Mudik Pakai Motor? Simak 6 Cara Agar Tidak Mudah Capek di Perjalanan

Haloo pembaca setia Moladin Blog, ketemu lagi sama Jinny. Kali ini Jinny bakal ngasih tips agar badan tidak mudah capek saat mudik ke kampung halaman pakai motor. Memang bukanlah perkara yang mudah, berkendara dengan jarak yang jauh terutama menggunakan motor. Pasalnya, kegiatan ini memerlukan fokus dan posisi tubuh yang relatif diam dalam keadaan lama sehingga badan cepat sekali capek.

TVS Callisto

*Angsuran mulai dari

Nah, biar kalian gak cepat capek saat mudik , sebaiknya kalian benar-benar mengetahui posisi riding yang benar dan cara menjaga kesehatan tubuh dalam perjalanan yang jauh. Trik ini cukup berguna buat kalian yang akan mudik maupun touring. Dan catatan, tips ini tidak berlaku jika kalian menggunakan motor jenis sportbikes, superbikes, bahkan motor custom seperti chopper. Karena gak mungkin juga kalian mudik pake superbike juga kan. hehehe

1. Jepit Bagian Depan Motor

5 Cara Agar Gak Cepet Capek Saat Naik Motor Jarak Jauh

Jadi, posisi duduk saat berkendara itu sangatlah penting lho! Kalau posisi duduk benar, dijamin kalian gak bakal cepat capek. Nah untuk itu, usahakan selalu meposisikan paha bagian dalam menjepit jok atau bagi kalian yang pakai motor model sport atau motor gede posisikan paha bagian dalam menjepit tanki bensin. Selain gak bikin capek, posisi ini juga bisa membuat motor yang kalian kendarai jadi lebih stabil posisinya.

2. Jangan Duduk Terlalu Ke Depan Atau Belakang

Duduk Nyaman Berkendara

Kalau kalian duduk terlalu ke depan atau ke belakang, dijamin deh bakal mudah capek saat berkendara. Pasalnya, jarak tubuh dengan kemudi jadi gak ideal (baik kalau posisi duduk terlalu depan atau posisi duduk terlalu ke belakang). Nah, posisikan duduk saat berkendara itu di tengah-tengah antara ujung depan jok motor dan bagian tengah jok motor. Selain bikin gak cepat capek, posisi ini juga bisa bikin kalian aman karena motor jadi lebih stabil.

3. Posisikan Punggung Tegak Lurus

posisi punggung berkendara yang baik

Buat kalian yang kerap mengendarai motor dalam jarak yang cukup jauh, patut pula menjaga posisi punggung saat duduk. Usahakan punggung tetap tegak lurus dengan postur yang seperti membusungkan dada saat berkendara. Riding Position seperti ini selain membuat kalian jadi lebih sigap, juga tidak akan membuat pinggang kalian encok. Namun sebaliknya, posisi punggung yang membungkuk bakal membuat tubuh bekerja ekstra saat berkendara. Alih-alih bikin posisi nyaman, duduk dalam posisi seperti ini malah bikin kalian mudah lelah dan dapat menyebabkan perubahan posisi atau letak tulang punggung.

Suzuki Smash FI New

*DP mulai dari

4. Posisikan Tangan Sedikit Menekuk

berkendara nyaman jarak jauh

Kebanyakan orang pasti cenderung meluruskan tangan saat berkendara. Padahal, posisi tangan tegak lurus seperti ini rentan banget bikin badan jadi capek, loh! Apalagi kalau kalian mengendarai motor dalam jarak yang cukup jauh. Untuk itu, selalu posisikan tangan sedikit menekuk atau sekitar 30 derajat dari sisi luar tangan. Dengan seperti itu, kalian gak bakal cepat capek saat berkendara serta posisi riding jadi santai. Posisi tangan seperti ini juga dapat meredam efek guncangan pada bahu saat kalian melewati jalanan berlubang.

5. Kaki Wajib Siaga

posisi kaki nyaman

Biar gak capek juga, ada baiknya saat berkendara dalam jarak jauh letakkan kaki dalam posisi siaga. Maksudnya, letakkan seluruh telapak kaki di atas foot step motor. Posisi siaga ini bisa bikin kaki gak cepat capek karena telapak kaki ada pijakan. Selain itu, posisi kaki siaga juga memudahkan lebih siap saat dipakai untuk mendadak ngerem atau saat menginjak pedal persneling.

6. Bekali Diri Dengan Asupan Vitamin Yang Cukup

bekali diri dengan asupan dan vitamin yang cukup

Terakhir, cara yang bisa kalian lakukan agar tidak mudah capek berkendara saat mudik adalah membekali diri dengan mengonsumsi vitamin yang cukup. Saat berpuasa tubuh kita lebih cepat kehilangan tenaga, ion tubuh dan cairan. Saat berkendara, tubuh kita memerlukan banyak energi apalagi jika perjalanan yang ditempuh sangat jauh. Untuk itu, agar kondisi tubuh tetap prima, disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang cukup saat sahur. Vitamin membantu menjaga imun tubuh tetap kuat dan konsentrasi fokus lebih lama saat berkendara menggunakan motor ketika pergi mudik. Asupan vitamin bisa diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga suplemen.

Gimana guys, setelah baca tips dan trik di atas untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah lelah saat berkendara di bulan puasa? Mudah bukan mempraktikannya. Cara di atas bisa kalian terapkan agar tubuh tidak mudah lelah dan kesehatan tubuh pun tetap maksimal saat berkendara jarak jauh. Sudah siapkah kalian berkendara motor buat mudik?

Viar Q1

*DP mulai dari

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Share this!

One thought on “Mudik Pakai Motor? Simak 6 Cara Agar Tidak Mudah Capek di Perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *