by

MotoGP Virtual 2020 Tanpa Valentino Rossi, Kenapa?

MotoGP Virtual 2020 – Akibat wabah virus Korona, MotoGP 2020 terancam tidak terlaksana. Sejauh ini penjadwalan ulang masih dilakukan. Total sudah lima balapan yang ditunda, mulai dari Qatar, Thailand, Amerika, Argentina, dan Spanyol.

Sambil menunggu ketidakpastian tersebut, Dorna mengadakan kegiatan spesial MotoGP Virtual 2020. Ajang ini diikuti pembalap top dari berbagai pabrikan. Mulai dari Marc Marquez, Maverick Vinales, sampai dengan Fabio Quartararo.

“Pertama kalinya Balapan MotoGP Virtual bakal berlangsung sebentar lagi #StayAtHomeGP,” seperti dikutip dari Instagram resmi @motogp.

Balapan rencananya berlangsung pukul 22.00 malam (WIB) pada Minggu 29 Maret 2020 di sirkuit virtual Autodromo del Mugello, Italia. Meski mengambil lokasi maya di Negeri Pizza, tapi Valentino Rossi tidak ikut ambil bagian.

Ada apa dengan The Doctor? Mau tahu lebih lengkap soal MotoGP Virtual 2020? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

10 Peserta MotoGP Virtual 2020

MotoGP Virtual 2020
Tidak ada Valentino Rossi di ajang balapan virtual ini

Sebenarnya bukan cuma Valentino Rossi yang tidak ikut balapan virtual ini. Para pembalap Ducati Team dan Red Bull KTM Factory Racing juga belum bergabung. Alasan pasti belum diketahui. Hanya saja, MOtoGP Virtual 2020 memang berbeda dari balapan biasa.

Baca juga  Lorenzo Baldassarri Tunda Naik Kelas, Bertahan di Moto2 2020

Di ajang tersebut, pembalap tidak menunggangi kuda besi asli. Mereka cuma pakai motor virtual dari MotoGP 19 Videogame. Bisa jadi, alasan Rossi dan kawan-kawan tidak ikut MotoGP Virtual lantaran tidak bisa main videogame.

Pihak penyelenggara cuma mengatakan: “Meski ada konfirmasi ikut di awal, #46 Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha Racing) tidak akan berpartisipasi,” seperti dikutip laman Motorsport.

Totalnya ada 10 pembalap yang konfirmasi bergabung di balapan virtual ini.

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

2. Alex Marquez (Repsol Honda)

3. Maverick Viñales (Monster Yamaha MotoGP)

4. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini)

5. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)

6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)

7. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)

8. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 3)

9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3)

10. Francesco Bagnaia (Pramac Racing)

Baca juga:

Baca juga  Smith Senang Balik Ke Aprilia, 2020 Targetkan Kursi Pembalap

Balapan Berlangsung Enam Lap

MotoGP Virtual 2020 02
Sirkuti Mugello Virtual jadi lokasi balapan


MotoGP Virtual 2020 tidak berlangsung lama. Khusus balapan pertama di Mugello, cuma digelar enam lap. Sebelum balapan, ada pula sesi kualifikasi selama lima menit. Kualifikasi tersebut jadi penentu posisi grid.

“Penggemar bisa melihat di motogp.com dan esport.motogp.com, juga di siaran televisi pilihan, serta media termasuk Youtube,” seperti dikutip dari laman MotoGP.

Sehabis balapan virtual di Mugello, Dorna tengah menyiapkan ajang kedua yang berlangsung pada 12 April 2020. Penyelenggaran bahkan menjanjikan lebih banyk lagi pembalap ikut serta seperti dari Ducati Team dan Red Bull KTM Factory Racing.

Hanya saja terkait sirkuit virtual yang dipakai serta aturan mainnya, belum ada informasi lebih lanjut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru