Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Review Chery Omoda 5 GT AWD, Bisa Libas Semua Medan!

by Firdaus Ali
Harga Chery Omoda 5 GT

Berikut adalah review Chery Omoda 5 GT AWD hasil test drive singkat yang kami lakukan saat peluncuran di ICE BSD, Tangerang pada Jumat (29/9/2023). Mobil SUV asal Cina ini sangat menarik untuk dibahas, lantaran punya kelebihan jadi mobil all wheel drive (AWD) termurah di pasar otomotif Tanah Air, dijual Rp 488,8 juta (OTR Jakarta).

Walau murah, tapi spesifikasinya sangat istimewa. Varian tertinggi dari Omoda 5 ini menggunakan mesin 1.600 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI). Di atas kertas, bisa menghasilkan torsi puncak hingga 290 Nm dan tenaga maksimal 197 hp melalui transmisi 7-percepatan DCT (dual clutch transmission).

Soal konsumsi BBM, varian Omoda 5 GT disebut oleh Vice President PT Chery Sales Indonesia, Harry Kamora bisa menghemat bensin hingga 6,8 liter/100 km atau setara 14,7 km/liter untuk varian penggerak roda depan (FWD). Sementara varian AWD, konsumsi BBM-nya tidak beda jauh, cuma lebih boros sekitar 3 persen.

“Kami yakin Omoda 5 GT AWD akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Sebab sebelumnya kami telah melakukan riset bahwasanya beberapa masyarakat di Indonesia gemar melakukan traveling dengan mobil ke tempat wisata yang jalannya tidak selalu aspal. Karena itu, Omoda 5 GT AWD menjawab kebutuhan itu,” jelas Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong.

Mau tahu review Chery Omoda 5 GT FWD dan AWD 2023 secara lengkap? Berikut bahasannya:

Omoda 5 GT AWD Bisa Melewati Berbagai Kontur Jalan

Review Chery Omoda 5 GT AWD

Mudah melewati jalan naik turun yang cukup curam

Saat pertama menginjak pedal gas dengan mode normal dan eco pada Omoda 5 GT FWD dan AWD, akselerasi terasa biasa saja. Namun saat mode berkendara diganti dengan sport, tarikan awal Omoda 5 GT baru terasa lebih agresif dibanding Omoda 5 bermesin 1.500 cc.

Untuk menguji kemampuan Chery Omoda 5 GT AWD, pihak Chery Indonesia membuat skenario berbagai kontur jalan. Seperrti speedtrap, jalan miring dan juga jalan naik turun yang cukup curam.

Baca juga  Wuling Almaz Limited Edition Meluncur, Harga Rp351,8 juta

Hasilnya, Chery Omoda 5 GT AWD bisa melewati jalan naik dengan momentum yang pas dengan mode berkendara sport. Kami juga mencoba berhenti di tanjakan dengan diisi 5 penumpang dan mode berkendara Eco, ternyata Omoda 5 GT AWD tidak bisa menanjak. 

Kemudian saat melewati jalan miring, Omoda 5 GT AWD juga tidak mengalami kendala. Putaran keempat rodanya mencengkram kuat sehingga lancar melewatinya. Begitu juga saat melewati cone secara zigzag, manuver dirasakan lebih baik dibanding dengan Omoda GT FWD.

Oh ya, saat melewati speedtrap yang cukup tinggi, kenyamanan kabin Omoda 5 GT AWD masih terjaga berkat penggunaan suspensi independent multilink. Suspensi ini baru hadir di Chery Omoda 5 GT, termasuk di versi FWD. Sementara di Omoda 5 Z dan RZ belum punya.

Interior Nyaman dan Modern

review chery omoda 5 gt

Tata letak desain interior Omoda 5 GT dan RZ sama

Review Chery Omoda 5 GT AWD selanjutnya dari sisi kabin interior. Tampilannya elegan dan modern. Kemudian jok depan juga sudah semi bucket sehingga nyaman untuk berkendara.

Legroom baris kedua juga lega untuk ukuran tinggi badan 182 cm, begitu juga dengan headroomnya. Bagian doortrim dan dashboard sudah soft touch.

Layar infotainment ukurannya juga proporsional, panel cluster digitalnya juga. Di bagian konsol tengah, terdapat tuas persneling, tombol untuk pengoperasian rem parkir elektrik, pilhan mode berkendara. Oh ya, di bawah head unit juga ada wireless charging untuk mengisi baterai gawai.

Ada Fitur Driver Monitoring System di Omoda 5 GT AWD

Review Chery Omoda 5 GT

Chery Omoda 5 GT AWD dilengkapi Driver Monitoring System

Menyandang sebagai varian flagship dari jajaran Omoda 5, varian AWD sudah dilengkapi dengan fitur Driver Monitoring System yang letaknya ada di belakang setir.

Driver Monitoring System (DMS) adalah teknologi yang digunakan dalam kendaraan untuk memonitor aktivitas dan perilaku pengemudi. Sistem ini biasanya menggunakan kamera dan sensor untuk mendeteksi aktivitas pengemudi seperti gerakan kepala, posisi tubuh, dan kehadiran pengemudi di kursi.

Baca juga  Harga Pajero Sport Bekas di Awal 2023, Masih Arogan!

DMS dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan karena dapat mendeteksi tanda-tanda kelelahan, ketidaksengajaan, dan gangguan pengemudi lainnya. Sistem ini juga dapat memberikan peringatan kepada pengemudi jika mereka terlalu lelah atau jika mereka mulai mengalihkan perhatian dari jalan.

Omoda 5 GT AWD Punya 6 Mode Berkendara

Review Chery Omoda 5 GT

Ada pilihan 6 mode berkendara di Omoda 5 GT AWD

Review Chery Omoda 5 GT AWD selanjutnya adalah dari sisi fitur mode berkendara. Khusus untuk varian AWD disediakan 6 pilihan yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia. Dimulai dari moda Normal dan ECO untuk di jalanan pada umumnya, kemudian moda Sport yang agresif yang cocok untuk di jalan tol, pilihan moda Gravel untuk jalan beraspal dan berbatu, moda Mud untuk jalan berlumpur, dan moda Off Road untuk melalui jenis jalanan yang lebih bertekstur.

Chery Omoda 5 GT AWD pakai ukuran velg yang lebih besar dibanding varian FWD yaitu 19 inci kelir hitam. Menurut Chery Indonesia, ukuran velg 19 inci itu untuk mendukung kenyamanan, mensupport penggerak AWD serta kebutuhan estetika tampilan eksterior.

Fitur Lengkap dan Modern

Review Chery Omoda 5 GT

Fitur modern dan cukup lengkap

Chery Omoda 5 GT hadir dengan fitur yang cukup lengkap serta modern. Seperti diungkapkan sebelumnya, pembeda Omoda 5 GT AWD dengan FWD adalah adanya fitur Driver Monitoring System yang hanya ada di Omoda 5 GT AWD.

Namun begitu untuk fitur lain seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang meliputi lane departure warning (LDW), blind-spot detection (BSD), emergency lane keeping (ELK), rear cross traffic alert (RCTA), adaptive cruise control (ACC) with low speed follow, front collision warning (FCW) with vehicle indentification, autonomous emergency braking (AEB), intelligent high-beam control headlamp (IHC), traffic sign recognition (TSR), car lead departure sign (CLDS), integrated cruise assist (ICA), dan 360 HD panoramic camera). Ada pula tambahan L2+ Autonomous Driving System tersedia di Chery Omoda 5 GT FWD dan AWD.

Baca juga  Hyundai Palisade Terbaru Vs Lama, Suspensi dan Kekedapan Beda!

Konsumsi BBM Chery Omoda 5 GT AWD Diklaim Irit

review chery omoda 5 gt awd

Konsumsi BBM Omoda 5 GT irit berkat teknologi iHEC

Review Chery Omoda 5 GT AWD selanjutnya adalah dari sisi konsumsi BBM. Senjata baru di keluaraga Omoda 5 ini kapasitas mesinnya lebih besar (1.600 cc) dibanding varian sebelumnya seperti RZ yang pakai mesin 1.500 cc.

Namun begitu, keduan varian Omoda 5 GT (FWD dan AWD) sudah disematkan teknologi Intelligent Combustion System (iHEC) yang bisa membuat konsumsi BBM lebih irit. Klaim dari Chery, konsumsi BBM varian GT lebih efisien termal hingga 41% lebih baik dibandingkan mesin biasa. Alhasil untuk review konsumsi BBM Omoda 5 GT yang dilakukan secara internal Chery tembus 14,7 km per liter.

“Omoda 5 GT FWD ini juga memiliki konsumsi BBM di angka 6,8 liter per 100 km (14,7 km/liter),” ujar Vice President PT CSI, Harry Komora di sela peluncuran (29/9/2023).

Hanya saja itu untuk versi FWD, sementara untuk Omoda 5 GT AWD punya konsumsi yang sekitar 3 persen lebih boros. 

Harga Chery Omoda 5 GT FWD dan AWD

Review Chery Omoda 5 GT

Harga Omoda 5 GT di bawah Rp 500 juta

Review Chery Omoda 5 GT tentu kurang lengkap jika belum membahas mengenai harga jualnya. Banderolnya cukup mengagetkan khususnya untuk varian AWD. Berikut harga Omoda 5 GT FWD dan AWD 2023:

  • Chery Omoda 5 GT FWD Rp 448,8 juta (OTR Jakarta)
  • Chery Omoda 5 GT AWD Rp 488,8 juta (OTR Jakarta)

Sebagai informasi, khusus untuk pembelian Omoda 5 GT baik FWD atau AWD sebelum 31 Oktober 2023, konsumen akan mendapat promo mulai dari gratis paket proteksi/asuransi selama satu tahun untuk seribu konsumen pertama dan hadiah spesial. Lalu ada layanan aftersales standard berupa garansi mesin 1.000.000 km atau selama 10 tahun, garansi kendaraan 150.000 km atau enam tahun dan gratis biaya perawatan dan suku cadang sampai 60.000 km atau empat tahun.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Chery Omoda 5 GT AWD. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika