Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Perbedaan Chery Omoda 5 GT Vs RZ 2023, Pilih yang AWD!

by Firdaus Ali
Omoda 5 GT vs RZ

Berikut akan kami ulas mengenai Omoda 5 GT vs RZ. Sekilas keduanya terlihat mirip, namun jika diperhatikan terdapat perbedaan signifikan antara keduanya.

Omoda 5 1.6 GT merupakan salah satu peluru baru dari Chery. Rencananya, mobil SUV (Sport Utility Vehicle) asal Cina itu akan meluncur dalam waktu dekat. Diprediksi akhir bulan September atau awal Oktober 2023. Ini akan menjadi varian tertinggi dari Omoda 5,  memiliki mesin 1.600 cc turbo dan opsi penggerak AWD.

“Chery Omoda 5 GT (1.600 cc) akan segera kami luncurkan dalam waktu dekat. Ada 2 pilhan tipe yaitu FWD (Front Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive), namun untuk first impression kali ini teman-teman media mencoba yang FWD. Untuk harga, kurang lebih di angka Rp 480 jutaan,” karta Marketing General Manager PT Chery Motor Indonesia (CMI), Rifkie Setiawan saat acara First Impression Chery Omoda 5 GT di BSD, Selasa (19/9/2023). 

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan Omoda 5 GT vs RZ 2023, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu persamaan keduanya:

Persamaan Omoda 5 1.6 GT Dengan 1.5 RZ 2023

Omoda 5 GT vs RZ

Tata letak desain interior Omoda 5 GT dan RZ sama

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa Chery Omoda 5 GT dan RZ punya beberapa kesamaan. Sehingga sekilas keduanya seperti kembar. Persamaan pertama adalah dimensinya, yaitu mempunyai panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm dan wheelbase 2.630 mm. 

Kemudian, untuk tampilan eksteriornya juga ada kesamaan, yaitu desain grill model potongan diamond tanpa frame yang berpadu dengan lampu LED dengan model pipih. Pada bagian belakang juga sama, hadir dengan gaya yang futuristik dan elegan. Hal itu berkat desain pipih pada lampu yang dikombinasikan dengan lekukan pintu bagasi yang agresif serta adanya dua lubang pipa knalpot berbentuk trapesium dan spoiler. Velg juga masih sama, menggunakan alloy berukuran 18 inchi dengan balutan ban berprofil 215/56 R18. 

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Bakal Dijual, Kenali Sosoknya

Tak hanya bagian eksterior, kabin interior Omoda 5 1.6 GT juga masih ada yang sama dengan Omoda 5 RZ. Diantaranya adalah head unit touchscreen berukuran 10.25 inch yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta pendukung fitur mobil, panel cluster digital berukuran 10.25 inchi, dan electronic sunroof.

Untuk mendukung kenyamanan, fitur interior yang ada di Omoda 5 1.5 RZ masih dipertahankan di Omoda 5 GT. Yaitu Dual Zone AC Control, Rear View Camera with Dynamic Guides, All Door with Auto Power Window, Keyless Entry + Vehicle Body Anti-theft, Air Filter, dan juga Wireless Charging.

Soal fitur keselamatan, Omoda 5 GT bermesin 1.600 cc turbo juga masih mengaplikasikan yang ada di Omoda 5 RZ yang pakai mesin 1.500 cc turbo. Yaitu ADAS yang meliputi fitur Lane Departure Warning (LDW), Blind-Spot Detection (BSD), Emergency Lane Keeping (ELK), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Front Collision Warning (FCW) with Vehicle Indentification, Autonomous Emergency Braking (AEB), Intelligent High-Beam Control Headlamp (IHC), Traffic Sign Recognition (TSR), Car Lead Departure Sign (CLDS), serta Integrated Cruise Assist (ICA).

Tak hanya itu saja, fitur lain seperti fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS) + Brake Priority System (BOS), Electronic Stability Program (ESP) + Traction Control (TCS), Hill-start Assist Control (HAC) & Hill Descent Control (HDC), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Auto Central Locking Door juga tetap ada.

Gimana, lengkap dan modern bukan? Meski begitu, walaupun banyak persamaan mulai dari desain eksterior, kelengkapan fitur, kabin interior, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Berikut ulasannya:

Baca juga  Honda Siapkan SUV Ringkas Terbaru, Rival Rocky-Raize?

Daftar Perbedaan Omoda 5 1.6 GT Vs 1.5 RZ 2023

1. Kapasitas Mesin Omoda 5 GT Lebih Besar, Transmisi pakai DCT

Omoda 5 GT vs RZ

Mesin Omoda 5 GT pakai 1.600 cc TGDI

Pembahasan perbedaan Omoda 5 GT vs RZ pertama adalah dari sisi jantung pacu alias mesin. Yup, Omoda 5 GT ini mendapat mesin baru berkapasitas 1.600 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI). Sementara di Omoda 5 RZ hanya 1.500 cc Turbo Charge Engine.

