Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Toyota Innova Zenix Capai 7.200 Unit, Inden Lama!

by Firdaus Ali
mobil rp 400 jutaan

Penjualan Toyota Innova Zenix capai 7.200 unit hingga 18 Desember 2022. Padahal di awal Desember, pihak TAM menyatakan Kijang Gen-7 ini masih laku 4 ribu SPK. Artinya dalam waktu tidak sampai setengah bulan, peningkatan pemesannya naik hampir 2 kali lipat.

Menariknya, dari total pemesanan yang sudah tercatat oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Innova Zenix bermesin hybrid mendominasi. Artinya, konsumen lebih tertarik membeli mobil dengan elektrifikasi dibanding konvensional.

“Pesanan atau SPK Kijang Innova Zenix ini sudah mencapai 4.000 unit (8 Desember 2022). Bahkan 82% pemesanan ini didominasi 2 tipe yang terdiri dari Innova Zenix Hybrid. Sementara tipe Q Hybrid TSS pemesanannya 1.578 unit. Kalau informasi yang terbaru sudah di angka 7.200 unit (18 Desember 2022) dan tipe Q Hybrid TSS menjadi yang terlaris,” terang Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor saat sesi test drive Innova Zenix di Semarang, Senin (19/12).

Jika merujuk pada keterangan salah satu petinggi TAM tersebut, animo masyarakat Indonesia akan mobil ramah lingkungan semakin positif. Ditambah lagi beragam ubahan yang hadir di Innova Zenix, sesungguhnya tidak menyurutkan minat konsumen akan mobil tersebut.

Sebagai informasi, bila dibandingkan model lamanya, Innova Zenix mendapat banyak sekali ubahan. Ambil contoh penggunaan penggerak roda depan (FWD) menggantikan roda belakang (RWD). Tidak lagi punya pilihan mesin diesel, digantikan bensin hybrid. Kemudian, Toyota tidak lagi menyediakan pilihan transmisi manual di Zenix.

Baca juga  Beli Toyota Agya atau Honda Brio Bekas, Mana LCGC Terbaik?

Toyota Innova Zenix saat ini dijual dengan pilihan 7 varian. Di mana di dalam pilihan tersebut tersedia pilihan mesin bensin dan hybrid. Berikut harga berdasarkan variannya:

  • Innova Zenix Bensin 2.0 G CVT Rp 419.000.000
  • Innova Zenix Bensin 2.0 V CVT Rp 467.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVT Rp 458.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT Rp 522.150.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT Modellista Rp 532.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Rp 601.150.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp 611.000.000

Untuk warna, innova Zenix hadir dengan 5 pilihan. Yaitu Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black dan DK.Steel MC. Menariknya, pihak Toyota juga menyiapkan variasi warna sesuai dengan ekspektasi keluarga millenial.

Inden Innova Hybrid Hingga 6 Bulan

penjualan innova zenix

Innova Hybrid indennya mencapai 6 bulan

Mendapat respon positif dari konsumen Indonesia, distribusi Toyota Innova Zenix tentu juga menarik untuk diulas. Dalam hal ini, Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa inden Innova Zenix tergantung tipe dan warna.

Baca juga  Toyota Yaris Cross G Vs S 2023, Apa Bedanya?

“Tergantung tipe dan warna, untuk inden Innova Zenix bermesin bensin antara 2 minggu sampai 1 bulan. Sementara untuk Zenix dengan mesin hybrid bisa sampai 6 bulan untuk wilayah Semarang dan Jawa Tengah. Untuk wilayah Jakarta nanti saya cek datanya,” jelas Anton.

Kemudian, Anton juga memaparkan alasan kenapa Innova Zenix mesin bensin kalah pamor dengan Innova Zenix bermesin hybrid. Menurutnya hal ini cuma masalah waktu. Bukan tidak mungkin ke depannya justru Innova bensin penjualannya akan setara dengan versi hybrid.

“Siklus ini wajar ya, karena Innova Zenix kan peluncurannya belum lama, jadi market yang membelinya juga masih menengah ke atas, jadi tipe yang dipilih oleh mereka juga yang tertinggi. Namun kami yakin nantinya Innova Zenix mesin bensin juga akan banyak diminati. Seperti contohnya waktu peluncuran Veloz dan Avanza, di awal pemesanan didominasi oleh Veloz TSS, Namun sekarang Avanza kembali mendominasi,” ungkap Anton.

Spesifikasi Toyota Innova Zenix Hybrid

Penjualan Toyota Innova Zenix

Innova Zenix dilengkapi fitur Adaptive Cruise Control, TSS dan T-Intouch

Penjualan Toyota Innova Zenix laris manis serta didominasi yang bermesin hybrid. Lalu, seperti apa spesifikasinya?

Innova Zenix Hybrid mengadopsi mesin M20A-FXS dengan kubikasi 2.000 cc Dynamic Force dipadukan dengan baterai Lithium Ion yang juga digunakan oleh Toyota Prius terbaru yang belum lama diperkenalkan di Jepang. Hasil kombinasi dari mesin dan baterai tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 223 hp dan untuk konsumsi BBM-nya diklaim 1:21 km/liter.

Baca juga  Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dirilis Resmi untuk Pasar Indonesia

Berbicara fitur, Zenix sudah menyematkan teknologi baru di keluarga “Kijang” yaitu Adaptive Cruise Control. Sebagaimana diketahui, fitur Adaptive Cruise Control merupakan fitur canggih yang dapat mengendalikan laju kendaraan di suatu tingkat tertentu.

Tak hanya itu saja, ada pula fitur Toyota Saftey Sense terbaru (TSS 3.0) yang sudah terintegrasi dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB), serta fitur modern lain.

Tak lupa, Innova Zenix juga sudah menyertakan teknologi T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

Moladiners, itulah ulasan mengenai penjualan Toyota Innova Zenix laris manis. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika