Motor Injeksi Bermasalah? Ini yang Wajib Bikers Lakukan

Motor injeksi memang terkenal canggih, minim perawatan dan cepat dalam pengerjaan. Meski demikian bukan berarti motor injeksi tidak bisa bermasalah atau nggak bisa mogok. Kenapa disebut minim perawatan? Pasalnya pemilik tak perlu berlama-lama di bengkel, lantaran harus tunggu mekanik bongkar karburator untuk usir kotoran penyumbat lubang aliran gas bakar. Tapi cukup lihat mekanik ganti oli, servis busa filter, busi, cek kondisi aki, kerja rem depan-belakang dan hanya dilakukan dalam waktu singkat.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini rekor tunggangan paling minim perawatan dipegang motor yang usung teknologi pengkabut bakar sistim fuel injeksi (FI). Dimulai dari motor bebek Honda Supra-X 125 PGM-Fi, disusul Yamaha V-Ixion, Kawasaki Ninja 250, Shogun 125 FI hingga motor-motor pendatang baru sekarang ini.

Suzuki Nex II

*Dp mulai dari

Motor Injeksi Bermasalah

Jika pengendara motor injeksi bermasalah dengan kendaraannya di jalan, repotnya bisa dua kali lipat daripada motor biasa loh. Mau seperti itu? Nah, kalau Moladiners tak ingin motor injeksinya bermasalah di jalan obatnya cuma satu.

“Selalu perhatikan kondisi aki apakah masih bagus (masih menyimpan setrum), mau ngedrop atau soak (tidak bisa nyimpan setrum lagi). Apalagi aki merupakan sumber energi utama komponen injeksi, selain digunakan masing-masing indikator, komponen pengapian dan instrumen kelistrikan lainnya,” jelas Muksin, Technical Operasional sebuah perusahaan produsen aki.

GTZ5S MF Aki Motor Aki Kering

Cara Sederhana Mengetahui Motor Injeksi Bermasalah

Berhubung orang awam tidak punya alat khusus pendeteksi aki untuk mengetahui apakah motor injeksinya bermasalah, Muksin memberikan trik sederhana cara melacak aki apakah masih bagus, lagi ngedrop dan mau soak dengan cara manual. Maksudnya bisa dilihat atau di dengar dengan cara seksama. Misalkan aki benar-benar masih fit kondisinya, biasanya lampu indikator injeksi di panel spidometer akan terlihat sangat terang. Selain itu, di motor injeksi akan sering terdengar suara nyaring putaran dinamo yang cepat di dalam tangki tanda pompa injeksi siap bekerja.

speedometer
Perhatikan indikator untuk melihat apakah aki sudah perlu di-charge

“Tapi kalau lampu indikator sudah mulai agak redup, ditambah suara putaran dinamo pompa injeksi terdengar mengalun, itu artinya setrum aki minta di charge ulang,” timpal Muksin, sambil menunjuk tombol klakson atau elektrik starter jika ingin memastikan kemampuan suaranya.

Hanya saja bila aki sudah tidak bisa menyimpan dan tidak tahan lama dipakai meskipun sudah berulang-ulang di charge, itu artinya aki motor injeksi bermasalah dan segera harus diganti dengan yang baru. “Namun aki tipe maintenance free (MF) asli, masa pakainya biasanya lebih lama. Tapi buat jaga-jaga, pengecekan aki juga wajib dan sering dilakukan,” tutup Muksin.

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

Gimana Moladiners? Sudah paham kan 🙂

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *