by

Batas Tegangan Minimal Aki Motor, Harus Tahu!

Sebagai pemilik kendaraan roda dua, kamu wajib tahu tegangan minimal aki motor. Jangan sampai kamu tidak memperhatikannya, karena bisa berujung motor mogok atau tidak bisa dihidupkan.

Apalagi motor zaman sekarang sudah mengadopsi teknologi modern yang serba elektrik. Bahkan di beberapa produk, tidak lagi menyediakan kick starter.

Dengan demikian, mengetahui tegangan minimal aki motor jadi sangat penting. Chief Yamaha DDS 3, Johannes BMS mengatakan batas bawah voltase aki di Maxi Yamaha seperti Nmax dan Aerox adalah 12,4 volt.

“Jika di bawah 12,4 volt lakukan pengecasan baterai,” seperti dikutip dari rilis resmi Yamaha yang kami terima pada Rabu (7/7/2021).

Cara Mengetahui Tegangan Aki Motor

tegangan minimal aki motor
Kamu juga bisa mengecek tegangan aki secara manual dengan alat bernama multimeter

Saat ini banyak sekali motor modern yang sudah memiliki panel instrumen digital canggih. Di sana bisa dilihat tegangan minimal aki motor.

Ambil contoh di Yamaha Nmax, Aerox, hingga Freego. Kamu cukup tekan tombol di panel instrumen untuk mengganti informasi hingga muncul indikator tegangan aki di layar. Biasanya ditandai dengan tulisan batt.

Baca juga  Cara Bikin Terang Lampu Motor Arus AC, Ini Tipsnya!

Batas normal tegangan aki motor berkisar 12,7 volt hingga 13,2 volt. Kamu harus segera lakukan pengecasan, bila tegangannya ada di bawah 12,4 volt.

Hanya saja tidak semua motor memiliki fitur canggih seperti itu. Ambil contoh di Honda Scoopy Keyless terbaru, cuma ada indikator aki tanpa tulisan angka di panel instrumennya.

Bila indikator di motor matik Honda tersebut berubah warna jadi merah, maka itulah bentuk informasi bahwa aki sudah mendekati soak. Jadi pengendara cuma tahu waktunya ganti dengan aki baru.

Hal tersebut terjadi umumnya ketika usia aki sudah lebih dari dua tahun. Sebenarnya itu sangat wajar, karena memang usia pakai aki maksimal 2-3 tahun.

Cara Memilih Aki Motor yang Tepat

tegangan minimal aki motor
Indikator aki menyala, berarti sudah waktunya diganti

Setelah tahu tegangan minimal aki motor, kamu harus paham memilih aki motor yang tepat. Pasalnya kalau sampai voltase sudah diambang batas, biasanya pengantian aki harus dilakukan. Terlebih kalau sudah mencoba teknik pengecasan, tapi tidak kunjung berhasil.

Tidak sulit memilih aki motor yang tepat. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan spesifikasi bawaan pabrik. Misalnya untuk Honda Beat pakai aki MF 12V-3Ah untuk tipe CBS dan 12V-5Ah untuk tipe CBS-ISS. Jadi supaya tidak salah, ada baiknya bawa aki lama untuk kemudian diganti dengan yang baru.

Baca juga  3 Cara Menghitung Cc Motor Bore Up dan Stroke Up

Bila motor kamu masih pakai tipe aki basah, sebaiknya ganti dengan aki kering agar perawatan juga jadi lebih mudah. Dengan aki kering, tidak perlu repot-repot mengisi air aki. Tinggal pakai saja, sampai usianya habis sekitar 2-3 tahun.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru