Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Volkswagen Golf GTI 380, Edisi Khusus Transmisi Manual

by Tigor Sihombing
Volkswagen Golf GTI

Dalam sebuah pernyataan yang mengguncang para penggemar mobil, Volkswagen telah mengumumkan bahwa transmisi manual untuk Volkswagen Golf GTI akan segera menghilang.

Namun, untuk menghormati transmisi ini sebelum benar-benar dihilangkan, perusahaan otomotif ini mengumumkan peluncuran produk limited edition model untuk Golf GTI 2024 yang dilengkapi dengan transmisi manual.

Setiap varian Golf GTI yang dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan akan dilengkapi dengan paket khusus yang menawarkan beberapa penyempurnaan visual. Misalnya modle ini akan disematkan pelek aluminium berukuran 19 inci berwarna hitam mengkilap yang diambil dari edisi ulang tahun Golf R yang ke-20.

Pelek ini menggunakan ban performa musim panas. Selain itu, Volkswagen juga akan melapisi atap dan tutup spion dengan warna hitam mengkilap, menciptakan kontras yang menarik dengan aksen merah standar yang ada pada eksterior GTI.

Bagian hitam mengkilap pada mobil ini akan mencolok ketika dipadukan dengan berbagai pilihan warna eksterior. Golf GTI 380 ini eksklusif hadir dengan warna Graphite Gray Metallic, namun pelanggan juga dapat memilih dari Atlantic Blue Metallic, Deep Black Pearl, Kings Red Metallic, Moonstone Gray, Opal White Pearl, atau Reflex Silver Metallic.

Baca juga  Cerita Koleksi Mobil Pele, Hingga Belajar Nyetir di Lahan Pabrik DKW

Di bagian dalam, terdapat pegangan persneling yang terinspirasi dari bola golf yang terletak di antara kursi, yang merupakan sebuah ciri khas dari model ini sejak awal kemunculannya. Pada varian GTI S dan GTI SE, VW menawarkan kursi kain pelangi khas (Scalepaper Plaid) sebagai standar.

Sementara itu, kursi kulit Vienna menjadi standar pada varian Autobahn dan tersedia sebagai opsi pada varian SE.

Harga Golf GTI 380 Mulai Rp 490 jutaan

Volkswagen Golf GTI

Varian tertinggi Autobahn akan dijual dengan harga mulai dari $40,625 atau setara Rp 616 jutaan.

Nama “Golf GTI 380” diambil dari kode model internal Mk8. Nama ini merupakan penghormatan terhadap GTI 337 tahun 2002, yang juga mengambil inspirasi dari kode internal Mk1 GTI.

Di bawah kap mesin Golf GTI 380, terdapat mesin empat silinder turbocharged EA888 berkapasitas 2.0 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 241 daya kuda dan torsi sebesar 273 pound-feet, yang juga tersedia dengan transmisi otomatis tujuh percepatan dengan kopling ganda yang akan tetap ditawarkan oleh Volkswagen pada varian hot hatch dan Golf R.

Baca juga  VW Siapkan SUV Murah untuk Indonesia, Taigun?

Meskipun Golf GTI dengan transmisi manual akan hilang, paket Golf GTI 380 ini tidak mendapatkan perubahan pada mesin, namun dilengkapi dengan sistem peredam adaptif DCC.

Volkswagen Golf GTI 380 S 2024 akan dijual dengan harga mulai dari $32,485 atau sekitar Rp 490an juta (harga belum termasuk biaya pengiriman) ketika model ini mulai dijual pada awal musim gugur. Varian SE akan dijual dengan harga $37,285 atau setara Rp 570 jutaan, sementara varian tertinggi Autobahn akan dijual dengan harga mulai dari $40,625 atau setara Rp 616 jutaan.

Meskipun kehilangan Golf GTI dengan transmisi manual merupakan berita yang menyedihkan, ini tentu bukan akhir dari model ini. Pendaftaran merek dagang mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki rencana untuk menghadirkan varian hot-hatch yang dijalankan dengan tenaga listrik, dengan huruf “I” dalam kata “GTI” digantikan oleh petir, namun kemungkinan model tersebut baru akan diluncurkan menjelang akhir dekade ini.

Generasi kedelapan dari Golf masih baru dan akan segera menjalani penyegaran pertengahan siklusnya, sehingga versi generasi berikutnya kemungkinan masih beberapa tahun lagi sebelum menjadi kenyataan.

Baca juga  Volkswagen Polo GTI Facelift 2021, Meluncur Sebentar Lagi

Demikian ulasan Volkswagen Golf GTI. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika