by

5 Fakta Coronavirus Batalkan MotoGP 2020

Coronavirus Batalkan MotoGP 2020 – Kabar kurang mengenakan datang dari kelas utama Grand Prix, pasalnya balapan pembuka yang akan digelar dalam beberapa hari lagi resmi dibatalkan. FIM, IRTA dan Dorna tidak mendapatkan izin untuk menggelar seri pembuka akhir pekan ini yang disebabkan oleh Coronavirus.

Hal ini tentu bikin para fans sedih, sebab tak bisa melihat aksi dari pebalap kesayangan mereka melakukan race malam hari di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Masih belum ada keputusan, akan berlangsung kapan untuk seri pembuka MotoGP 2020. Sebab, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resminya. Ini fakta menarik mengenai Coronavirus yang batalkan MotoGP 2020.

 

1. MotoGP Thailand Juga Dipastikan Ditunda

jadwal-motogp-thailand-2020-diundur
Momen MotoGP Thailand 2019

MotoGP 2020 belum resmi berlangung, namun sudah ada dua seri yang resmi mengalami perubahan jadwal. Qatar yang ditunjuk untuk seri pembuka, 8 Maret 2020 resmi batal menggelar race MotoGP. Sebelumnya, Thailand pun mengalami penundaan akibat Coronavirus.

Thailand yang termasuk Negara dalam Kawasan Asia disinyalir jadi salah satu yang terbanyak terjadi kasus Coronavirus. Hal itu yang membuat Dorna tidak mendapatkan izin untuk melakukan race di Chang International Circuit, Thailand. Ezpeleta pun buka suara terkait hal ini.

Baca juga  Marc Marquez Klaim Honda Sudah Atasi Masalah Terjatuhnya di GP Amerika

“Soal kapan akan digelar, keputusan kami akan bergantung pada jawaban mereka. Karena bagi kami keselamatan bagi mereka adalah nomor satu, jika pada akhirnya tidak bisa digelar Maret, jelas kami akan mengganti tanggalnya. Kami sekarang sedang menunggu jawaban dalam beberapa hari kedepan, sebelum terbang ke Qatar,” tutur CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

 

2. Moto2 dan Moto3 Berlangsung Sesuai Jadwal

lorenzo-baldassarri-tunda-naik-kelas
Kelas menengah tetap berjalan seusai kalender MotoGP 202

Berbeda dengan kelas menengah yang akan berlangsung sesuai jadwal kalender MotoGP 2020. Faktanya bahwa MotoGP 2020 yang di batalkan Coronavirus, tapi tidak untuk Moto2 dan Moto3. Sebab, kondisinya para pebalap juga tim sudah berada di Qatar untuk melangsungkan tes pra-musim beberapa waktu lalu.

Kemungkinan besar untuk Moto2, Moto3 dan juga kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup 2020 berlangsung sesuai jadwal. Mulai dari 6-8 Maret 2020. Berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

 

3. Dua Seri MotoGP 2020 Tertunda

3
Coronavirus batalkan MotoGP 2020, wacana dimulai dari seri ketiga mencuat

MotoGP 2020 belum dimulai, dua seri sudah harus tertunda. Coronavirus di belahan Dunia memang sebabkan Negara tidak sembarang mengizinkan Warga Negara Asing untuk masuk. Hal itu dikarenakan penyebaran Coronavirus begitu cepat.

Baca juga  Jelang MotoGP Ceko, Rival Siap Hadang Marc Marquez

Dengan demikian, sebabkan dua seri awal MotoGP 2020 resmi mengalami penundaan dan belum tahu akan digelar kapan. Akankah dimulai dari seri ketiga? Tentu para fans masih berharap bisa melihat jagoannya beraksi di sirkuit sesuai jadwal kalender MotoGP 2020.

 

4. Wacana Balapan Pembuka MotoGP 2020 Digelar Pada Seri Ketiga

alex-rins-finis-kedua-di-motogp-jerez
Alex Rins berikan kemenangan pertama buat Suzuki di MotoGP Amerika

Wabah Coronavirus yang belum tahu akan berhenti kapan, membuat wacana balapan pembuka MotoGP 2020 digelar pada seri ketiga mencuat. Hal itu lantaran, waktu digelarnya baru akan dimulai pada April mendatang. Setelah Qatar dan Thailand dipastikan alami penundaan, menunggu rekomendasi dari Pemerintah. Setidaknya harus menunggu hingga 2 minggu.

MotoGP Amerika kemungkinan besar akan jadi pembuka musim 2020. Tempat di mana Alex Rins meraih kemenangan sensasional buat Suzuki Ecstar Team. Sekaligus menjadikan Alex Rins jadi salah satu penantang dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2019 lalu.

 

5. Quartararo Sedih dan Kecewa MotoGP Qatar Batal

fakta-coronavirus-batalkan-motogp-2020
Cuitan Fabio Quartararo usai Coronavirus Batalkan MotoGP 2020

Coronavirus yang batalkan MotoGP 2020 membuat para pebalap tentunya sedih. Padahal, tim dan pebalap sudah siap untuk berkompetisi meraih titel terbaik di musim ini. Salah satu kontestan yang digadang jadi musuh berat Marc Marquez di MotoGP 2020 tak bisa sembunyikan rasa sedih dan kecewanya. Hal itu dituangkan Fabio Quartararo melalui akun Instagram pribadinya.

Baca juga  Miller Inginkan Kursi Pembalap Pabrikan Ducati, Siap Geser Petrucci

“Baiklah… Saya akan menunggu balap pertama sejak finis di balapan terakhir. Ada rasa sedih juga kecewa setelah melakukan kerja yang bagus, tetapi inilah sesuatu yang harus saya terima. Mari kita lihat kapan akan berlangsung balapan pertama kami… Semoga yang terbaik untuk teman-teman saya dari Moto2 dan Moto3 jika mereka dapat melangsungkan balapan di hari Minggu,” ungkap Fabio Quartararo di akun Instagram pribadinya.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru