by

Subaru WRX Terbaru Meluncur Agustus 2021, Lebih Buas!

Akhirnya kemunculan Subaru WRX terbaru sudah terkonfirmasi. Mobil sedan sport ini bakal meluncur pada New York International Auto Show pada 19 Agustus 2021.

“Kami akan melakukan streaming untuk world premiere secara live dan kamu tidak ingin kelewatan pembukaan selubung dari berbagai peningkatan seperti mesin, suspensi, dan desain agresif,” seperti dikutip dari laman resmi Subaru Amerika Serikat.

Dari bocoran tersebut, tampak jelas bahwa ubahan untuk Subaru WRX terbaru cukup menyeluruh. Lalu Subaru juga memunculkan video teaser mobil tersebut. Hanya saja memang lebih banyak menampilkan debu akibat laju mobil di padang pasir.

Soal tampilan, ada beberapa yang terlihat beda. Misalnya lebih banyak penggunaan aksen hitam di bodi. Lalu sisanya belum tampak perbedaan lain. Dari video, tampak pula mobil sedan ini masih memiliki kap mesin dengan lubang, shark fin antenna, hingga empat knalpot.

Besar kemungkinan, All New Subaru WRX ini akan punya tampilan yang mirip dengan mobil konsep Subaru Viziv. Jika benar, maka bodinya bakal mendapat garis-garis tubuh tajam.

Baca juga  Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur, Makin Canggih!

Walau demikian, jangan berharap sayap besar di belakang muncul seperti halnya Viziv. WRX model standar, tidak mungkin memilikinya. Kecuali yang diluncurkan adalah WRX STI, pastilah spoiler besar untuk menambah aerodinamika itu hadir.

Performa Subaru WRX Terbaru, Tembus 300 hp?

Subaru WRX terbaru
Kabarnya performa mesin bakal ditingkatkan dengan mendongkrak kapasitas

Bicara mesin Subaru WRX terbaru, yang terlihat dari video adalah speedometer dengan redline muncul dari 6.100 rpm. Dengan kata lain turun dibandingkan WRX model lama yang mulai dari 6.700 rpm.

Jika sudah begitu, yang biasa terjadi penggunaan mesin baru dengan kapasitas lebih besar. Kalau sebelumnya WRX pakai kapasitas 2.0-liter, maka kini ditingkatkan jadi 2.4-liter. Otomatis performanya semakin buas.

“Kemungkinannya WRX akan menggunakan mesin Subaru FA24 2.4-liter boxer milik Ascent, Outback, dan Legacy yang bisa melontarkan tenaga hingga 260 hp dan torsi 375 Nm. Tapi fokus WRX adalah sport sehingga bisa memberi performa lebih baik (mencapai 300 hp menurut media Jepang),” seperti dikutip dari laman Carscoops.

Bila benar Subaru WRX terbaru mampu memiliki performa hingga 300 hp, bagaimana dengan WRX STI? Apakah akan tembus 400 hp? Gila!

Baca juga  Daftar Harga Toyota Camry Bekas, Mulai Rp 30 Jutaan

Lalu untuk sistem penggerak, pastilah menggunakan all wheel drive (AWD) atau semua roda selaku ciri khas mobil Subaru. Soal teknologi hybrid, sampai sekarang belum ada bocoran jelas.

Penasaran dengan spesifikasi lengkap dari mobil sport ini? Sabar, peluncurannya secara global bakal dilakukan lebih dulu di Amerika Serikat pada 19 Agustus 2021.

Setelahnya bisa jadi Indonesia akan kebagian unit, terlebih Subaru memang sudah kembali lagi ke Tanah Air lewat pemegang merek Plaza Subaru. Hanya saja sampai sekarang, mereka baru memiliki satu bengkel dan cuma menangani servis serta penjualan sparepart.

Penjualan mobil Subaru di Indonesia sendiri, rencananya akan berlangsung pada pertengahan 2021. Walau demikian ada kemungkinan ditunda lantaran tingginya angka penyebaran virus korona di Tanah Air.

Pantau terus Moladin agar mendapat informasi otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri.

Terbaru