Resmi Tutup Pabrik, Ini Kelanjutan Nasib Nissan Indonesia

Pabrik Nissan Indonesia Tutup – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di Indonesia. Keputusan Nissan Indonesia ini diambil ditengah maraknya penularan virus Korona (Covid-19) yang begitu cepat di Tanah Air.

Meski resmi menghentikan produksi kendaraan di pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Nissan memastikan bahwa seluruh layanan mereka baik sales dan after sales tetap dalam terbaik bagi konsumen di Indonesia.

“Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia. Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis,” ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia ketika dihubungi Moladin via gawai, Selasa (24/3/2020).

Menurut Sekiguchi, sejumlah reformasi strategis dirancang untuk membangun basis operasional yang akan memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah.

“Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia. Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru,” paparnya.

Pabrik Mitsubishi yang memproduksi Livina dan Xpander
Nissan menghentikan produksi di Indonesia, sebagai bagian dari strategi bisnis mereka

Lebih lanjut Ia juga menegaskan, “Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini.

Hal senada turut dijelaskan Hana Maharani selaku Head of Communication PT NMI, yang menegaskan bahwa Nissan di Indonesia akan terus menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen. Serta berencana untuk menghadirkan model-model terbaru untuk pasar nasional, upaya tersebut dilakukan agar dapat mendongkrak penjualan Nissan di Indonesia.

“Mohon agar masyarakat tidak salah persepsi, karena Nissan tetap beroperasi di Indonesia, kita terus menyediakan rangkaian produk (termasuk meluncurkan produk2 baru), dan layanan sales & aftersales buat konsumen di Indonesia,” tambah Hana.

Pabrik Nissan di Indonesia

Pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat
Pabrik Nissan di Purwakarta memproduk Datsun Go dan Go+

Sebagai informasi tambahan, sebelum resmi ditutup pabrik Nissan di Purwakarta memproduksi mobil Datsun Go dan Datsun Go+. Per Januari 2020, Nissan sudah menyatakan untuk menghentikan penjualan dua produknya tersebut.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *