by

4 Tips Merawat Jok Motor Biar Tetap Empuk dan Awet

Jok motor merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang penting fungsinya. Utamanya adalah untuk menopang badan pengendara. Karenanya, merawat jok motor biar tetap empuk dan awet perlu perawatan rutin yang sebenarnya mudah diakukan namun sering terabaikan.

Fungsinya untuk menopang badan pengendara, otomatis kenyamanan dari jok sangatlah penting. Sebab kenyamanan saat berkendara kunci utama agar badan tidak mudah capek.

Selain itu, jika tampilan jok selalu bersih dan terawat, tentunya juga akan menambah nilai estetika dari sepeda motor tersebut.

Untuk melakukan perawatannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan juga harus dihindari. Bahkan ada yang harus ditinggalkan. Berikut cara merawat jok motor.

1. Mencuci rutin jok motor

merawat jok motor

Kegiatan khusus mencuci jok memang jarang dilakukan jika jok tidak terkena kotoran yang membandel. Mencuci jok biasanya dilakukan berbarengan saat mencuci sepeda motor.

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci jok adalah hindari menggunakan sembarang sabun cuci. Gunakan sabun atau shampo khusus supaya jok motor tetap mengkilap.

Baca juga  7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

Hindari menggunakan sikat yang kasar saat membersihkan jok, karena hal tersebut akan merusak tekstur dari jok motor. Bahkan jika dilakukan secara terus menerus bisa berakibat merobek cover jok motor.

Selain itu, hindari juga menggunakan semir ban untuk memperkilap jok motor. Imbasnya akan membuat kondisi kulit jok makin memburuk. Gunakan semir khusus untuk yang saat ini sudah banyak dijual di toko online

Oh ya, jangan lupa segera keringkan jok motor setelah dicuci dan dibersihkan. Gunakan lap kering yang bertekstur halus untuk mengeringkannya.

2. Atur barang bawaan

muatan jok motor

Tips berikutnya dalam merawat jok motor yaitu mengatur bwang bawaan di atas jok motor.  Hal tersebut untuk menghindari jok motor robek atau cepat kusam. Selain itu gunakan alas berupa kardus atau terpal saat membawa muatan di atas jok motor.

Selanjutnya hindari membawa muatan yang berlebihan, hal tersebut bisa berakibat busa jok akan cepat meipis dan rusak.

3. Bersihkan noda membandel yang menempel di jok

Saat jok motor terkena noda yang membandel, segera bersihkan noda tersebut agar tidak membekas di kulit jok. Selain itu juga jika noda tersebut dibiarkan terlalu lama akibatnya bisa meninggalkan bekas atau bercak noda yang susah atau tidak bisa dihilangkan.

Baca juga  5 Estimasi Biaya Perbaikan Motor Terendam Banjir

“Membersihkan jok yang terkena noda membandel bisa menggunakan cairan pembersih khusus, atau jika saat itu tidak ada cairan pembersih, bisa menggunakan cairan lain yaitu minyak tanah. Siapkan kain bersih lalu tuangkan sesuai kebutuhan minyk tanah tersebut ke kain dan bersihkan secara merata pada noda tersebut,” ungkap Aceng selaku pemilik bengkel servis jok motor di bilangan Cirendeu.

4. Hindari terkena langsung sinar matahari

jok motor kepanasan

Hal ini masih banyak yang mengabaikan. Banyak pemilik kendaraan yang memarkir motornya di bawah paparan sinar matahari secara langung dan berlangsung lama.

Untuk menghindarinya bisa menggunakan cover jok motor yang saat ini sudah banyak dijual dengan harga yang terjangkau.

Dengan menutup jok menggunakan cover, selain melindungi dari panas sinar matahari, tentunya juga melindungi dari air hujan.

Sobat moladiners, itulah pembahasan tips merawat jok motor agar tetap empuk dan awet.

Pantau terus Moladin,com untuk informasi seputar otomotif yang menarik.

Terbaru