Friday, February 3, 2023
Banner

Wuling Formo Max vs Suzuki Carry, Mana Pick-Up Terbaik?

by Tigor Sihombing
Wuling Formo Max vs Suzuki Carry

Wuling Formo Max vs Suzuki Carry, kira-kira mana di antara kedua mobil pick-up ini yang terbaik? Wajar kalau bingung, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan di kelas mobil niaga ringan 1.500 cc.

Wuling Formo Max sendiri merupakan sang penantang baru, karena dipasarkan di Indonesia mulai awal Januari 2023. Mengusung tagline ‘Enteng Bikin Untung’, pick-up Wuling ini mengandalkan ukuran bak yang sangat panjang, serta fitur-fitur modern di kelasnya. Tidak ketinggalan mesinnya juga bertenaga.

“Wuling Formo Max memiliki beberapa kelebihan. Dari segi desain “mesin depan” mobil ini memberikan keuntungan mengisolasi kabin dari hawas panas, sebab mesinya bukan di kolong. Selain itu (karena memiliki hidung) otomatis aspek keselamatannya juga meningkat. Selanjutnya karena Formo Max memiliki DNA Confero, jadi perawatannya sangat mudah, sparepart belimpah,” kata Product Planning Wuling Motor, Danang Wiratmoko. 

Di pasar kendaraan niaga sendiri, salah satu yang jadi pesaing berat Wuling Formo Max adalah Suzuki Carry pick-up. Mobil ini tentunya sudah menjadi legenda di Tanah Air dan dipercaya oleh banyak pengusaha. Kelebihannya adalah punya harga terjangkau, serta tersedia varian wide deck yang baknya lebar dan tinggi. Dari sisi harga, Suzuki Carry juga sangat kompetitif.

Lantas seperti antara Wuling Formo Max dan Suzuki Carry, mana mobil pick-up yang sebaiknya dibeli? Yuk simak komparasi lengkapnya:

Ukuran Bak Pick-Up Wuling Formo Max atau Suzuki Carry, Lebih Besar Mana?

Wuling Formo Max vs Suzuki Carry

Daya angkut Wuling Formo Max diklaim bisa 1 ton barang

Perbandingan antara Wuling Formo Max vs Suzuki Carry adalah soal ukuran bak. Wuling pick-up hadir dengan keunggulan yaitu memiliki bak yang sangat panjang dengan dimensi 2.695 mm, lebar 1.725 mm, dan tinggi 390 mm. 

Hanya saja ketika dibandingkan dengan Suzuki Carry, pick-up Cina tersebut tidak menang begitu saja. Pasalnya Carry punya ukuran bak yang tidak kalah luas, terutama untuk varian Wide Deck. Panjang baknya memang cuma 2.505 mm, tapi lebarnya tembus 1.745 mm dan tinggi 425 mm yang melebihi Wuling Formo Max. 

Baca juga  Mobil Baru Suzuki di GIIAS 2022, Baleno Facelift dan S-Presso!

Kemudian untuk kapasitas angkut, baik Wuling Formo Max dan Suzuki Carry mengklaim bisa membawa barang dengan berat hingga 1 ton. Ditambah lagi untuk bukaannya dinding baknya juga sama-sama pakai fitur 3-way, artinya proses naik turun barang bisa lebih mudah. Ya, bisa dikatakan bahwa keduanya punya bak yang sama-sama luas dan praktis di kelas pick-up ringan 1.500 cc.

Dimensi Eksterior Wuling Formo Max Suzuki New Carry Wide Deck AC-PS
PxLxT Keseluruhan 5.145 mm x 1.725 mm x 1.740 mm 4.150 mm x 1.765 mm x 1.910 mm
Jarak Sumbu Roda 3.160 mm 2.205 mm
Ukuran Bak 2.695 mm x 1.725 mm X 390 mm 2.505 mm x 1.745 mm x 425 mm
Ukuran Roda 175/75-R14 165/80R13

Interior Suzuki Carry Muat 3-Orang

interior suzuki new carry

Jok Suzuki New Carry tidak punya head rest

Perbandingan Wuling Formo Max VS Suzuki Carry berikutnya ada di interior. Dashboard Wuling Formo Max berdesain lebih dinamis. Sedangkan desain dashboard Carry pick up lebih kaku mengotak, tapi kelebihannya banyak kompartemen kenyimpanan. Sementara bicara persamaan, kedua mobil menggunakan material plastik keras pada dashboardnya, jadi lebih mudah dibersikan.

Pada interior Formo Max terdapat speedometer berdesain modern. Di sana juga ada Multi Information Display (MID) yang menunjukan konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh. Sedangkan pada Carry tidak ada MID hanya, hanya speedometer dan penunjuk BBM analog.

Jok pick-up Wuling juga bisa digeser maju mundur dan mengadopsi konfigurasi single seat dengan head rest. Ini tentu membuat pengemudi dan penumpang bisa menentukan posisi yang paling nyaman saat berkendara. Adapun bahan joknya pakai kain berwarna gelap, agar tidak mudah terlihat kotor. Ditambah lagi, posisi mesin yang ada di depan, menjadikan berkendara terasa semakin nyaman nyaman, karena panas mesin terpisah dari ruang kabin.

Baca juga  7 Kekurangan Wuling Almaz, Jangan Asal Beli

Sedangkan pada Suzuki New Carry masih menggunakan jok yang terintegrasi antara pengemudi dan penumpang, serta tidak punya head rest. Plus posisi mesin ada di bawah jok, ini membuat kenyamanannya berkurang. Hanya saja keunggulan jok terintegrasi tersebut, membuat kapasitas penumpang jadi lebih banyak, bisa mengangkut tiga orang di dalam kabin.

Persamaan lain di interior Wuling Formo Max dan Suzuki Carry, sopir dimanjakan dengan alunan suara dari sumber Radio atau USB, 2 speaker serta AC yang hanya ada di varian tertinggi.

Fitur Keselamatan Wuling Formo Sudah Pakai ABS

wuling formo max vs suzuki carry

Wuling Formo Max punya fitur keselamatan lebih lengkap dibanding Suzuki Carry

Perihal fitur keselamatan dan keamanan, kedua varian Formo Max dilengkapi dengan fitur yang lebih baik dan mumpuni. Fitur tersebut terdiri dari rem cakram pada roda depan plus sistem pengereman ABS & EBD yang belum dipakai oleh Suzuki Carry sebagai kompetitor. Sabuk pengaman juga dilengkapi sistem penarik dan penguncian otomatis, pengingat penggunaan sabuk pengaman bagi sopir, sampai dengan alarm anti pencurian.

Pada Formo Max Standard, posisi mesin yang ada di depan juga menjadikan mobil pick-up ini punya hidung. Dengan kata lain lebih safety, terutama saat terjadi benturan depan. Setidaknya pengemudi tidak langsung terkena efek dari tabrakan tersebut.

Kemudian untuk fitur lainnya, sudah menggunakan Foldable Remote Key, pengaturan kursi dan sandaran kepala, automatic power windows, dan sunvisor untuk supir. Sedangkan pada Formo Max AC, aspek kenyamanan tadi ditingkatkan lagi dengan penambahan fitur berupa air conditioner, head unit radio dan koneksi USB, serta 2 speaker. Semua model juga sudah dibekali dengan Electronic Power Steering (EPS).

Sedangkan fitur Suzuki New Carry pada tipe tertinggi juga menawarkan power steering dan AC. Kemudian untuk kunci yang digunakan, sudah memakai immobilizer. Speedometer yang dimiliki Carry hanya menunjukkan kecepatan tanpa takometer. Kemudian ada penunjuk bensin digital yang juga menampilkan odometer, trip A dan B.

Baca juga  Suzuki Hentikan Produksi Karimun Wagon R, Demi Ertiga Hybrid

Performa Mesin Mobil Pick-Up WUling Formo Max Lebih Bertenaga

mesin wuling formo max pick-up

Mesin Wuling Formo Max serupa dengan punya Wuling Confero

Selanjutnya adalah perbandingan performa mesin Wuling Formo Max Vs Suzuki Carry. Di atas kertas, pick-up Wuling didukung mesin 4 silinder, 1.500cc yang serupa dengan punya Confero. Bisa melontarkan tenaga 98 hp pada 5.800 rpm dan torsi 140 Nm pada 3.400-4.400 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 5-percepatan.

Di atas kertas, performa mesin Wuling Formo Max ini lebih unggul dari Suzuki Carry. Tidak percaya? Pick-up Suzuki menggunakan mesin 1.500, 4 Silinder segaris, tapi cuma bisa mengeluarkan tenaga 96 hp di rpm 5.600 serta torsi 135 Nm di 4.400 rpm. Transmisinya sama-sama manual 5-percepatan.

Harga Suzuki Carry Vs Wuling Formo Max 2023

wuling formo max vs suzuki carry

Suzuki Carry merupakan salah satu mobil niaga terlaris di Indonesia

Komparasi Wuling Formo Max vs Suzuki Carry selanjutnya adalah soal harga. Bagi konsumen yang tertarik untuk memiliki mobil pick-up Wuling, harganya tidak beda jauh dibanding kompetitor. Tersedia dalam dua varian: Standard Rp 162 juta (OTR Jakarta) dan AC Rp 170 juta (OTR Jakarta).

Sementara kompetitor seperti Suzuki Carry dijual dengan varian yang lebih banyak. Totalnya ada empat: Flat-Deck Rp 161,6 juta (OTR Jakarta), Flat-Deck Power Steering Rp 170,2 juta (OTR Jakarta), Wide-Deck Rp 162,6 juta (OTR Jakarta), dan Wide-Deck Power Steering Rp 171,2 juta (OTR Jakarta).

Bila disimpulkan, harga Wuling Formo Max 2023 memang mepet Suzuki Carry. Hanya saja mobil pick-up Cina ini menawarkan berbagai kelebihan seperti bak lebih panjang, mesin bertenaga, hingga fitur-fitur kenyamanan yang lebih mantap. Sementara Suzuki Carry menang di nama besar, serta kualitasnya yang sudah teruji di pasar otomotif Indonesia.

Pilihan di tangan kamu, mau pilih pick-up baru asal Cina atau si legendaris Carry? Demikian ulasan Wuling Formo Max vs Suzuki Carry. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika