by

Suzuki Jimny Produksi India, Ada Versi 5-Pintu

Maruti Suzuki akhirnya mulai merakit sport utility vehicle (SUV) legendaris nan fenomenal, yakni Jimny di Negeri Bollywood. Proses perakitan Suzuki Jimny produksi India tersebut dilakukan, sebelum secara resmi produknya meluncur pada tahun 2021 mendatang.

Hasil mengutip dari laman Indianautosblog, Suzuki India merakit sebanyak 50 unit Suzuki Jimny 3-pintu di fasilitas pabrik Gurugram. Sementara komponen CKD Jimny itu diimpor langsung dari Jepang.

Saat ini, perakitan Suzuki Jimny tiga pintu di Negeri Hindustan masih berstatus percobaan. Prosesnya dilakukan di ‘line’ produksi yang juga dipakai untuk Suzuki Gypsy selaku mobil SUV body-on-frame.

Jika proses percobaan perakitan Jimny itu sukses dan berlanjut. India dipastikan jadi pusat manufaktur Jimny 3-pintu yang diproyeksi untuk memenuhi pasar ekspor. Berbeda dengan market Asia lainnya, rencananya Suzuki Jimny produksi India akan hadir juga dalam model lima pintu.

Berdasarkan hasil riset Maruti Suzuki India, Suzuki Jimny 3-pintu tidak akan mendapatkan respon yang besar dari konsumen. Pasalnya dianggap tidak praktis dan tidak mampu mengangkut banyak penumpang maupun barang dengan jumlah yang besar.

Baca juga  Asuka Car TV Rilis Head Unit Baru Untuk Pajero dan Fortuner

Alhasil, Maruti Suzuki berinisiatif untuk merilis varian lima pintu yang dirasa memang dibutuhkan bagi pasar Negeri Hindustan. Meski pabrikan harus merogoh kocek lebih dan waktu yang lebih lama untuk mendesain ulang SUV itu.

Sosok Suzuki Jimny Produksi India

suzuki jimny produksi india 5-pintu
Hasil reka digital dari SRK Design soal Jimny 5-Door, dimensinya lebih panjang

Membahas lebih jauh mengenai Suzuki Jimny produksi India, SUV itu kabarnya siap dibekali platform body-on-frame yang serupa dengan Gypsy dan Mahindra Thar. Menyoal jantung mekanis masih mengandalkan mesin bensin berkode K15B yang juga digunakan pada Suzuki Ertiga di Indonesia.

Mesin berkubikasi 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 105 PS itu dipasang secara longitudinal di Jimny. Jadi mesin mampu menggerakan roda belakang ataupun keempat roda.

Tenaga yang dihasilkan mengalir melalui pilihan transmisi 5-percepatan manual dan otomatis converter torsi 4-percepatan. Sedangkan untuk sistem penggerak empat roda dengan transfer case jarak rendah hadir sebagai standar.

“Kami berharap Jimny spesifikasi India 5 pintu memiliki opsi mesin dan kotak persneling yang serupa,” tulis Maruti Suzuki dalam keterangan resminya.

Sekadar informasi, MK4 Jimny yang dipasarkan untuk pasar Jepang dan global saat ini hanya diproduksi oleh pabrik Suzuki Kosai di Prefektur Shizuoka, Jepang. Sejalang dengan permintaan pasar yang besar termasuk Indonesia, mulai tahun ini Maruti Suzuki juga diproduksi di India.

Baca juga  4 Poin Keunggulan DFSK Glory 560, Masih Ragu Beli?

Dalam memenuhi pasar ekspor, Maruti Suzuki memproduksi Suzuki Jimny versi 3-pintu untuk global dan versi 5-pintu baru untuk pasar Negeri Bollywood di perusahaan Hansalpur di Negara Bagian Gujarat, India.

Mobil SUV itu hadir untuk menjadi rival kuat dari Mahindra Thar selaku kompetitor yang juga akan hadir dalam model lima pintu.

Meski demikian, bukan tidak mungkin Suzuki Jimny produksi India dengan model 5-pintu bakal pula diekspor ke negara lain, seperti Indonesia. Pasalnya sudah banyak mobil Maruti Suzuki yang masuk ke pasar Tanah Air, sebut saja Ignis, Baleno, SX-4, dan lain-lain.

Well.. kita tunggu bersama kelanjutan Suzuki Jimny! Semoga Indonesia kebagian unit.

Baca juga:

Terbaru