Di atas kertas, tenaga maksimum Omoda 5 1.6 GT mencapai 197 hp dengan torsi puncak 290 Nm. Sementara untuk Omoda 5 1.5 RZ tenaganya tercatat hanya mencapai 145 hp dengan torsi 230 Nm. Jadi ada gap yang cukup besar.

Oh ya, transmisinya juga berubah. Omoda 5 GT mengadopsi otomatis 7-percepatan DCT (Dual Clutch Transmission). Sementara Omoda 5 RZ dengan mesin 1.500 cc turbo pakai transmisi otomatis 9-percepatan CVT.

2. Eksterior Mendapat Penyegaran

Omoda 5 GT vs RZ

Omoda 5 GT mendapat penyegaran di beberapa bagian eksterior

Pembahasan perbedaan Omoda 5 GT vs RZ pertama adalah dari sisi eksterior. Yup, meski secara keseluruhan seperti desain grille, headlamp, lekukan body dan bagian belakang masih sama dengan RZ.

Hanya saja ada beberapa bagian penyegaran di Omoda 5 GT 1.600 cc turbo, yaitu aksen warna orange dan emblem Omoda. Pihak Chery Indonesia mengungkapkan jika perubahan warna dari merah di Omoda 5 RZ ke warna orange di Omoda 5 GT bertujuan agar tampilan lebih segar dan disukai anak muda. Adapun aksen warna orange itu ada di bagian rumah spion, bagian bawah bumper depan, bagian velg, bagian samping dan bagian spoiler belakang.

Kemudian, jika di Chery Omoda 5 RZ bagian belakang ada emblem Chery. Kini di Omoda 5 dengan mesin 1.600 cc, emblemnya bertulisan Omoda dengan huruf yang cukup eksentrik. 

Baca juga  Harga Mitsubishi XForce di Bandung Lebih Murah Dari Jakarta?

3. Interior Omoda 5 GT Lebih Elegan

Omoda 5 GT vs RZ

Bagian konsol tengah Omoda 5 GT pakai warna black piano

Bagian interior Omoda 5 GT terlihat lebih elegan berkat ubahan warna pada bagian konsol tengahnya, yaitu pakai black piano. Selanjutnya, doortrim juga sudah berganti menjadi soft touch. Aksen di bagian dashboard dan doortrim juga warna berubah menjadi orange, namun tidak semencolok kelir orange bagian eskterior.

Oh ya, benang pada jahitan joknya juga berubah menjadi warna orange. Begitu juga dengan aksen garis joknya, di Omoda 5 GT sudah berwarna orange.

4. Suspensi Belakang Omoda 5 GT Lebih Empuk

Omoda 5 GT vs RZ

Suspensi bagian belakang Omoda 5 GT pakai Independent Multi-Link

Suspensi Omoda 5 1.6 GT terasa sedikit lebih empuk dibandingkan dengan Omoda 5 RZ. Hal ini karena ada perubahan dibagian suspensi belakangnya. Omoda GT bermesin 1.600 cc sudah pakai independent multi-link. Sementara untuk Omoda 5 RZ masih pakai twist-beam.

“Kita kan mendapat masukan dari konsumen jika suspensi Omoda 5 sebelumnya dirasakan keras. Maka dari itu kami mengganti suspensi belakang menjadi independent multi-link, menggantikan twist-beam yang ada di Omoda 5 sebelumnya,” terang Training Division CMI, Angga Sukmana Putra (19/9/2023).

5. Penggerak AWD di Chery Omoda 5 1.6 GT

varian terbaru chery omoda 5

Chery Omoda 5 bermesin 1.600 cc punya opsi penggerak AWD

Perbedaan Chery Omoda 5 1.6 GT dengan 1.5 RZ selanjutnya ada di sistem penggerak. Khusus versi mesin 1.600 cc turbo, punya opsi all wheel drive (AWD), selain penggerak roda depan (FWD). Ini berarti untuk varian AWD, semua rodanya bisa menyalurkan tenaga dari mesin dan transmisi. Alhasil mobil harusnya semakin safety saat diajak bermanuver. Sementara untuk Chery Omoda 5 1.5 RZ hanya memiliki penggerak roda depan (FWD).

Moladiners, itulah bahasan mengenai Omoda 5 GT vs RZ. Dimana perbedaan signifikan hanya ada dibagian sektor mesin dan suspensi belakang. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomtif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika