Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross Facelift, Pilih Mana?

by Firdaus Ali
honda br-v gen 2 vs mitsubishi xpander cross facelift 2023

Honda BR-V Gen 2 vs Mitsubishi Xpander Cross facelift memang menarik untuk dibahas. Maklum keduanya berada di segmen sama yaitu LSUV (Low Sport Utility Vehicle) 1.500 cc. 

Desain keduanya juga sama-sama modern. Baik BR-V Gen 2 maupun Xpander Cross facelift mengusung segudang fitur dan teknologi canggih. Meskipun salah satu dari mereka tentunya ada yang lebih unggul.

Pada review kali ini pembahasan akan mengerucut pada persaingan tipe atau varian tertinggi dari masing-masing mobil. Dengan kata lain BR-V varian Prestige with Honda Sensing melawan Mitsubishi Xpander Cross facelift Premium Package CVT. Siapa yang terbaik di antara keduanya?

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita ulas mengenai persaingan Honda BR-V Gen 2 vs Mitsubishi Xpander Cross facelift 2023, berikut ini:

Performa Mesin Honda BR-V Gen 2 Lebih Superior

honda br-v gen 2 - test drive

Akselerasi BR-V Gen 2 lebih istimewa dibanding Xpander Cross Facelift 2023

Rivalitas Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift yang pertama adalah dari jantung pacunya. All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan standar emisi sesuai standar EURO 4. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS  pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Performa itu lebih baik dari BR-V generasi sebelumnya. Sementara untuk pilihan transmisinya CVT.

Lalu bagaimana dengan performa mesin Mitsubishi Xpander Cross Facelift? Mobil berlogo tiga berlian ini juga ditanami mesin 1.5L. Pakai teknologi MIVEC DOHC 16 Valve. Bisa mengeluarkan tenaga 105 PS di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Transmisinya juga CVT.

Di atas kertas performa mesin Xpander Cross kalah dari BR-V, baik dari sisi torsi serta tenaga. Hanya saja, kami tidak percaya begitu saja. Sama seperti biasanya dalam mengulas komparasi mobil, kami melakukan uji tes menanjak, akselerasi, drag race dan konsumsi BBM rute dalam kota dan jalan tol. Siapa pemenangnya untuk review performa emsin kali ini?

Siapa Lebih Kuat Menanjak, BR-V Gen 2 atau Xpander Cross Facelift?

Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift

Xpander Cross facelift bisa menanjak, tapi butuh usaha lebih

Review untuk performa mesin Mitsubishi Xpander Cross Facelift vs Honda BR-V Gen 2 yang pertama adalah tes nanjak. Kami melakukan tes dengan kondisi ekstrem yaitu 6 penumpang yang total bobotnya 610 kg, lalu kemiringan jalan hingga 21 derajat, dan habis hujan. Ditambah lagi pengujian ini melibatkan kondisi stop & go di tanjakan.

Ternyata kedua mobil LSUV tersebut berhasil menanjak. Namun begitu, untuk Mitsubishi Xpander Cross facelift sempat mengalami wheel spin dan mundur seolah-olah tidak kuat menanjak. Tapi setelahnya, mobil berlogo 3 berlian itu berhasil menanjak perlahan.  Sementara BR-V juga mengalami wheel spin di kedua roda depan. Hanya saja tidak sampai mundur, sudah berhasil naik.

Akselerasi 0-100 Km/jam

Kemudian untuk komparasi Honda BR-V Gen 2 vs Mitsubishi Xpander Cross Facelift selanjutnya adalah kemampuan akselerasi. Ada dua pengujian yaitu 0-100 km/jam dan drag race 201 meter.

Baca juga  Inilah Perbedaan Mitsubishi Xpander Indonesia Vs Malaysia

Hasilnya untuk akselerasi 0-100 km/jam dimenangkan oleh BR-V dengan raihan angka 12,5 detik, sedangkan Mitsubishi Xpander Cross facelift 13,1 detik. Kemudian untuk drag race 201 meter, pemenangnya juga BR-V dengan 12 detik, sementara Xpander Cross facelift catatan waktunya 12,4 detik.

Konsumsi BBM Xpander Cross Vs BR-V, Siapa Lebih Irit?

Selanjutnya, untuk tes konsumsi BBM ternyata hasilnya imbang. Pengujian sendiri dilakukan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam dan berkendara sejauh minimal 80 km. Hasilnya Mitsubishi Xpander Cross facelift lebih irit dengan catatan 15 km/liter. Sedangkan Honda BR-V Gen 2 raihan angkanya 13,6 km/liter.

Namun begitu, untuk tes konsumsi BBM rute jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam dan berkendara minimal 80 km, ternyata BR-V yang menang. Mobil berlogo H itu bisa mengirit bensin hingga 17,8 km/liter. Sementara Xpander cross cuma mampu menghemat BBM 17,5 km/liter.

Interior Xpander Cross Facelift Lebih Lega dan Nyaman

bagasi xpander cross

Xpander Cross punya interior dan bagasi lebih luas dibanding BR-V

Pembahasan Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift selanjutnyari sisi dimensi, punya panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.750 mm. Untuk Ground Clearancenya di angka 220 mm untuk varian CVT.

Jika melihat di atas kertas dimensi Xpander Cross jelas lebih bongsor dari BR-V, hal ini membuatnya tampak gagah. Sementara BR-V generasi kedua memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm, serta ground clearance 220 mm.

Hanya saja apakah bodi yang bongsor, membuat kabin lebih lega? Hal itu juga kami buktikan dengan diisi 6 orang (bangku baris kedua 3 orang & bangku baris ketiga 1 orang). Hasilnya kabin interior Xpander Cross facelift masih nyaman untuk diduduki orang dewasa hingga baris ketiga. Leg room dan head room aman.

Berbeda dengan BR-V Gen 2 yang di baris ketiga, leg room sangat mepet. Begitu pula dengan lebarnya saat diisi tiga orang di bangku baris kedua, terasa lebih sempit dibanding Xpander Cross. Apalagi interior LSUV Honda ini pakai warna hitam keseluruhan, menjadikan kabin terasa semakin kecil. Bandingkan dengan LSUV Mitsubishi yang pakai langit-langit warna cerah.

Walau demikian, kelebihan dari BR-V adalah bangku baris keduanya memiliki tiga head rest. Sementara Xpander Cross cuma dua head rest saja, tidak ada head rest tengah.

Kemudian untuk bagasinya, Xpander Cross juga lebih lega. Saat kami ukur dengan jok baris ketiga dilipat, mobil tiga berlian ini tercatat bisa menampung barang hingga 674,4 liter. Sedangkan kapasitas bagasi Honda BR-V Gen 2 cuma sebesar 564,7 liter.

Fitur Modern di Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross Facelift

Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2023 - interior

Setir dan panel instrumen Xpander Cross terbaru mirip Pajero Sport

Berbicara fitur kenyamanan, kedua mobil LSUV ini menghadirkan fitur-fitur kenyamanan yang modern dan kekinian. Meski demikian di antara keduanya, tentu ada yang lebih lengkap dan lebih unggul.

Baca juga  Harga dan Spesifikasi MG HS Facelift 2023, CR-V Lewat!

Mitsubishi Xpander Cross facelift menyuguhkan Head unit Touchscreen 8 inch yang dapat terhubung dengan ponsel (Apple CarPlay & Android) serta dapat diatur menggunakan fitur Hands free function pada lingkar kemudinya. Selain itu, untuk menghasilkan kualitas suara yang baik, mobil ini telah memperoleh 6 buah speaker yang terbagi di posisi depan, tengah dan dashboard.

Tak hanya itu saja, Xpander Cross juga telah dilengkapi spion retrac, Power Outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga dalam memberikan kenyamanan ekstra terhadap setiap penggunanya. Terdapat pula Keyless Smart Entry, Start/stop Button, Wireless Charging dan Immobilizer, Cruise Control, serta Electric Parking Brake dengan Auto Hold.

Ditambah lagi kini ada panel instrumen full digital hasil adaptasi dari Pajero Sport. Kemudian setirnya juga mengambil punya Pajero Sport. Dua hal tersebut menjadikan berkendara dengan Xpander Cross terasa seperti menunggangi sang kakak.

Sementara itu, Honda BR-V Gen 2 dengan fitur infotaiment layar sentuh 7 inch yang mampu terkoneksi dan fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Fitur ini sama dengan yang diusung Xpander Cross.

Selain itu BR-V Gen 2 juga sudah dilengkapi fitur Walk-Away Auto Lock yang berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil, kemudian Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot.

Fitur selanjutnya yang ada di BR-V terbaru adalah Keyless Entry, Immobilizer, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, Remote Engine Start dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, serta fitur modern lainnya.

Honda Sensing Jadi Keunggulan BR-V Gen 2

spesifikasi honda br-v terbaru - honda sensing

Fitur keselamatan pada BR-V Gen 2

Mengulas persaingan Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift kurang afdhol tanpa membahas fitur keselamatan keduanya. Di sinilah kelebihan dari Honda BR-V terbaru.

Mobil hasil pengembangan dari Honda N7X ini mengusung struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Driver Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ABS + EBD serta ISOFIX + Tether, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Parking Sensor.

Tak hanya itu saja, Honda BR-V Gen 2 varian tertinggi ini juga dilengkapi teknologi Honda Sensing yang mencakup Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam.

Sementara itu, untuk Mitsubishi Xpander Cross facelift ada fitur baru yaitu AYC (Active Yaw Control). Adapun cara kerja dari AYC Active Stability Control (ASC) adalah tahap pertama, ketika mobil kelihatan agak selip, maka putaran mesin dikurangi. Kemudian ketika mobil sudah di jalurnya, pasti akan mau terus kencang dan berpotensi selip dan keluar jalur lagi. Di sinilah fitur AYC di Xpander Cross akan bekerja.

Baca juga  Acura NSX GT3 Evo22 Terbaru, Target Juara GT3

Variabel dari sistem AYC ada empat, di mana variable tersebut bisa membaca keempat piranti lain yang terhubung dengan system AYC. Keempat piranti tersebut adalah wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Untuk membuktikan keandalan fitur AYC tersebut, kami mengujinya secara langsung disebuah lintasan jalan di wilayah BSD. Pada pengujian fitur AYC tersebut, kami menguji dengan kecepatan 45 km/jam untuk melewati tikungan tajam. Dan benar saja, fitur ini terbukti berfungsi, mobil tidak oversteer saat menikung.

Selain AYC, ada pula fitur keselamatan HSA (Hill Start Assist), ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX + Tether, BA (Brake Assist) dan Traction Control.

Harga Xpander Cross Facelift 2023 Lebih Murah

Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift

Harga Xpander Cross 2023 mulai Rp 312,95 juta (OTR Jakarta)

Jadi sudah jelas kan siapa pemenang antara Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift? Dari sisi performa mesin, bisa dikatakan LSUV berlogo H superior. Apalagi ditambah memiliki fitur keselamatan modern yaitu Honda Sensing.

Walau demikian, Xpander Cross juga bukan tanpa kelebihan. Bila melihat kelegaan dan kenyamanan kabin, LSUV Mitsubishi ini paling unggul. Tampilannya juga lebih gagah, kemudian masuk interior ada setir dan panel instrumen seperti punya Pajero Sport. 

Ditambah lagi dari sisi harga, Mitsubishi menjual Xpander Cross facelift 2023 cukup terjangkau. Banderolnya mulai Rp 312,95 juta (OTR Jakarta) untuk varian MT dan Rp 338,75 juta (OTR Jakarta) untuk varian Premium CVT. Soal pilihan warna, ada Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, dan Green Bronze Metallic. Tertarik punya? Bisa beli mobil Mitsubishi terbaru di Moladin dan dapatkan promo menariknya!

Sementara itu untuk Honda BR-V Gen 2 tahun 2023, harganya mulai dari Rp 287,8 juta hingga Rp 355 juta (OTR Jakarta). Berikut detailnya:

  • BR-V S MT Rp 287,8 juta (OTR Jakarta)
  • BR-V E MT Rp 302 juta (OTR Jakarta)
  • BR-V E CVT Rp 312 juta (OTR Jakarta)
  • BR-V Prestige CVT Rp 335 juta (OTR Jakarta)
  • BR-V Prestige with Honda Sensing Rp 355 juta (OTR Jakarta) 

Untuk warna eksterior, BR-V memiliki beberapa opsi seperti Opal White Pearl, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl. Kalau kamu lebih tertarik dengan LSUV Honda ini, bisa dapatkan promo menarik di Moladin!

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross facelift. Kamu lebih tertarik yang mana? Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika