by

Lokasi dan Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta

Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta – Untuk sampai ke bandara, ada begitu banyak moda transportasi yang bisa digunakan. Sebagian orang kerap memilih diantar keluarga, ada juga yang menggunakan jasa transportasi online, diantar jasa travel, taksi bandara, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, ketika hendak bepergian dengan pesawat. Kamu bisa memanfaatkan layanan parkir inap yang memang sudah disediakan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bandara, terutama bandara besar, yang sudah menyediakan lahan parkir inap. Layanan parkir inap biasanya memiliki tarif dan aturan yang berbeda dibanding parkir regular.

Oleh karena itu, sebelum memanfaatkan layanan parkir inap bandara. Sebaiknya kamu perlu mengetahui prosedurnya secara detil, sebelum memutuskan meninggalkan kendaraanmu di lahan parkir bandara.

Pasalnya jika kamu salah parkir, kamu bisa diganjar biaya yang mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Jika perjalananmu memakan waktu yang lama.

Sebagai contohnya adalah bandara Soekarno-Hatta atau Soekarno Hatta International Airport (SHIA) yang juga menyediakan lahan parkir inap, bagi para pelancong yang ingin terbang dari sana.

Kamu bisa meninggalkan mobil ataupun motor di lahan parkir inap. Selama kamu bepergian ke luar kota ataupun ke luar negeri.

Parkir inap ini sengaja disediakan bagi mereka yang butuh menitipkan kendaraan, dalam waktu lebih dari empat jam. Pihak pengelola bandara pun sudah membuat parkir inap menjadi lebih akomodatif bagi mobil yang ditinggal lumayan lama oleh para pemiliknya.

Fasilitas pada parkir inap lebih lengkap dan memadai untuk kendaraan, utamanya roda empat. Di lokasi ini sudah terdapat kanopi untuk melindungi kendaraan.

Tersedia juga layanan shuttle untuk mengantarkan pemilik kendaraan menuju terminal yang dituju, serta tarif parkir inap mobil bandara Soekarno Hatta juga cenderung lebih murah.

Pengguna roda dua pun tak perlu khawatir, karena tersedia juga lahan parkir, dengan tarif parkir inap motor bandara Soekarno Hatta yang juga terjangkau.

Namun jika kamu salah parkir, menggunakan lokasi parkir reguler. Kamu akan akan dikenai tarif progresif yang relatif mahal.

Awas Salah Lahan Parkir Inap di Bandara

Tarif parkir inap bandara soekarno hatta
Salah menggunakan lahan parkir, kamu bisa mendapati tarif parkir inap bandara soekarno hatta yang cenderung besar

Contoh salah seorang yang salah menggunakan lahan parkir inap di bandara terjadi pada tahun 2018 lalu. Di mana seorang pemilik mobil mendapatkan tagihan lebih dari satu setengah juta rupiah. Karena memarkir kendaraannya selama beberapa hari di tempat parkir reguler.

Untuk lokasi parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di depan kantor imigrasi dan di depan stasiun kereta bandara.

Tempat parkir inap ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, bisa menampung hingga 868 mobil. Jika anda kesulitan menemukan tempat parkir inap ini, jangan ragu bertanya dan meminta bantuan kepada petugas atau pegawai bandara.

Berikut harga parkir bandara Soekarno Hatta

Jenis Kendaraan

Jam Pertama

Tiap Jam Berikutnya

Jika Melebihi 4 Jam

Sedan, Jeep, dan sejenisnya

Rp5.000 untuk satu jam pertama

Rp4.000

Rp10.000 per jam

Bus dan Truk Golongan 1 (4-6 roda)

Rp12.000 untuk dua jam pertama

Rp3.000 untuk 4 jam berikutnya

Rp3.000 per jam

Bus dan Truk Golongan 2 (> 6 roda)

Rp17.000 untuk dua jam pertama

Rp5.000

Sepeda Motor dan Sejenisnya

Rp5.000 Setiap kali masuk atau per hari

Tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta untuk langganan umum

Jenis Kendaraan

Tarif Langganan Bulanan

Tarif Langganan Tahunan

Sedan, Jeep, dan sejenisnya

Rp720.000

Rp7.200.000

Bus dan Truk

Rp820.000

Rp8.200.000

Sepeda Motor dan Sejenisnya

RP150.000

Rp1.500.000

Secara garis besar, tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta cukup simpel. Sebagai contoh untuk mobil sedan, jeep, dan sejenisnya tarif Rp 30.000 untuk 4 jam pertama. Selanjutnya tarifnya adalah Rp 6.000 untuk tiap jam berikutnya.

Khusus untuk parkir pengendapan taksi, tarifnya adalah Rp 7.000 untuk setiap kali masuk atau per hari.

Tak hanya bisa memanfaatkan parkir inap Bandara untuk mobil di parkiran resmi, kamu juga bisa memanfaatkan jasa parkiran swasta yang terletak di sekitar bandara. Salah satunya adalah lahan parkir inap Soewarna Business Park yang menyediakan layanan dengan tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta yang cukup terjangkau bagi pengunjung SHIA.

Lokasi dan Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta yang Berada di Soewarna Business Park

Tarif parkir inap bandara soekarno hatta
Mengenal lokasi dan tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta yang berada di Soewarna Business Park

Membahas mengenai lokasi parkir inap Bandara Soekarno Hatta di Soewarna Business Park. Ternyata sangat mudah dijangkau, hanya sekitar 2,5 kilometer dari pintu tol Bandara, tepatnya di seberang Cengkareng Golf Club. Di sekitar lahan parkir ini adalah berbagai restoran terkenal dan foodcourt yang baru dibuka.

Terkait dengan tarif parkir Bandara di parkir inap Soewana ini, kamu cukup membayar Rp 4.000 per jam saja. Apabila kamu memarkirkan mobil lebih dari 24 jam, kamu cukup membayar 15 jam saja per harinya. Jadi kamu mendapat 9 jam parkir gratis di sini.

Dengan kata lain, tarif parkir mobil di Soewarna maksimal adalah Rp 60.000 per 24 jam. Cukup murah bukan, untuk ukuran parkir harian.

Soewarna Business Park memiliki 6,5 atap untuk menampung mobil. Setiap atap memiliki kapasitas sekira 40 mobil. Secara total, parkiran ini mampu menampung sekitar 260 mobil setiap harinya.

Keberadaan atap itu menjamin mobil tidak akan kehujanan ataupun kepanasan. Keamanan terjamin, karena parkir inap Soewarna sudah dilengkapi dengan CCTV dan petugas keamanan yang memadai.

Sebagai layanan tambahan, Soewarna juga melayani car wash, wax, scrub jamur di kaca, serta poles bodi mobil. Wah.. jadi kamu bisa sekalian perawatan kendaraan, Sob!

Tidak hanya itu saja, lahan parkir inap Soewarna juga didukung dengan shuttle service yang siap mengantarkan kamu ke terminal bandara 24/7. Kamu juga bisa minta dijemput dari bandara untuk mengambil mobil di Soewarna lagi.

Baca Juga :

Mengenal Lokasi dan Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta di Setiap Terminal

tarif parkir inap bandara soekarno hatta
Lokasi dan tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta, tersedia di Terminal 3

Lebih jauh membahas mengenai lokasi dan juga tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta. Kamu juga bisa memanfaatkan lahan parkir inap terminal 1, parkir inap terminal 2, dan parkir inap terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Pihak PT Angkasa Pura II selaku pengelola mengklaim bahwa penggunaan parkir inap terminal dalam waktu yang lama lebih hemat. Pengunjung bandara bisa memarkir kendaraannya di parkir inap ini.

“Ada di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 Internasional, Parkir Inap 1 dekat kantor pusat (Angkasa Pura II), dan Parkir Inap 2 dekat Stasiun KA Bandara,” ungkap Febri Toga Simatupang, Senior Manager Branch of Communication Angkasa Pura II.

Terkait dengan lokasi, seluruh parkir inap yang disebutkan tadi, merupakan area parkir inap yang dikelola penuh oleh Angkasa Pura II. Lokasi pertama parkir inap Terminal 1, berada di area parkir 1B, di depan stasiun Skytrain 1B.

Sementara untuk tempat parkir inap di Terminal 2 berada di area parkir 2E, di depan Stasiun Skytrain 2E. Kemudian parkir inap Terminal 3 Internasional, lokasinya berdekatan dengan parkir harian Terminal 3 Internasional.

Setiap tempat parkir inap yang berada di area dalam terminal, diharapkan mampu memberikan kenyamanan tersendiri khususnya bagi yang memang langsung ingin menuju ke terminal tertentu.

Pengguna kendaraan yang memarkirkan kendaraan di lokasi parkir inap terminal cukup berjalan kaki saja.

1. Tarif Parkir Inap Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta

Tarif parkir inap terminal 1 bandara Soekarno Hatta
Daftar tarif parkir inap terminal 1 bandara Soekarno Hatta

Seperti dijelaskan sebelumnya tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta, khususnya di terminal satu. Untuk mobil per jam Rp 30.000 untuk empat jam pertama, dan Rp 6.000 untuk setiap jam berikutnya.

Khusus parkir sepeda motor, tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta di terminal satu sebesar Rp 5.000 per jam.

2. Tarif Parkir Inap Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

tarif parkir inap terminal 2 bandara Soekarno Hatta
Tarif parkir inap terminal 2 bandara Soekarno Hatta

Serupa dengan tarif parkir inap terminal 1 Bandara Soekarno Hatta. Angkasa Pura II juga memberikan tarif yang sama, khusus untuk mobil yakni Rp 30.000 per jam untuk empat jam pertama, dan Rp 6.000 untuk setiap jam berikutnya.

Sementara untuk sepeda motor, harga parkir Bandara Soekarno Hatta khusus inap di terminal dua sebesar Rp 5.000 per jam.

Sebagai gambaran untuk kamu, lokasi tempat parkir inap kendaraan. Berlokasi tak jauh dari tempat parkir harian. Maka dari itu, pengunjung harus berhati-hati dan sangat memerhatikan papan lokasi tempat parkir.

Setidaknya kamu wajib untuk memastikan bahwa papan tersebut menunjukkan lokasi parkir inap, bukan parkiran harian. Jangan sampai salah masuk, ya Sob!

Selain di area dalam terminal-terminal, ada juga tempat parkir inap 1 dan 2 yang berlokasi di depan Gedung 601 Angkasa Pura II dan dekat Stasiun Kereta Bandara Railink.

Fasilitas Parkir Bandara Khusus Inap Milik AP II

lokasi parkir inap bandara Soekarno Hatta
Lokasi parkir inap bandara Soekarno Hatta

Nah, seperti Moladin jelaskan sebelumnya mengenai harga parkir Bandara khusus kendaraan inap yang dikelola AP II sebesar Rp 30.000 untuk empat jam pertama, dan Rp 6.000 untuk setiap jam berikutnya untuk mobil.

Untuk lokasi parkir inap di depan Gedung 601 Angkasa Pura II dan dekat Stasiun Kereta Bandara Railink agak jauh dari terminal, oleh karena itu menyediakan shuttle gratis.

Cara menggunakan fasilitas shuttle ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menunjukkan tiket parkir saja pada petugas di sana. Kemudian minta shuttle untuk mengantarkanmu ke terminal tujuan.

Fasilitas shuttle ini gratis dan pengemudi sama sekali tidak diizinkan menerima tip dari penumpang. Jika urusan di bandara telah selesai dan kamu ingin kembali ke mobil, maka tinggal menghubungi nomor yang sudah diberikan sebelumnya oleh petugas parkir untuk bisa menjemput kamu di lokasi terminal kamu berada.

Namun, jika kamu ingin berpetualang dengan berkeliling terminal-terminal di Bandara Soetta, kamu bisa juga menggunakan fasilitas Skytrain atau kalayang antar terminal yang tersedia gratis.

Dari lokasi parkir inap 1 dan parkir inap 2, kamu hanya perlu berjalan kaki. Lokasi parkir inap 1 dan parkir inap 2 berada tak jauh dari Stasiun KA Bandara.

Setelah berjalan kaki ke sana, kamu tinggal menaiki eskalator ke area lantai dua, dan menunggu Skytrain yang punya jadwal perjalanan setiap 15 menit sekali. Jadwal tersedia langsung di sana dan rute kalayang sendiri adalah dari Terminal 1-Stasiun KA Bandara-Terminal 2-Terminal 3.

Parkir Inap Motor Bandara Soekarno Hatta

Parkir inap motor Bandara Soekarno Hatta
Parkiran sepeda motor Bandara Soekarno Hatta

Tak hanya sebatas menyediakan parkir inap mobil, Bandara Soekarno Hatta pun turut menyediakan parkir inap khusus untuk motor.

Sebagai gambaran terkait lokasi dan juga tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta untuk sepeda motor. Parkir inap motor Bandara Soekarno Hatta ini berada di setiap terminal, baik di terminal 1, terminal 2, maupun terminal 3.

Tarif parkir inap motor ini flat seharga Rp 5.000 per jam. Jadi dalam satu hari kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp 120 ribuan.

Gimana, sekarang sudah tahukan lokasi dan juga tarif parkir inap Bandara Soekarno Hatta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kamu!

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Comment

Leave a Reply

Terbaru