada 4 lajur itu regulernya di bawah 5.000 kendaraan dan masih normal. Ketika melebihi 5.500, barulah harus menambah kapasitas jalan dari 4 lajur menjadi 5 lajur.

Baca juga  Polri Gelar Operasi Lilin 2022, Arus Mudik Macet?

“Ini alarm, artinya harus contraflow sehingga arus bisa ter-sharing (terbagi) ke arus yang kita buka. Apabila 1 jam menaik kembali sampai 6.500 kita akan menambah 1 lajur lagi contraflow. Indikator-indikator angka-angka itu yang memberikan suplai ke kita sehingga kita melakukan CB (cara bertindak) yang harus dilakukan pada saat itu,” jelas Aan.

Jumlah Kendaraan Saat Libur Nataru

Arus lalin Nataru

Jumlah kendaraan meningkat saat libur Nataru 2022

Menurut data dari pantauan Command Center, jumlah kendaraan yang melintas di jalan mengalami pengingkatan saat musim libur Nataru dimulai.

“Hari ini, kita memprediksi dan mengantisipasi. Mungkin hari ini masih ada yang akan bepergian terutama kearah timur maupun barat. Kalau ke tempat wisata jelas sudah ada peningkatan di Puncak. Kemudian arah timur pun ini diangka 3.000, artinya dari 4 ribu kemarin, di tengah malam turun 3.000-2.000, namun pagi kembali naik 3.000 perjamnya. Mudah-mudahan puncak arus ini tidak signifikan,” terang Brigjen Pol Aan Suhanan selaku Dirgakkum Korlantas Polri, seperti dikutip dari laman ntmcpolri (24/12/2022).

Baca juga  Ini Loh Kenapa #2019 Ganti Motor Sangat Penting Buat Kalian

Aan menjelaskan dari data sejak Jum’at kemarin (23/12), pada saat libur anak-anak sekolah ini ada peningkatan arus lalu lintas, oleh karena itu pihaknya akan tetap terus melakukan pengamanan jalan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan. Namun, mudah-mudahan ini sudah terbagi untuk keberangkatannya. Antisipasi juga akan dilakukan untuk kembalinya.

Sebagai informasi tambahan, Korlantas Polri tentunya akan lebih fokus melakukan pengamanan jalan pada lokasi-lokasi rawan kecelakaan. Seperti beberapa ruas jalan tol, kemudian jalur wisata.

Oh ya, Brigjen Pol Aan juga menyampaikan bahwa Korlantas Polri bekerjasama dengan Menteri Perhubungan untuk mengadakan ramp check dan memasukkan seluruh bis yang mengangkut wisatawan ke terminal.

“Sehingga bus yang nanti ke tempat wisata sudah betul-betul bis yang sesuai peruntukkan dan sehat,” tutup Brigjen Pol Aan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai arus lalin libur Tahun Baru 2023 yang dipantau dari Command Center. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika