by

Honda HR-V Hybrid 2021 Meluncur, Berubah Total!

Honda HR-V hybrid 2021 resmi dirilis untuk pasar domestik Jepang. Mobil yang mengambil segmentasi pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV), kini hadir dengan desain, fitur, dan teknologi terbaru.

Di Jepang, Honda HR-V lebih dikenal dengan nama Vezel. Pada generasi teranyarnya, tersedia dalam tiga versi hybrid dan satu mesin konvensional. Ketiga varian hybrid Honda HR-V baru ini antara lain adalah e:HEV X, e:HEV Z dan e:HEV Play

Secara tampilan, HR-V 2021 ini hadir dengan tampilan yang lebih fresh mulai dari bagian depan sampai belakang. Bahkan, untuk desain yang dihadirkan, sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Secara garis besar, pada bagian depan desain mobil ini semakin memberikan nuansa yang premium dengan grill serta lampu depan yang baru.

Sementara pada sisi samping, perubahan yang diadopsikan tidak begitu terlihat jelas. Hanya saja, salah satu keunikan dari door handle baris kedua tetap dipertahankan di bagian pilar c, sehingga garis sporty yang dibentangkan dari bagian depan sampai belakang memberikan esensi yang lebih baik.

Baca juga  First Drive Wuling Almaz RS Buktikan Kecanggihan WISE

Desainer Honda HR-V Hybrid terbaru sudah membuat penampilan yang lebih istimewa pada bagian belang. Lampu belakang yang membentang di kedua sisinya, mencerminkan sebuah SUV mewah yang hadir dengan fitur dan teknologi terkini.

Seperti yang sudah dijelaskan, Honda HR-V ini dihadirkan dalam dua pilihan powertrain, yakni hybrid dan mesin bensin. Untuk sistem bensinnya sendiri, Honda HR-V terbaru datang dengan mesin berkapasitas 1.5 liter DOHC i-VTEC dengan dukungan transmisi CVT. 

Depot daya peminum bensin tersebut berbeda dengan mesin HR-V yang saat ini dijual di Indonesia. Pasalnya ada teknologi DOHC tersemat di sana. Sementara HR-V produksi Tanah Air masih mengandalkan SOHC.

Honda Sensing Hadir di HR-V Hybrid

Honda HR-V Baru 2021
Honda HR-V Hybrid baru sudah dibekali dengan fitur Honda Sensing

Model anyar Honda HR-V Hybrid 2021 menyematkan teknologi dari sisi keselamatan yang mereka sebut Honda Sensing. Ftur ini meliputi keamanan berkendara mulai dari short range collision mitigation range, adaptive cruise control, auto high beam, pedestarian accident reduction steering, collision mitigation brake, dan lane maintenance support system.

Baca juga  7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Bahkan, Honda HR-V Hybrid ini juga sudah dibekali dengan tambahan fitur Honda Connect yang didalamnya termasuk honda digital key, honda remote operation, emergency support center, in-car Wi-Fi, Automatic Map Update, serta Honda ALSOK rush service.

Meski sudah diluncurkan secara resmi, namun Honda HR-V terbaru ini baru akan tersedia di pasar otomotif pada April 2021 mendatang.

Kapan Honda HR-V Hybrid Masuk Indonesia?

honda hr-v hybrid
Tersedia pula pilihan mesin bensin 1.5 liter DOHC

Sejauh ini Honda HR-V Hybrid memang masih diperkenalkan untuk pasar Jepang dan Eropa. Itu pun dengan nama Honda Vezel. Lalu bagaimana peluang mobil SUV ringkas tersebut masuk Tanah Air?

“HR-V model sekarang masih banyak peminatnya, di Jepang itu kan Vezel. Kalau refreshment suatu produk itu kita harus melihat permintaan pasarnya seperti apa. Kita belum bisa bicara apakah Vezel yang ada di Jepang akan dibawa atau tidak,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy dalam konfrensi pers virtual bersama wartawan pada Rabu (18/02/2021).

Prediksi kami, kalau pun dijual di Tanah Air maka bukan versi Honda HR-V Hybrid yang bakal dipasarkan lebih dulu. Kemungkinan besar pabrikan berlogo H ini menjual versi 1.5 liter bensin dengan revisi teknologi dari SOHC jadi DOHC, seperti di City Hatchback.

Baca juga  7 Kekurangan Wuling Almaz, Jangan Asal Beli

Menilik pernyataan Yusak Billy, kelahiran HR-V terbaru di Indonesia sepertinya tidak dalam waktu dekat. Bisa jadi akhir 2021 atau malahan tahun depan. Jadi bersabar ya! 

Terbaru