Senin, April 15, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Praga R1, Supercar Ceko Kini Resmi Dijual di Indonesia

by Ivan
Spesifikasi Praga R1 kini dijual di Indonesia

Spesifikasi Praga R1 resmi diungkap Janto Group, perusahaan yang menaungi tiga unit bisnis otomotif. Seperti diketahui Janto Group resmi mewadahi APM Ducati Indonesia, showroom mobil mewah Glamour Auto Boutique, dan 2Wheelers yang tak lain diler motor gede (moge).

Dalam kesempatan buka puasa bersama dengan para awak media, Kamis (27/1), Janto Group menghadirkan 4 produk unggulan dari masing-masing unit bisnisnya. Ducati Indonesia memboyong Panigale V4 R dan Panigale V4 Bagnaia 2022 World Champion Replica, Spesifikasi Praga R1 oleh Glamour Auto Boutique, dan Aston Martin AMB 001 Pro oleh 2Wheelers.

“Acara buka bersama ini kami lakukan karena ingin selalu menjaga hubungan yang baik dengan rekan-rekan Media. Bukan hanya berkumpul dan beramah-tamah, kami juga menghadirkan 4 produk unggulan kami sekaligus memberikan market education kepada orang-orang yang memiliki passion terhadap motor dan mobil balap. Salah satunya mobil balap Praga R1 yang memiliki efficient racing running cost dengan harga yang terjangkau di kelasnya” Ucap Jimmy Budhijanto, CEO Janto Group.

Baca juga  Lamborghini Huracan EVO AWD Dijual, Berapa Harganya?

Nah secara khusus kami ingin membahas secara lebih mendalam mengenai spesifikasi Praga R1 yang detail speknya bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pemesannya.

Apa itu Praga R1 ?

Praga R1 adalah mobil spek balap dengan jubah full karbon
Praga R1 adalah mobil spek balap dengan jubah full karbon

Praga merupakan produsen otomotif asal Republik Ceko dan Praga R1 adalah mobil spek balap dengan jubah full karbon yang dirancang dengan monocoque komposit, terinspirasi oleh prototipe mobil-mobil Le Mans.

Struktur bodi Praga R1 yang melindungi dari tabrakan terdiri dari serat karbon monocoque yang dipesan lebih dahulu, lantai yang diperkuat karbon/Kevlar, crash box depan dan belakang, dan crumple zone di bodi samping.

Struktur bodi Praga R1 meski ringan dibuat kokoh
Struktur bodi Praga R1 meski ringan dibuat kokoh

Spesifikasi Praga R1 lahir dari upaya bersama antara Praga Cars dan Rejsa Racing di tahun 2013. Didesain untuk kecepatan, Praga R1 dirancang untuk memberikan pengalaman balap yang tak tertandingi di lintasan. Tidak berlebihan jika motonya ialah Lightweight, Extreme downforce, Full-carbon, High safety, dan Low running cost.

Berapa Harga Praga R1 di Indonesia ?

Karena bisa dipesan berdasarkan spesifikasi pilihan customernya alias besopke maka harga mobil ini bisa berbeda-beda. Namun sebagai gambaran, pihak Janto Group memberi kisaran harga mobil yang terlihat layaknya mobil F1 versi jalan raya dijual dengan harga mulai Rp 2,5 – 6 miliar.

Baca juga  Harga Yangwang U9 Bikin Kaget, supercar listrik dari Cina!

Spesifikasi Praga R1 Yang Eksotis

Mesin Praga R1 ialah buatan Renault
Mesin Praga R1 ialah buatan Renault

Praga R1 ditenagai oleh mesin Renault berkapasitas 1998 cc turbo-charged yang menjanjikan tenaga hingga 365 bhp pada putaran 6.900 rpm dan torsi sebesar 395 Nm yang dikail mulai putaran 3.750-6.000 rpm. Mesin ini tersalur ke roda via transmisi semi otomatis 6 percepatan sequential dengan trans-axle gearbox besutan Hewland JFR.

Kombinasi ini menjanjikan akselerasi yang mendebarkan dari 0 hingga 100 km/jam yang diklaim bisa dikunci cuma dalam 3 detik. Sistem transmisi sequential 6-speed memastikan perpindahan gigi yang mulus dan responsif, sementara suspensi independen dengan setup yang bisa disesuaikan memungkinkan mobil ini melewati tikungan dengan presisi yang luar biasa.

Berbicara desain, Praga R1 dirancang dengan panjang 4.130 mm, lebar 1.803 mm dan tinggi 978 mm dirancang cermat untuk memaksimalkan downforce dan efisiensi aerodinamis. Fitur-fitur seperti splitter depan yang besar, diffuser belakang, dan spoiler yang dapat disesuaikan membantu menjaga mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi, memberikan pengemudi kendali penuh di sepanjang sirkuit.

Baca juga  Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae, Edisi Terakhir!
Kabin Praga R1
Kabin Praga R1

Menggunakan material yang ringan sehingga ketika Praga R1 dipacu melesat di sirkuit, mobil ini mampu mengurangi tingkat konsumsi keausan ban secara efektif. Selain itu, mobil ini juga memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Bahkan meski menjadi mobil single seater, Praga R1 juga tidak ‘tega’ mengorbankan kenyamanan pengemudinya.

Nuansa Interior yang racing mampu dikemas secara ergonomis dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti layar LCD berwarna, sistem telemetri, dan jok bucket yang dapat disesuaikan, memastikan pengemudi dapat fokus sepenuhnya mengendalikan buasnya laju mobil ini.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika