Rabu, Mei 22, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Daftar 49 Merek Mobil dan Motor yang Ikut GIIAS 2023!

by Tigor Sihombing
GIIAS 2023

Totalnya ada 49 merek mobil dan motor yang ikut GIIAS 2023. Informasi tersebut dibeberkan saat konferensi pers pameran otomotif tersebut yang berlangsung pada Kamis (13/7/2023).

GIIAS sendiri akan terlaksana pada 11-21 Agustus 2023, di ICE BSD-City. Event yang akan berlangsung untuk ke-30 kalinya ini akan menghadirkan banyak sekali merek kendaraan dari berbagai negara. Rinciannya adalah 29 dari industri mobil, 5 berasal dari kendaraan niaga, dan 15 lainnya dari roda dua.

”Di tahun ini GIIAS 2023 menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu 8 tahun ke belakang, hal yang membanggakan bagi GAIKINDO,” kata Ketua umum Gaikindo, Yohanes Nangoi. 

Menurut Nangoi, dengan lebih banyak peserta yang hadir pada GIIAS 2023, artinya lebih banyak lagi terobosan dan teknologi industri otomotif yang akan disajikan kepada masyarakat Indonesia. Di samping itu, peluang untuk ekspor juga semakin bertambah.

Adapun ke 49 merek mobil dan motor yang ikut GIIAS 2023 dibagi dalam tiga kategori: mobil, mobil niaga, dan motor. Khusus untuk mobil, ada Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

Baca juga  3 Mobil Baru Mercedes-Benz di GIIAS 2023, Mahal Semua!

Kemudian 5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

“Tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11, sementara untuk market domestik Indonesia berada diposisi ke-14 di dunia. Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial terbesar di Asia Tenggara,” jelasn Nangoi.

Dia menambahkan Indonesia juga memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor, dengan memanfaatkan letak geografis indonesia untuk memperluas negara tujuan ekspor, terutama ke negara ASEAN serta Australia, dan dengan memanfaatkan penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan inovasi produk kendaraan dan komponen produksi dalam negeri kepada dunia internasional.

Mobil Listrik dan Mobil Cina Ramaikan GIIAS 2023

mobil dan motor di giias 2023

Neta V adalah salah satu mobil listrik Cina yang bakal tampil di GIIAS 2023

Tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti dari kendaraan listrik, pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik. Ini termasuk dari inovasi kendaraan listrik terbaru yang belum pernah hadir di Indonesia dapat dicoba langsung di area EV Test Drive pada area luar atau outdoor dari pameran GIIAS 2023.

Baca juga  Daihatsu Ayla Sport Lebih Mahal Rp 40 Jutaan, Lawan Agya GR Sport!

Di sana juga akan disajikan arena test drive terbaru yakni water obstacle. Arena ini dikhususkan untuk kendaraan mobil listrik dalam menguji keandalan melewati genangan air. Pertimbangan lain dihadirkannya arena test drive ini adalah pertumbuhan peminat mobil listrik yang semakin banyak. GAIKINDO mencatat lonjakan permintaan kendaraan berbasis listrik yang pada tahun 2021 tercatat sebanyak 678 unit naik menjadi 10.000 unit pada tahun 2022.

Mobil listrik dari Cina juga ikut meramaikan GIIAS 2023. Ada merek ORA, Neta, Haval, hingga Tank yang bakal hadir. Tentunya ini juga semakin memanaskan pasar otomotif Tnaah Air.

Pabrikan Jepang tidak mau ketinggalan, Honda digadang-gadang siap membawa 5 mobil listrik di pameran kali ini. Kemudian Volvo pun bakal menghadirkan XC40 dan C40 yang keduanya adalah mobil listrik

GIIAS 2023 nanti juga turut mempersembahkan kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Bagaimana tertarik datang ke pameran tersebut?

Harga Tiket Masuk GIIAS 2023

mobil dan motor yang ikut di giias 2023

Harga tiket GIIAS 2023 mulai dari Rp 50 ribu

Untuk harga tiket masuk GIIAS 2023, pada tanggal 14 Juli 2023, panitia akan membuka penjualan khusus VIP Ticket Presale. Para pengujung dapat membeli tiket terbatas untuk masuk di hari pertama pembukaan pameran GIIAS 2023, hanya seharga Rp 30 ribu rupiah. Namun demikian, VIP Ticket Presale itu cuma tersedia di aplikasi Auto360.

Baca juga  Merek Mobil Cina GWM Produksi Lokal di Indonesia, Harga Murah?

Sedangkan untuk tiket umum mulai dari Rp 50 untuk weekdays dan Rp 100 ribu pada sesi weekend. Demikian ulasan soal merek mobil dan motor yang ikut GIIAS 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika