Minggu, September 25, 2022

Subaru Forester STI Sport Meluncur, Ganteng Jago Nikung!

by Tigor Sihombing
Subaru Forester STI

Subaru Forester STI Sport meluncur di Jepang. Memang bukan di Indonesia, tapi bukan tidak mungkin ke depannya Tanah Air akan kebagian unit.

SUV bermesin boxer tersebut kini tampil dengan versi yang lebih sporty dibanding model lainnya yaitu Touring, X-Break, Advance, dan Sport. Di samping itu performa berekendaranya juga jadi istimewa.

Sebagai informasi, STI alias Subaru Tecnica International merupakan divisi motorsport milik Subaru. Kalau di Toyota ada Gazoo Racing, sementara Mitsubishi pakai Ralliart.

Dari segi eksterior, Forester mendapat logo STI berwarna merah pada bagian grille dan pintu belakang. Di beberapa bagian eksterior juga dicat berwarna hitam glowsy mengkilap untuk mengekspresikan kualitas dan kesan sporty yang matang.

SUV tersebut juga menggunakan velg aluminium berukuran 18 inci yang dibalur dengan cat berkonsep “Super Black High Luster Paint”. Makin terlihat ganteng dengan penggunaan ban ukuran 225/55R 18 inci all-season.

Subaru Forester STI tersedia dengan empat pilihan warna. White Pearl, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, dan Crystal Black Silica.

Baca juga  5 Masalah Toyota Innova Bensin Bekas yang Umum Terjadi

Berlanjut pada bagian interior, didekorasi dengan bagian hitam untuk mengekspresikan cita rasa sporty yang matang. Selain itu, kursi kulit Nappa eksklusif di Bordeaux dan Hitam menciptakan ruang yang nyaman dan berkualitas tinggi. Subaru juga menyematkan logo STI pada bagian headrest.

Suspensi Hitachi Astemo SFRD Bikin Performa Subaru Forester STI Sport Lebih Istimewa

Subaru Forester STI

Pada Subaru Forester STI Sport suspensi depan menggunakan peredam besutan Hitachi Astemo SFRD yang sebelumnya menggunakan keluaran  SHOWA. Peredam SFRD ini menghasilkan gaya redaman yang lebih tinggi ketika adanyabtekanan besar ke bodu saat menikung, hasilnya meningkatkan traksi ban ke jalan yang lebih baik.

Pada mobil Subaru Forester STI Sport, suspensi depan menggunakan peredam besutan Hitachi Astemo SFRD. Sebelumnya menggunakan keluaran Showa.

Suspensi anyar ini menghasilkan gaya redaman yang lebih tinggi ketika adanya tekanan besar ke bodi saat menikung. Hasilnya traksi ban ke jalan jadi lebih baik. Subaru mengatakan, settingan suspensi terbaru versi STI ini memberikan sensasi berkendara yang lebih mudah diatur, lebih nyaman, dan agresif saat bermanuver.

Baca juga  4 Perbedaan Fortuner Diesel 2.8 Liter Vs 2.4 Liter

Selain itu, suspensi belakang juga telah disetel secara khusus agar sesuai dengan karakteristik suspensi depan. Ini mengoptimalkan keseimbangan kendaraan secara keseluruhan dan meningkatkan stabilitas belakang.

Dengan setelan dari STI, Subaru mengklaim kemampuan menikung Forester, jadi mirip dengan sedan sport. Meskipun mobil ini memiliki center of gravity yang cukup tinggi.

Pada sektor mesin, Subaru Forester STI Sport mengusung jantung pacu 1.8 liter turbo. Tidak ada ubahan sama sekali dibanding  varian Forester lain. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 175  hp dan torsi sebesar 300 Nm. Tenaga disalurkan ke sistem penggerak roda All Wheel Drive lewat transmisi CVT.

Mesin yang digunakan berbeda dengan Forester yang dijual di Indonesia. Pasalnya di Tanah Air, mobil SUV ini cuma pakai mesin 2.500 cc.

Terkait harga Subaru Forester STI Sport dibanderol sekitar 3,6 juta yen atau setara Rp 388 jutaan. Demikian ulasan terkait peluncuran Subaru Forester STI terbaru di Jepang. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Hasil Tes Konsumsi BBM Subaru XV, Irit Banget!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika