Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Toyota Sienta Tidak Lagi Dijual, Mau Ada Model Baru?

by Tigor Sihombing
Toyota Sienta

Toyota Sienta tidak lagi dijual di Indonesia. Kabar ini kami dapatkan pertama-tama dari laman resmi Toyota yang tidak lagi menampilkan MPV pintu geser tersebut di daftar harga untuk Januari 2023.

Jika berkaca pada model-model sebelumnya, dicabutnya sebuah mobil dari laman resmi Toyota merupakan indikator berhenti dipasarkan. Seperti pada Toyota C-HR bensin, Corolla Cross bensin, Nav1, bahkan Yaris Heykers. Setelahnya akan ada dua kemungkinan, hadir Sienta Gen-3 atau Sienta benar-benar disuntik mati. 

Lalu ketika kami tanya ke sales Toyota di Jakarta, mereka juga mengatakan bahwa Sienta tidak lagi dijual dalam VIN 2023. Bila ada pun, itu hanya menghabiskan stok dengan tahun produksi 2022.

“Kalau mau dicarikan bisa sih, tapi nunggu sebentar, karena bisa saja unitnya ada di dealer-dealer di luar kota, yang dicari stok yang belum terjual,” katanya.

Begitu pun dengan sales dari Tunas Toyota di Bandung, yang menyatakan hal serupa. “Unitnya sudah lama tidak ada, sudah tidak dijual,” kata Sales Senior Toyota yang juga tidak mau disebutkan namanya tersebut.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300, Diet 200 Kg!

Meski fakta di lapangan berkata demikian, Toyota Indonesia masih mengatakan bahwa Sienta tetap dijual dan diproduksi di Indonesia. Hanya saja untuk produksinya dilakukan ketika ada pesanan yang masuk lebih dulu atau spot order.

Sudah 7 Tahun Masa Bakti Toyota Sienta di Indonesia 

Toyota Sienta tidak lagi dijual di indonesia

Toyota Sienta versi facelift 

Sejarah Toyota Sienta di Indonesia memang belum sepanjang mobil pabrikan berlogo T lain seperti Kijang atau bahkan Fortuner yang sudah berusia puluhan tahun. Sienta sendiri hadir di Indonesia pertama kali pada 2016, artinya jika ditotal hingga tahun 2022, usianya cuma 6 tahun

Kiprah Toyota Sienta pertama kali di Indonesia dimulai pertama kali pada April 2016, meluncur di International Motor Show (IIMS). Awal kemunculannya, Toyota Sienta memiliki beberapa varian yakni E sebagai type terendah, G, V, dan Q type tertinggi. Harga Sienta mula-mula atau pertama kali rilis yaitu berkisar dari Rp 230 juta hingga Rp 295 juta.

Lalu pada 2019, Toyota memberikan facelift ke Sienta. Ubahannya ada di tampilan yang lebih segar. Kemudian tidak ada ubahan signifikan lagi sampai pada awal 2023, MPV pintu geser ini hilang dari laman resmi Toyota.

Baca juga  Mengenal Toyota Safety Sense dan Kelebihanya

Toyota Sienta Gen-3 Siap masuk Indonesia?

mobil terbaru toyota 2023 - sienta terbaru

Sienta terbaru dilengkapi dengan mesin hybrid

Para sales mengatakan bahwa Toyota Sienta tidak lagi dijual di Indonesia, itu memang berlaku untuk gen-2. Walau demikian, bukan tidak mungkin model lamanya dihentikan penjualan, kemudian hadir model baru. Hal ini tidak aneh, karena memang Sienta Gen-3 sudah hadir di Jepang sejak 2022.

Kemudian dikuatkan pula lewat paten All New Sienta yang muncul di Berita Resmi Desain Industri no 33/DI/2022. Biasanya ini jadi tanda-tanda kalau ada mobil baru yang mau masuk Tanah Air.

Bila melihat di Jepang, Toyota Sienta Gen-3 bakal hadir dengan ubahan menyeluruh dibanding model lamanya yang dijual di Tanah Air. Secara eksterior kini lebih modern dan boxy, interior juga semakin luas. Kemudian bicara fitur, sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). 

Ubahan lain ada di mesin yang pakai dua opsi: 1.5-liter Dynamic Force Engine (M15A-FKS) + Direct Shift-CVT dan 1.5-liter Dynamic Force Engine (M20A-FKS) yang pakai kombinasi hybrid. Mana yang bakal masuk Indonesia, belum ada informasi lebih lanjut.

Baca juga  Toyota Fortuner Facelift 2020 Rilis Oktober, Ini Bocorannya!

Demikian ulasan Toyota Sienta tidak lagi dijual yang berarti dua kemungkinan, suntik mati atau bakal hadir model terbarunya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika